Red Carpet

PROFIL PROGRAM DOKTOR PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN

Deskripsi Prodi

Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) didirikan pada tahun 1978 merupakan Program Pascasarjana terstruktur pertama di lingkungan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia. Pada tahun 1980 dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasi IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang disahkan adalah Fakultas Pascasarjana. Program pendidikan yang diselenggarakan meliputi Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Mulai tahun 1993 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan baik program S2 maupun S3 diselenggarakan di IKIP Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Pendirian PS Nomor 590/DIKTI//Kep/1993, pada tanggal 21 Oktober 1993.

Program Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) diselenggarakan oleh IKIP Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Pendirian Program Studi Nomor 418-DIKTI-KEP-2000

Program Doktor PEP UNJ memiliki kemampuan menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi yang berkaitan dengan penelitian dan evaluasi pendidikan yang memiliki dua kelompok bidang ilmu: (1) psikometrika yang menekakan pada pengukuran, dan pengembangan instrumen dan (2) evaluasi yang menekakan penilaian, pengembangan model evaluasi program dan atau kebijakan.

Program studi Doktor PEP merupakan program studi  lintas bidang studi (interdiciplinier studies). Oleh karena itu, program studi doktor PEP menerima mahasiswa dari latar belakang Pendidikan keilmuan kependidikan maupun non Kependidikan.

Program studi Doktor PEP memiliki fungsi yang sangat stategis dalam penelitian dan evaluasi pendidikan yang menghasilkan ahli evaluasi program dan atau kebijakan, ahli metodologi penelitian, ahli penilaian serta ahli pengukuran.

VISI

Menjadi pusat rujukan inovasi, original, produktif, dan bereputasi dalam bidang  pengukuran dan penilaian serta riset evaluasi berbasis  penelitian secara multidisipliner/interdisipliner dan transdisipliner di bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, tinggkat nasional, regional, dan global.

MISI

Memberikan Andil dalam Kemajuan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan seni melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada Program Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan sehingga berkontribusi terhadap pengembangan Indonesia dan masyarakat global

Tujuan Prodi

  1. Memiliki keahlian dalam metodologi penelitian, penilaian dan pengukuran, dan evaluasi program dan atau kebijakan untuk diterapkan  di bidang pekerjaan lulusan.
  2. Memiliki keahlian memecahkan permasalahan  dalam bidang pengukuran dan penilaian,  evaluasi program dan/atau kebijakan melalui riset dengan pendekatan inter, multi atau transdisipliner.
  3. Memiliki keahlian mengomunikasikan gagasan, mengelola, memimpin dan mengembangkan riset yang dapat direkognisi tingkat nasional dan/atau internasional sesuai dengan etika profesi.

Capaian Pembelajaran

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan baru tentang Penelitian dan Evaluasi pendidikan menjadi bagian dari penerapan dan pengembangan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi dan atau seni baru tentang informasi dalam bidang model-model penelitian, model-model evaluasi program dan evaluasi kebijakan, untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner;
  2. Mampu mengembangkan keilmuan pendidikan atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji;
  3. Mampu memecahkan masalah sains, teknologi dan atau seni terkait pada bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan trandisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Mampu mengembangkan teori baru dalam Pengembangan penelitian, Evaluasi dan system penilaian dalam pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi kemaslahatan manusia;
  5. Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan penelitian, tes dan pengukuran serta Evaluasi proses dan hasil serta statistika dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupuan internasional.

Dosen Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

NO NAMA STATUS
1 Prof. Dr. Yetti Supriyati, M.Pd. Dosen Tetap
2 Dr. Achmad Ridwan, M.Si. Dosen Tetap
3 Dr. Agus Dudung, M.Pd. Dosen Tetap
4 Prof. Dr. Gaguk Margono Dosen Tetap
5 Prof. Dr. Ma’ruf Akbar Imanudin, M.Pd. Dosen Tetap

Berdasarkan SK BAN-PT dengan No. 644/SK/BAN-PT/Akred/D/IV/2019, Program Studi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan terakreditasi B.

Sertifikat ini berlaku sejak tanggal 2 April 2019 sampai 2 April 2024.

(S3) Penelitian & Evaluasi Pendidikan (02 April 2019-02 April 2024) – Sertifikat

Kompetensi Umum 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks
PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
PPS 703 Statistika II 3 sks

Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
PEP 701 Pengembangan Instrumen Baku 3 sks
PEP 702 Psikometrika 3 sks
PEP 703 Metode Kuantitatif 3 sks
PEP 704 Evaluasi Program Lanjutan 3 sks
PEP 705 Statistika Multivariat 3 sks
PEP 706 Kawasan Penelitian dalam PEP 3 sks
PEP 707 Metode Penelitian Kualitatif Lanjutan 3 sks
PPS 799 Disertasi 14 sks

 Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks
PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

 Matrikulasi 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 601 Orientasi Baru dalam Psikologi  Pendidikan* 3 sks
PPS 602 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* 3 sks
PEP 601 Desain Eksperimen* * 3 sks
PEP 602 Teori Tes** 3 sks
*    Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan
**  Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi 
[/vc_row]
[/vc_column][/vc_row]