PROFIL PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Deskripsi Prodi
Program studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pascasarjana UNJ mempunyai tata kelola yang dapat menjamin terwujudnya visi dan terlaksananya misi serta tercapainya tujuan program studi. Terwujudnya visi terlaksananya misi dan tercapai tujuan program studi karena menggunakan strategi lima pilar tata kelola yaitu: kredibilitas; transparansi; akuntabilitas; tanggung jawab dan adil. Program studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berada di bawah naungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta berkoordinasi secara vertikal dan memiliki hubungan secara fungsional. Tugas pokok dan fungsi Program studi diatur dalam uraian tugas dan hubungan kerja Universitas. Untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi tersebut program studi dipimpin oleh Ketua Program Studi, dan Pascasarjana dipimpin oleh seorang Direktur dibantu Wakil Direktur bidang Akademik dan Wakil Direktur Bidang Keuangan dan Manajemen. Pascasarjana UNJ dipimpin oleh pihak yang memiliki kapasitas kapabilitas yang relevan dengan keilmuan. Setiap keputusan telah berdasar dan melalui prosedur yang berlaku di program Pascasarjana yaitu melalui rapat pimpinan dan rapat kerja serta rapat dengan Senat UNJ kemudian hasilnya disosialisasikan kepada civitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.
Program Studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pascasarjana UNJ menggunakan strategi lima pilar tata pamong yaitu: kredibilitas; transparansi; akuntabilitas; tanggung jawab dan adil sebagai berikut :
Kredibilitas Program Studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pascasarjana UNJ diwujudkan dalam rekrutmen SDM yang diseleksi dan dikembangkan untuk memenuhi standar kualitas SDM yang tinggi yang meliputi kompetensi dan integritas personal dan untuk pengangkatan Ketua Prodi dilakukan melalui permohonan dan rapat pimpinan serta Senat UNJ.
Transparansi Program Studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pascasarjana UNJ telah terlaksana karena telah menerapkan prinsip transparansi dalam pelayanan publik yang merupakan pelaksanaan tugas dan kegiatan bersifat terbuka bagi masyarakat mulai dari proses kebijakan perencanaan pelaksanaan dan pengawasan/pengendaliannya serta mudah diakses oleh pihak yang membutuhkan. Hal ini utamanya meliputi manajemen dan penyelenggaraan pelayanan publik prosedur pelayanan persyaratan teknis dan administrasi layanan rincian biaya layanan serta waktu penyelesaian layanan.
Akuntabilitas Program Studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pascasarjana UNJ dapat diketahui dari pertanggung jawaban pengelolaan sumberdaya serta pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan kepada Pascasarjana UNJ dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara periodik dalam mengarahkan organisasi menuju pencapaian visi dan pelaksanaan misi dan tercapainya tujuan Pascasarjana UNJ.
Tanggungjawab Program Studi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam pelaksanaan tata pamong karena Pascasarjana UNJ di dalam melaksanakan segala proses manajemen dan dipertanggungjawabkan melalui perencanaan yang akurat dilaksanakan secara tepat dan dilaporkan secara periodik dan terbuka.
Keadilan terdapat dalam tata pamong karena pelaksanaannya dilakukan dengan proposional obyektif dan tanpa diskriminasi.
Program Doktor Pendidikan Anak Usia Dini merupakan Program Studi yang menghasilkan lulusan sebagai Pendidik/Dosen pada Program Magister/Doktor Pendidikan Anak Usia Dini, peneliti, pengembang Pendidikan Anak Usia Dini, , dan konsultan Pendidikan Anak Usia Dini
VISI
Menjadi pusat rujukan inovasi pembelajaran, kurikulum, kebijakan, dan manajemen berbasis riset secara multidisipliner/interdisipliner dan transdisipliner di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, tinggkat nasional, regional, dan global.
MISI
Memberikan Andil dalam Kemajuan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan seni melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada Program Doktor Pendidikan Anak Usia Dini sehingga berkontribusi terhadap pengembangan Indonesia dan masyarakat Global
Tujuan Prodi
Menghasilkan lulusan Doktor yang ahli dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan atribut sebagai berikut:
- Memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan sebagai dosen Magister/Doktor Pendidikan Anak Usia Dini, peneliti, pengembang Pendidikan Anak Usia Dini, dan konsultan Pendidikan Anak Usia Dini Memiliki kemampuan menemukan atau mengembangkan gagasan baru dalam ilmu dan praksis tentang perkembangan dan pembelajaran anak usia dini yang bertanggung jawab sesuai etika profesional
- Memiliki kemampuan menemukan atau mengembangkan gagasan baru dalam ilmu dan praksis tentang perkembangan dan pembelajaran anak usia dini yang bertanggung jawab sesuai etika profesional
- Memiliki sikap belajar sepanjang hayat melalui pendidikan, penelitian, dan pelatihan baik pada kegiatan formal maupun non formal dalam upaya pengembangan diri yang relevan dengan bidang pendidikan anak usia dini.
Capaian Pembelajaran
- Mampu menganalisis secara kritis konsep metodologi penelitian untuk menyelesaikan masalah penelitian dalam bidang pendidikan anak usia dini sebagai dasar dalam melaksanakan penelitan yang kreatif, inovatif dan teruji berbasis multikultural;
- Mampu merumuskan perkembangan anak usia dini dalam multiperspektif melalui berbagai studi dan riset sebagai pijakan untuk mengembangkan atau menemukan ilmu dan praktik PAUD yang inovatif dan teruji;
- Mampu membandingkan pendekatan dan model kurikulum pendidikan anak usia dini di tingkat internasional sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah PAUD dengan menggunakan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisipliner;
- Mampu menelaah berbagai sistem kebijakan PAUD sebagai dasar dalam melakukan penelitian untuk mengembangkan atau menemukan keilmuan baru dalam teori dan praktik pendidikan anak usia dini yang inovatif dan teruji;
- Mampu menganalisis kawasan penelitian yang relevan dengan pendidikan anak usia dini sebagai dasar dalam memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni;
- Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
- Mampu mengelola atau memimpin dalam mengembangkan peta jalan penelitian dan pelaksanaan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini;
- Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa, jurnal/prosiding atau langsung kepada masyarakat.
Dosen Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
NO | NAMA | STATUS |
1 | ![]() |
Dosen Tetap |
2 | ![]() |
DPK |
3 | Prof. Dr. Martini Jamaris, M.Sc.Ed | DPK |
4 | ![]() |
Dosen Tetap |
5 | ![]() |
Dosen Tetap |
6 | ![]() |
Dosen Tetap |
7 | ![]() |
Dosen Tetap |
8 | ![]() |
Dosen Tetap |
9 | ![]() |
Dosen Tetap |
Profil lulusan program Doktor (Strata 3), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pasca Sarjana UNJ diarahkan menjadi :
- Peneliti
- Ahli di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Program Studi PAUD S3
Kompetensi Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 701 | Filsafat Ilmu Lanjutan | 3 sks |
PPS 702 | Metodologi Penelitian Lanjutan | 3 sks |
PPS 703 | Statistika Lanjutan | 3 sks |
Kompetensi Utama
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PAUD 701 | Neuro Psikolinguistik AUD | 3 sks |
PAUD 702 | Teori Bermain anak Usia Dini | 3 sks |
PAUD 703 | Pendidikan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus | 3 sks |
PAUD 704 | Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini | 3 sks |
PAUD 705 | Komparasi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini | 3 sks |
TP 703 | Teori, Model dan Keputusan dalam Teknologi Pendidikan | 3 sks |
TP 704 | Difusi dan Inovasi Pendidikan | 3 sks |
Kompetensi Pendukung
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 704 | Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan | 3 sks |
PPS 705 | Orientasi Baru dalam Pedagogik | 3 sks |
Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 601 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan* | 3 sks |
PPS 602 | Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* | 3 sks |
PAUD 603 | Perkembangan Anak Usia Dini** | 3 sks |
PAUD 604 | Pembelajaran Terpadu** | 3 sks |
* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan
** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi |
Disertasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
Kolokium | 2 sks | |
Seminar Proposal Disertasi | 2 sks | |
Seminar Kelayakan Disertasi | 6 sks | |
Ujian Tertutup | 6 sks | |
Ujian Terbuka | 4 sks |