Tujuan dan Sasaran

Tujuan Unit Pengelola PPs UNJ

Tujuan unit pengelola Program Pascasarjana UNJ adalah menghasilkan lulusan magister dan doktor yang mandiri, profesional, kompetitif dan berakhlak mulia. Dalam bidang pendidikan lulusan memiliki kompetensi profesional pedagogis yang diimplemetasikan pada sikap dan perilakunya sebagai pribadi dan warga masyarakat dalam penguasaan ilmu pengetahuan terdepan (frontier knowledge) melalui metode ilmiah. Dalam bidang keilmuan lulusan Program Pascasarjana memiliki kompetensi dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui berpikir kritis, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab.

Pengelola PPs UNJ bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang menunjukkan:

  1. Keunggulan intelektual-akademik menurut kompetensi inti akademik dan kecakapan-sikap umum, yang didasarkan pada kemampuan pencapaian keunggulan intelektual-akademik menurut kompetensi pengetahuan substantif.
  2. Kemampuan bertanggungjawab untuk tumbuh kembang, sebagai pribadi yang matang dan mandiri, dengan integritas dan komitmen dalam meraih keunggulan di bidang ilmunya.
  3. Kemampuan diri yang lebih bebas/fleksibel serta orisinil dalam mengekspresikan diri berdasarkan sikap profesionalnya, dengan lebih sadar tentang pertumbuhan sikap dan perasaan dirinya terhadap bidang ilmunya (feelings and affection), dan terbuka untuk pilihan tanggung jawab kehidupan karirnya bersama orang lain.
  4. Sikap toleransi yang didasarkan pada akhlak-moral dari kekayaan spiritual dalam kehidupan akademik dan sosialnya.
  5. Kemampuan mengembangkan kepedulian dan kebersamaan dalam sikap maupun tindakan, dengan saling percaya, bekerjasama saling membantu, dan membangun iklim yang kondusif untuk mendukung peningkatan produktivitas tugas/kerja profesional.
  6. Kemampuan mengelola tugas/pekerjaan berbasis kematangan sosial yang cerdas-mandiri dan memiliki komitmen keadilan dan peduli terhadap kehi-dupan masyarakat dan membantu penegakan keadilan dan martabat kemanusiaan.

Sasaran Umum Pengelola PPs UNJ:

Sasaran Umum Pengelola PPs UNJ adalah terjadinya peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan relevansi hasil pendidikan, terciptanya kondisi dan komitmen akademik yang sehat di antara staf pelaksana program, adanya sustainabilitas dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan, serta meningkatnya efisiensi dan produktivitas dalam berkarya.

Dengan tetap mengacu pada sasaran umum dan misi jangka panjang serta berdasar pada analisis SWOT, ditetapkan empat sasaran pengembangan jangka pendek PPs sebagai berikuit:

  1. Meningkatnya kualitas Program Studi dalam mengembangkan kurikulum dan kegiatan pelaksanaannya dalam mencapai relevansi hasil pendidikan dengan kebutuhan pembangunan pendidikan. Peningkatan relevansi itu, khususnya dalam bidang: pengembangan sumber daya manusia; peningkatan kualitas pembelajaran di program studi. Sasaran ini memfokus kepada tercapainya peningkatan relevansi, efisiensi dan produktivitas hasil dan proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Meningkatnya kualitas dan jumlah staf dosen dan administrasi. Sasaran kedua ini, menitikberatkan kepada terciptanya kondisi dan sistem pengelolaan yang kondusif untuk dapat menghasilkan karya secara lebih efektif, bermutu dan produktif.
  3. Bertambahnya jumlah dan mutu ruangan dan fasilitas ruangan perkuliahan dan penelitian. Sasaran ini ditujukan untuk menunjang ketercapaian produktivitas dan efisiensi kerja, serta peningkatan relevansi.
  4. Bertambahnya hubungan kerjasama dengan alumni, pengguna lulusan, pakar dalam permasalahan pendidikan. Sasaran ini memfokus kepada tercapainya peningkatan relevansi dan pengadaan guna menunjang sustainabilitas kegiatan yang dilakukan.