PROFIL PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN DASAR

Prodi Pendidikan Dasar berdiri pada tahun 2013, saat itu masih berada dibawah naungan Program Studi Teknologi Pendidikan. Dan pada tahun 2016 secara resmi mendapat izin penuh sebagai Program Studi Pendidikan Dasar, sampai saat ini sudah ada 5 angkatan yang berjumlah 95 orang.

Program studi S3 Dikdas Pascasarjana UNJ memiliki dosen  tetap sebanyak 10 orang dosen  guru besar dengan kualifikasi akademik doktor dengan keahlian mengampu perkuliahan di program studi Dikdas.

Karya akademik dosen program studi Dikdas tergolong tinggi hal ini terihat dari hasil penelitian dan pengabdian masyarakan baik lokal, regional dan nasional. Semua dosen pengajar di prodi S3 Dikdas rata-rata memiliki penelitian baik dalam bentuk Hibah Nasinal, Stranas, Fundamental, Hibah Pasca dan lain-lain pertahun. Dalam bidang pengabdian dosen juga memiliki P2M.

Hal ini menunjukkan bahwa, kualitas SDM khususnya dosen di Prodi S3 Dikdas sangat proaktif sebagai penghasil PNBP. Kekuatan penelitian dosen S3 Dikdas berkontribusi besar pada penelitian UNJ.

Pada tahun ajaran 2016/2017 program studi S3 Dikdas telah meluluskan 2 orang doktor. Jumlah Mahasiswa S3 Dikdas saat ini berjumlah 95.  Mahasiswa berasal dari dosen yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia yakni Jakarta, Kalimantar Timur, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung.

Pada tahun 2021 menjadi program studi yang memiliki keunggulan dalam menyelenggarakan pendidikan secara inovatif, responsif, adaptif, bermoral dalam upaya penemuan baru, pengembangan Pendidikan Dasar yang mampu menjawab dinamika kebutuhan masyarakat dan perubahan zaman dalam lingkup Nasional  dan Internasional”.

  • Misi Program Studi Pendidikan Dasar (Elementary Education) Program Doktor dirumuskan sesuai  dengan rumusan visi yaitu sebagai berikut:
    1. Melaksanakan Pendidikan/pembelajaran yang inovatif dan dinamis dalam pendidikan dasar.
    2. Melaksanakan/Memfasilitasi pengembangan kajian-kajian kritis, inovatif dan analitik dalam ilmu khususnya yang melandasi Pendidikan Dasar serta pendidikan pada umumnya.
    3. Melaksanakan/penyelenggarakan penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dasar, khususnya dan pendidikan lainnya yang ada hubungan dengan pendidikan dasar, dan pendidikan secara umum.
    4. Melaksanakan/melakukan pengabdian pada masyarakat di bidang Pendidikan Dasar dan bidang umum lainnya yang berhubungan kemasyarakatan serta fenomena yang berhubungan pendidikan.
    5. Melaksanakan /Memfasilitasi pengembangan profesionalisme dan kompetensi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan ilmu pendidikan dalam masyarakat yang semakin dinamis khususnya dalam bidang pendidikan dasar.
  • Tujuan Program Studi Pendidikan Dasar (Elementary Education) Program Doktor adalah menghasilkan lulusan yang:
    1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan menemukan inovasi baru Pendidikan Dasar sesuai dengan kebutuhan dan fenomena yang terjadi dalam lingkup Pendidikan Dasar dan
    2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan konsep, teori serta model pengelolaan program pendidikan dasar, melalui kajian dan penelitian yang melandasi pengembangan pendidikan dasar.
    3. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dasar.
    4. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan /menyelenggarakan penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dasar.
    5. Menghasilkan lulusan yang mampu berinovasi dalam melaksanakan/mengembangkan profesionalisme dan kompetensi yang dapat merespon dan mengantisipasi perkembangan ilmu pendidikan dalam masyarakat yang semakin dinamis khususnya dalam bidang pendidikan dasar.
    6. Menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi dalam mengatasi fenomena yang yang terjadi di dalam lingkup Pendidikan Dasar serta mengembangkan dan memberi pelayanan  secara nasional maupun internasional.
  • Program Studi Pendidikan Dasar (Elementary Education) Program Doktor  bertujuan untuk menghasilkan doktor pendidikan dasar sebagai:
    1. Tenaga pendidik (dosen) PGSD, Magister, dan Doktoryang mampu menemukan atau mengembangkan keilmuan sekolah dasar yang berkarakter, inovatif, profesional, dan memiliki wawasan yang luas.
    2. Praktisi pendidikanseperti pengawas, kepala sekolah, guru, dan pengelola sekolah dasar yang mampu menemukan atau mengembangkan inovasi pendidikan di sekolah dasar.

Terakreditasi  B oleh BAN-PT pada tahun 2017 dengan NO. SK 3724/SK/BAN-PT/Akred/D/X/2017

Kompetensi Umum

KODE MATA KULIAH SKS
PPs 701 Filsafat Ilmu II 3 sks
PPs 702 Metodologi Penelitian lanjut 3 sks
PPs 703 Statistika II 3 sks

 

Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
DIKDAS 701 Neuro Psikolinguistik Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 702 Filsafat Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 703 Pengembangan Sistem Pembelajaran: Teori, Praktek, Trend dan Isu di Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 704 Pluralisme dan Multikulturalisme 3 sks
DIKDAS 705 Dampak Neuropsychology terhadap Pembelajaran Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 706 Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 707 Difusi Inovasi Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 601 Problematrika Pembelajaran di Pendidikan Dasar 3 sks
DIKDAS 602 Berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran Pendidikan Dasar 3 sks
PPs 799 Disertasi 14 sks

 

Kompetensi Pendukung 

KODE MATA KULIAH SKS
DIKDAS 708 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks
DIKDAS 709 Isu-isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks

 

Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
DIKDAS 601 Orientasi Baru Psikologi dalam Pendidikan 3 sks
DIKDAS 602 Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 sks
*    Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan
Kunjungan KKL Prodi S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Semarang di S2 dan S3 Pendidikan Dasar UNJ

Kunjungan KKL Prodi S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Semarang di S2 dan S3 Pendidikan Dasar UNJ


Kegiatan Bedah Buku

Kegiatan Bedah Buku


Acara Seminar Nasional S2 dan S3 Pendidikan Dasar

Acara Seminar Nasional S2 dan S3 Pendidikan Dasar


Kegiatan Visitasi Prodi Program Doktor Pendidikan Dasar Pada Tahun 2017

Kegiatan Visitasi Prodi Program Doktor Pendidikan Dasar Pada Tahun 2017


Kegiatan KKL dan diskusi di Suan Dusit Rajabhat University

Kegiatan KKL dan diskusi di Suan Dusit Rajabhat University


Kegiatan KKL dan diskusi di Suan Dusit Rajabhat University

Kegiatan KKL dan diskusi di Suan Dusit Rajabhat University


Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd

Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd

Prestasi Mahasiswa

No Nama Mahasiswa Jenis Prestasi Kegiatan, Waktu, dan Tempat Tingkat
(1) (2) (3) (4) (5)
1 Rasmita Dila Pemakalah “ Membangun kesiapan sumber daya manusia menuju masyarakat ekonomi ASEA “ Seminar nasional,  November 2015, Tangerang Nasional
2 Rasmita Dila Presented Paper Tittle” Neuropsycologycal Impact at Instructional strategy in the inclusive Classroom” Presented, Juli 2016 Malaysia, Internasional
3 Rasmita Dila As presented at the 2016 focus conference Presented, Oktober 2016University Kentucky, Internasional
4 Badruli Martati Presenter Internasional  Educational Presenter, Agustus 2016, Universitas Ponorogo Internasional
5 Badruli Martati Pemakalah seminar Pemakalah, November 2014, Tangerang Nasional
6 Reza Rachmadtullah Publikasi ilmiah

Scopus Internasional
7 Salati Asmahasanah Workshop Artikel Ilmiah: Mengembangkan Pemikiran Menjadi Tulisan yang terpublikasi Auditorium UPI Nasional
The International Islamic Education Seminar (IIES) UIKA Aula UIKA Bogor Nasional
Seminar  Penilaian dalam Pendidikan  “Penilaian sikap sosial dan spiritual Pada Pendidikan Dasar dan menengah” Gedung Dewi Sartika UNJ Nasional
Seminar Nasional Pendidikan Islam: Liberalisasi Pendidikan Indonesia Aula UIKA Bogor Nasional
Festival dan Seminar Bahasa Indonesia Aula UIKA Bogor Nasional
Seminar Nasional : Menciptkan lingkungan yang Ramah Anak Aula perpustakaan UNJ Nasional
Seminar Nasional “The 21” Century Skills Guru pada Jenjang Pendidikan Dasar  di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA Nasional
Seminar Nasional Literasi dengan tema “Tumbuhkan Budaya Literasi di Indonesia” Aula Prof Dr. Abdullah Siddiq Ibnu Khaldun Nasional

 

Prestasi Dosen

No Nama Prestasi yang dicapai Waktu Pecapaian Tingkat

(Lokal,Nasional, Internasional)

1 Zulela Asesor BAN-PT -Sekarang Nasional
Hibah Bersaing DIKTI 2013 Nasional
Hibah Bersaing DIKTI 2014 Nasional
Hibah Bersaing DIKTI 2015 Nasional
Hibah Penelitian Produk Terapan 2016 Nasional
2 Yufiarti Hibah Fundamental DIKTI 2013 Nasional
Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi DIKTI 2014 Nasional
3 Dr.M. Syarif Sumantri, M.Pd Hibah Pasca DIKTI 2015 Nasional
4 Dr.Arita Marini, ME Asesor BAN-PT 2010-sekarang Nasional
Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi DIKTI 2013 Nasional
Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi DIKTI 2014 Nasional
Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi DIKTI 2015 Nasional
Hibah Kajian Pendidikan Karakter Kemenko PMK-RI 2015 Nasional
Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi DIKTI 2016 Nasional
Hibah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi DIKTI 2017 Nasional
Australia-Indonesia Institute Grant Program 2016 Internasional
5 Dr.Endry Boeriswati, M.Pd Asesor BAN-PT 2010-Sekarang Nasional
Hibah Bersaing DIKTI 2013 Nasional
Hibah Bersaing DIKTI 2014 Nasional
Hibah Bersaing DIKTI 2015 Nasional
6 Dr. Fahrurrozi, M.Pd Asesor BAN-PT 2010-Sekarang Nasional
Hibah Bersaing DIKTI 2017 Nasional