PROFIL PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN LINGKUNGAN

Salah satu Program Studi di lingkungan Pascasarjana UNJ antara lain adalah PL S2. Program studi Magister Pendidikan Lingkungan Hidup berada pada Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (Ps UNJ Jakarta, telah memperoleh Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Program Studi Magister PL merupakan salah satu dari program studi yang dibuka bersamaaan dengan pertama kali didirikannya  IKIP Jakarta, pada tahun 1978. Di samping itu juga  Pascasarjana IKIP Jakarta ini sebagai Pascasarjana yang terstruktur pertama di lingkungan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependididikan (LPTK) di Indonesia pada saat itu.

Program studi Magister Pendidikan Lingkungan (PL) menerapkan sistem pembelajaran yang mengacu pada prinsip, konsep, teori dan hasil yang berhubungan dengan Educational for Sustainable Development. Dengan demikian maka program studi Magister PL berusaha untuk mengevaluasi isu-isu kritis dalam pembangunan di bidang kependudukan dan lingkungan hidup yakni masalah gender, hak asasi manusia, multicultural, kesehatan masyarakat, pelestarian lingkungan, pencemaran udara, perubahan iklim dan mitigasi bencana dan kebijakan serta program MDG,s kemudian sekarang menjadi SDG,s. Oleh karena itu, maka program studi Magister PL mengelola dan mengembangkan riset serta desiminasi hasil riset di bidang PL yang dapat menghantarkan perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di bidang PL, Untuk itu, maka dibutuhkan atmosfir akademik yang mendukung tumbuhnya dan berkembangkanya secara dinamis, kreatif dan inovatif serta produktif dari hasil  kajian, penelitian, diskusi ilmiah dan publikasi ilmiah, baik pada jurnal Nasional yang terakreditasi maupun dalam jurnal Internasional yang bereputasi.

Dalam jangka waktu 10 tahun (2017 – 2027), program studi Magister Pendidikan Lingkungan mampu dan sanggup menjadi program studi unggul dan bermutu, serta menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era global secara kreatif dan inovatif dan tetap taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    1. Melaksanakan pembinaan sumber daya manusia (SDM) melalui penyediaan pendidikan yang terprogram, sarana dan prasarana yang cukup, dan wahana komunikasi serta proses pembelajaran yang efektif dan terintegrasi dalam berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pendidikan dan penelitian guna menghasilkan tenaga ahli yang memiliki ciri keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, bermoral luhur, menunjang kode etik profesi serta memiliki kebanggaan dan kecintaan kepada almamaternya.
    2. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan SDM yang dapat menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan lingkungan, yang mempunyai kemampuan mengembangkan konsep baru dalam bidang ilmu dan profesi pendidikan lingkungan, melalui proses belajar mengajar, penelitian dengan pendekatan transdisipliner.
    3. Menciptakan dan mengembangkan perspektif pengetahuan baru mengenai metode dan penelitian dalam bidang pendidikan lingkungan baik untuk kepentingan dalam negeri maupun untuk dikenalkan ke tingkat global.
    4. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan SDM dalam bidang pendidikan lingkungan hidup dalam suasana akademik yang kondusif serta mengaplikasikan tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan etika lingkungan yang luhur sehingga tercipta masyarakat ilmiah yang terdidik. Menyediakan sarana atau prasarana untuk mengembangkan gagasan-gagasan baru yang kreatif dan inovatif dalam bidang Pendidikan Lingkungan sesuai dengan dinamika perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    5. Menyelenggarakan proses pendidikan yang efektif dan efisien dalam rangka menghasilkan lulusan yang bermutu sesuai kebutuhan lingkungannya dalam waktu yang relatif singkat.
    6. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan berdasarkan prosedur yang rasional, transparan dan baku dengan berasaskan prinsip akuntabilitas yang konsisten dan berkesinambungan melalui pendekatan manajemen mutu terpadu (TQM).
    7. Melaksanakan penelitian baik dosen maupun mahasiswa dalam mengembangkan ilmu yang terkait dengan pendidikan lingkungan.
    8. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu Tri Dharma PT bersama dengan dosen dan mahasiswa dalam penerapan hasil penelitian yang telah dilakukan.
    9. Membangun kerjasama dan hubungan yang aktif antara lembaga, universitas dan organisasi terkait lainnya, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka peningkatan dan pengembangan kemampuan program studi dalam melaksanakan visinya.
    10. Menyediakan wahana untuk mengkomunikasikan gagasan-gagasan baru yang kreatif dan inovatif dalam bidang Pendidikan Lingkungan sesuai dengan dinamika perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    11. Mendorong upaya pembaharuan ke arah sistem pendidikan yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan dinamika perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan Program Studi PL khususnya dan program pascasarjana UNJ pada umumnya.
  • Tujuan Program Studi PL Magister, adalah menghasilkan lulusan Magister Pendidikan bidang PL yang:
    1. Memiliki kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya sebagai pendidik maupun peneliti yang ditunjukkan dengan ketajaman analisisnya terhadap permasalahan Pendidikan Lingkungan;
    2. Memiliki pemahaman yang komprenhesif tentang konsep-konsep, teori-teori dan paradigma baru dalam bidang Pendidikan Lingkungan;
    3. Memiliki kemampuan untk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang aplikatif yang terkait dengan pendidikan, kependudukan dan lingkungan hidup, melalui pemahaman, analisis dan sistesis terhadap pendekatan, metode dan kaidah keilmuan;
    4. Memilki kemampuan menggunakan pengetahuan dan keterampilan terkait yang dengan pendidikan lingkungan dalam rangka memecahkan masalah-masalahpendidikan lingkungan yang kompleks yang bersifat lintas disiplin ilmu;
    5. Memiliki kemampuan memecahkan masalah di bidang pendidikan lingkungan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat berdasarkan kaidah ilmiah;
    6. Memiliki sifat keterbukaan serta responsif terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan Pendidikan Lingkungan;
    7. Dan memilki kemampuan mengkomunikasikan pemikiran dan hasil karyanya dalam bidang Pendidikan Lingkungan, baik secara lokal maupun global.
  • Lulusan program studi S2 Pendidikan Lingkungan berprofesi:
    1. Pendidik baik guru, dosen dan trainer di bidang lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, pendidikan lingkungan, pendidikan kependudukan atau yang terpopuler di dunia dengan sebutan ESD (Educational for Sustainable Development) yang tersebar diseluruh Indonesia;
    2. Peneliti di bidang lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, pendidikan lingkungan, pendidikan kependudukan atau yang terpopuler di dunia dengan sebutan ESD (Educational for Sustainable Development), dan peneliti di bidang transdisciplinar yang tersebar diseluruh Indonesia;
    3. Tenaga ahli di Dinas Kependudukan, BKKBN , dinas pendidikan dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Dinas Kemaritiman dan di instansi lain yang relevan.

Program studi Magister Pendidikan  Lingkungan (PL) merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi A di 2930/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2016. Berikut dokumen akreditasinya.Akreditasi S2M PKLH

  1. Kompetensi Umum
KODE MATA KULIAH SKS
PPS 501 Filsafat  Ilmu 3 sks
PPS 502 Metodologi Penelitian 3 sks
PPS 503 Statistika 3 sks

 

  1. Kompetensi Utama
KODE MATA KULIAH SKS
PKLH 501 Isu-isu Perubahan Iklim Global 3 sks
PKLH 502 Ekopedagogik dalam Pendidikan Lingkungan*** 3 sks
PKLH 503 Konsep Pembangunan Berkelanjutan 3 sks
PKLH 504 Strategi Inovatif  dalam Pembelajaran Pendidikan Lingkungan 3 sks
PKLH 505 Studi Kependudukan dan  Demografi 3 sks
PKLH 506 Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan Lingkungan 3 sks
PKLH 507 Comparative Education dalam Pendidikan Lingkungan*** 3 sks
PPS 599 Tesis 10 sks
*** Mata Kuliah Pilihan

 

  1. Kompetensi Pendukung
KODE MATA KULIAH SKS
PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi 3 sks
PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan 3 sks
Gambar 1. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Lingkungan Berkunjung ke IPAL Komunal, Denpasar

Gambar 1. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Lingkungan Berkunjung ke IPAL Komunal, Denpasar

 

Gambar 2. Penyerahan Plakat dari Pihak Pasca Sarjana untuk Pihak IPAL Komunal, Denpasar

Gambar 2. Penyerahan Plakat dari Pihak Pasca Sarjana untuk Pihak IPAL Komunal, Denpasar

 

Berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menuntut tanggung jawab moral dan sosial untuk menerapkan ilmu, mahasiswa program magister (S2) Program Studi Pendidikan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta bermaksud menyelenggarakan kegiatan : KULIAH KERJA LAPANGAN dengan mengusung tema:  Pendidikan  Kearifan Lokal Menuju SDS’s. Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa S2 Program Studi Pendidikan Lingkungan 2017 dilaksanakan pada hari Jumat – Senin : 11 – 14 April 2018 yang dilaksanakan di Bali.