PROFIL PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN LINGKUNGAN

Program studi Magister Manajemen Lingkungan (ML) merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi B di BAN-PT No.181/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/VIII/2013. Saat ini Program studi Magister Manajemen Lingkungan (ML) 12 dosen.  Program studi Magister Manajemen Lingkungan (ML) menerapkan sistem pembelajaran yang mengacu pada prinsip, konsep, teori dan hasil yang berhubungan dengan Educational for Sustainable Development. Dengan demikian maka program studi Magister Manajemen Lingkungan berusaha untuk mengevaluasi isu-isu kritis dalam pembangunan di bidang kependudukan dan lingkungan hidup yakni masalah gender, hak asasi mannusia, multicultural, kesehatan masyarakat, pelestarian lingkungan, pencemaran udara, perubahan iklim dan mitigasi bencana dan kebijakan serta program MDG,s yang sekarang menjadi SDG,s. Oleh karena itu, maka program studi Magister Manajemen Lingkungan mengelola dan mengembangkan riset serta desiminasi hasil riset di bidang Manajemen Lingkungan yang dapat menghantarkan perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di bidang Manajemen Lingkungan, Untuk itu, maka dibutuhkan atmosfir akademik yang mendukung tumbuhnya dan berkembangkanya secara dinamis, kreatif dan inovatrif serta produktif dari hasil  kajian, penelitian, diskusi ilmiah dan publikasi ilmiah, baik pada jurnal Nasional yang terakriditasi maupun dalam jurnal Internasional yang bereputasi minimal Q3.

Program Studi Magister Manajemen Lingkungan ini mampu menghasilkan lulusan yang dapat menghasilkan temuan ilmiah di bidang manajemen lingkungan yang unik dari temuan sebelumnya, begitu juga standar proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat   yang berbeda bila dibandingkan dengan program studi magister lain yang serumpun. Keinovatifannya adalah pada aspek kepemimpinan lingkungan. Program Studi ini juga dapat bersaing  di Bidang Ilmu Manajemen Lingkungan dengan konsentrasi pada kepemimpinan Lingkungan. Program Studi ini    mampu bersaing dalam mencerminkan masyarakat Ilmiah dan professional menuju pembangunan berkelanjutan. Bersaing menjadi tauladan dalam membentuk masyarakat yang ilmiah dalam komunikan keilmuan manajemen lingkungan.  Masyarakat  Ilmiah   adalah gambaran keadaan masyarakat, baik civitas akademika maupun pemangku kepentingan, untuk dapat mengerti, memahami, dan memiliki keterampilan di bidang  Manajemen Lingkungan, sehingga mampu merealisasikan  prinsip Manajemen Lingkungan di dalam semua dimensi dalam kehidupan di tataran lokal, nasional, regional dan internasional. Dengan demikian, Program Studi Manajemen Lingkungan Pascasarjana UNJ diselenggarakan dalam rangka membina sumber daya yang mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, khususnya yang berkaitan dengan kajian ilmu lingkungan, kajian ilmu manajemen dan kajian ilmu manajemen lingkuingan, sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memiliki wawasan global yang luas di bidang lingkungan, dan pembangunan berkelanjutan serta manajemen lingkungan. Namun juga memiliki kepedulian terhadap permasalahan krisis lingkungan dan krisis dalam pengelolaan lingkungan lokal, regional, nasional dan global. Di samping itu SDM lulusan Manajemen lingkungan  yang memiliki keikhlasan dalam mengabdikan ilmunya kepada masyarakat sekitarnya. Lulusan Program Studi  Magister Manajemen Lingkungan  Pascasarjana UNJ juga memiliki integritas kepribadian yang tinggi serta keahlian dalam bidang kajian manajemen lingkungan, khususnya dalam melakukan penelitian, dan merancang, mengembangkan, melaksanakan, serta mengevaluasi dan mengendalikan Masalah dalam krisis manajemen Lingkungan. Integritas kepribadian yang tinggi tercermin dari perwujudan nilai  iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, wawasan global yang luas, kepedulian terhadap permasalahan bangsanya di bidang lingkungan dan dalam mengelola lingkungan, serta keikhlasan dalam mengabdikan ilmunya kepada masyarakat bangsanya. Di samping  itu dapat  menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa transformatif. Transformatif secara utuh baik transformatif  secara personal, intelektual dan sosial.  Unggul juga memiliki makna dalam dua dimensi baik dimensi tata kelolanya maupun dimensi proses akademik dan  lulusannya. Untuk dimensi akademik dan lulusannya adalah agar lulusannya memiliki integritas atau kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan sosial. Konsep   Cerdas adalah pola dan cara berpikir ilmiah yang didasarkan pada landasan etika dan moralitas yang tinggi, serta cakap dalam menganalisis situasi dan kondisi terkait dengan isu kritis lingkungan, guna menciptakan, mengembangkan, dan menerapkan sistem Manajemen Mutu Lingkungan. Berbudaya lingkungan adalah bersikap dan berprilaku sebagai ahli di bidang manajemen lingkungan yang mencerminkan pengetahuan, kesadaran, kepatuhan, dan penghormatan  pada struktur nilai dan norma dalam memajukan kesejahteraan masyarakat yang  berkeadilan sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Data dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan bidang Program Studi

No. Nama Dosen Tetap(1)  

NIDN(2)

Tgl. Lahir Jabatan Akade

mik

 

Gelar Akade

Mik

Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal PT(3) Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Nadiroh***

 

0004056109

 

04-05-1961 Guru Besar Dra.

 

S1 IKIP Jakarta PMP-KN
M.Pd. S2 UNJ PKLH
Dr. S3 UNJ PKLH
2 I Made Putrawan*** 0019065202 19-06-1952 Guru Besar Drs.

 

S1 IKIP Jakarta Pendidikan Biologi

 

S2 Transfer PKLH
Dr. S3 IKIP Jakarta dan State University Albany PKLH
3 Desy Safitri*** 0004126906 04-12-1969 Lektor Dra. S1 IKIP

 

Biologi
M.Si. S2 UI Ilmu Lingkungan
Dr. S3 UI Ilmu Lingkungan
4 Muzani Jalaludin*** 0020116006 20-11-1960 Lektor B.Sc. S1 Technishe Universitaet Berlin Geologi
M.Si. S2 IPB Pengelolaan Sumber Daya Pesisir
Dr. S3 IPB Pengelolaan Sumber Daya Pesisir
5 Muhammad Zid***

 

0012046306 12-04-1963 Lektor Kepala Drs. S1 IKIP Bandung Pendidikan Geografi
M.Si. S2 IPB Sosiologi Pedesaan
Dr. S3 IPB Sosiologi Pedesaan
6 Sucahyanto*** 000706066308 05-06-1963 Lektor Kepala Dra. S1 UGM Geografi/Penginderaan Jauh
M.Pd. S2 UGM Geografi/Penginderaan Jauh
Dr. S3 UNJ Manajemen Lingkungan
7 Samadi*** 0010077206 10-07-1972 Lektor Drs. S1 IKIP Jakarta Pendidikan Geografi
M.Si. S2 Universitas Indonesia Ilmu Lingkungan
Dr. S3 UNJ PKLH
8 Oot Hotimah*** 0004067403 04-06-1974 Lektor Dra. S1 UNJ Geografi
M.Si. S2 Universitas Indonesia Geografi
Dr. S3 Univesitas Indonesia Ilmu Lingkungan
9 Bagus Sumargo 9903015627 22-09-1963 Lektor Kepala Ir. S1 IPB Statistika
M.Si. S2 IPB Statistika
Dr. S3 UNJ PKLH
10 Uswatun Hasanah*** 0026036702 26 – 03 – 1967 Lektor Dra. S1 IKIP Jakarta Pendidikan Tata Busana
M.SI S2 IPB Sumber Daya Keluarga dan Konsumen
Dr. S3 Universitas Negeri Jakarta PKLH
11 Muktiningsih Nurjayadi*** 0011056407 11-05-1964

 

Lektor Kepala

 

Dra. S1 IKIP Jakarta Kimia

 

 

M.A. S2 ITB Biokimia
Dr. S2 ITB Biokimia

 

 

Tahun Akademik Daya Tampung Jumlah Calon Mahasiswa Jumlah Mahasiswa Baru Jumlah Total Mahasiswa Jumlah Lulusan IPK(3) Lulusan Mahasiswa Bukan Transfer Jumlah Mahasiswa WNA
Ikut Seleksi Lulus Seleksi  Bukan Transfer Transfer(2) Bukan Transfer Transfer(2) Bukan Transfer Transfer(2) Min Rata2 Mak
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13) (14)
2012/2013 20 16 14 10 0 61  0 5  0 3,56 3,74 3,83
2013/2014 20 11 10 8 0 64  0 4  0 3,68 3,725 3,78
2014/2015 20 11 10 4 0 64  0 2  0 3,7 3,72 3,74
2015/2016 20 20 17 7 0 69  0 1  0 3,59 3,59 3,59
2016/2017 20 10 7 6 0 74  0 6  0 3,71 3,778 3,87
Jumlah 100 68 58 35 0 332 0 18 0
Rata-rata IPK untuk lulusan lima tahun terakhir =  3.738
Dihitung dengan rumus: (A1xB1+A2xB2+A3x3+A4xB4+A5xB5)/(A1+A2+A3+A4+A5)
Rata-rata lama studi untuk lulusan lima tahun terakhir 3.27 tahun

“Menjadi Universitas yang memiliki keunggulan kompetitif dalam membangun masyarakat  Indonesia yang maju, demokratis dan sejahtera berdasarkan Pancasila di era globalisasi”

“Menjadi  Pascasarjana yang unggul,  terkemuka , dan daya saing  tinggi di tingkat nasional, regional dan Internasinal pada tahun 2020”

Menjadi Program Studi Magister Manajemen Lingkungan yang Unggul di Asia Tenggara Pada Tahun 2045

Misi Program Studi  Manajemen Lingkungan adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tingkat magister dengan kurikulum komprehensif yang berkaitan dengan arah lulusan sebagai manajer lingkungan yang andal dan berkualitas;
  2. Menyediakan berbagai sumber ilmu manajemen lingkungan dalam rangka menghasilkan lulusan yang lebih rasional dalam mengelola lingkungan;
  3. Menyiapkan keahlian dalam manajemen lingkungan yang berkaitan dengan pengelolaan tata ruang didasarkan pada berbagai kebijakan lingkungan;
  4. Menyelenggarakan pendidikan dengan standar kompetensi tinggi sehingga lulusan mampu bersaing secara global dalam mengelola lingkungan;
  5. Menyediakan berbagai sarana belajar yang kondusif dalam rangka menghasilkan lulusan berkualitas dengan kemampuan teknis dalam memecahkan berbagai masalah lingkungan;
  6. Menyelenggarakan pendidikan dengan kemampuan menghasilkan lulusan yang menguasai berbagai metode dan keterampilan penelitian dalam manajemen lingkungan;
  7. Menyiapkan lulusan yang sanggup mengembangkan dan mengimplementasikan berbagai konsep tata ruang yang berwawasan lingkungan;
  8. Menyelenggarakan pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan instrumen-instrumen pengukuran dan menerapkannya untuk kepentingan “data base” yang akurat dalam kebijakan sumber daya alam.

Sejalan dengan tujuan penyelenggaraan pendidikan tinggi Universitas Negeri Jakarta dan Pascasarjana, Program studi menetapkan tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, inovatif, dan adaptif terhadap setiap perubahan dan pengembangan, menunjukkan keunggulan di tingkat nasional, regional, dan pasar global, serta mempunyai kemampuan untuk mengintegrasikan, menerapkan, dan mengembangkan pengetahuan manajemen lingkungan dalam mengatasi masalah pembangunan  lingkungan, perubahan iklim global serta dapat memberikan kontribusi nyata kepada program pemerintah dalam meningkatkan bidang manajemen lingkungan.
  2. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi maju melalui penelitian  pada aspek menganalisis dan mengevaluasi implementasi  kebijakan lingkungan/ sumber daya alam (SDA), serta  mampu menganalisis  sistem informasi  “data base“,  lingkungan/ sumber daya alam (SDA) dan ingkungan untuk memecahkan masalah dalam manajemen lingkungan.
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang manajemen lingkungan yang relevan serta fokus pada kemanfaatan untuk masyarakat dan pembangunan Berkelanjutan menuju Sustainable Development Goals (SDG’s).  Memberikan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan semua sumberdaya dan kemampuan yang relevan untuk mencapai  tujuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan Berkelanjutan menuju Sustainable Development Goals (SDG’s).

Profil lulusan 

1. Tenaga ahli di bidang Manajemen Lingkungan

Deskripsi profil lulusan : Menjadi Penasehat, maupun, Penyuluh yang kompeten dalam pengusaan konsep, teori dan aplikasi di bidang Manajemen Lingkungan

2. Peneliti di bidang Manajemen Lingkungan

Deskripsi profil lulusan: Mampu melaksanakan penelitian bidang Manajemen Lingkungan dan sesuai dengan kaidah ilmiah.

Kompetensi Lulusan atau Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) adalah sebagai berikut :

  1. Sikap
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  • Berkontribusi dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa,  bernegara,dan peradaban berdasarkan Pancasila
  • Berperan sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air,  memiliki  nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  • Menghargai keanekaragaman   budaya,   pandangan,   agama,   dan   kepercayaan,   serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama  dan  memiliki  kepekaan  sosial  serta  kepedulian  terhadap  masyarakat  dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab   atas   pekerjaan   di   bidang   keahliannya secara mandiri;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  1. Pengetahuan
  • Menguasai teori, konsep, prinsip dan nilai tentang ekologi, ilmu lingkungan dan ilmu manajemen dan manajemen lingkungan
  • menguasai teori dan  konsep penerapan atau implementasi  pengetahuan tentang manajemen umum dan ilmu lingkungan serta teori dan konsep manajemen lingkungan dalam praktek  organisasi dan unit analisis kajian secara kelompok maupun individual
  • menguasai teori dan konsep dan nilai-nilai  lingkungan dan manajemen lingkungan, serta disiplin ilmu lain yang relevan dalam menganalis masalah lingkungan dalam mendukung kualitas lingkungan dan pembangunan berkelanjutan
  • Menguasai teori dan konsep organisasi, manajemen, sumber daya, dan manajemen lingkungan (interaksi natural resourches dan social resourches)
  • menguasai isu terkini tentang teori dan konsep pengetahuan tentang organisasi, manajemen dan kaitannya kepemimpinan lingkungan dalam mendukung SDGs dan penerapannya dengan disiplin ilmu lain yang relevan
  • menguasai tentang isu terkini  perubahan iklim global, anomali cuaca, Good Coorporate Governance di bidang Manajemen Lingkungan
  • menguasai isu terkini pencemaran lingkungan, kerusakan lingkungan dan kualitas lingkungan dan konservasi sumber daya alam dan lingkungan,pariwisata lingkungan dalam mendukung tercapainya SDGs.
  1. Keterampilan Khusus
  • Mampu melakukan analisis kebijakan dan program terkait dengan pembangunan di bidang lingkungan menuju Sustainable Development.
  • Mampu melakukan analisis implementasi kebijakan dan program terkait dengan pembangunan di bidang lingkungan menuju Sustainable Development.
  • Mampu melakukan  analisis dan implementasi  manajemen strategik  lingkungan yang lebih efektif dan efisien melalui pendekatan inter dan multidisipliner;
  • Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang manajemen lingkungan  baik secara  inter dan multidisipliner.
  • Mampu membuat action plan terkait manajemen lingkungan baik secara inter maupun multidisipliner
  1. Keterampilan Umum
  • Mampu mengembangkan pemikiran  logis,  kritis,  sistematis, dan  kreatif  melalui  penelitian ilmiah,  penciptaan  desain  atau  karya  seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan  dan  menerapkan  nilai humaniora  sesuai  dengan  bidang  keahliannya, menyusun  konsepsi  ilmiah  dan  hasil  kajiannya  berdasarkan  kaidah, tata  cara,  dan  etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah yang terakreditasi;
  • Mampu melakukan validasi akademik   atau   kajian   sesuai bidang   keahliannya dalam menyelesaikan  masalah  di  masyarakat  atau industri  yang  relevan melalui  pengembangan pengetahuan dan keahliannya
  • Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika  akademik,  serta  menkomunikasikan  melalui  media  kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas
  • Mampu mengambil keputusan  dalam  konteks  menyelesaikan  masalah  pengembangan  ilmu pengetahuan   dan   teknologi   yang   memperhatikan   dan   menerapkan   nilai   humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi
  • Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas
  • Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan,  mengamankan,  dan  menemukan  kembali  data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

 

Program studi Magister Manajemen Lingkungan (ML) merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi B di BAN-PT No.181/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/VIII/2013.

  1. Kompetensi Umum
KODE MATA KULIAH SKS
POR 701 Filsafat Ilmu  Lanjutan 3 sks
POR 702 Metodologi Penelitian 3 sks
POR 703 Statistika Lanjutan 3 sks

 

  1. Kompetensi Utama
KODE MATA KULIAH SKS
POR 701 Metodologi & Psikometri Penjas dan Olahraga 3 sks
POR 702 Pengembangan Manajemen Penjas dan Olahraga 3 sks
POR 703 Pengambangan dan Analisis Desain Kurikulum penjas dan Olahraga 3 sks
POR 704 Dimensi Sosiologi dalam Penjas dan Olahraga. 3 sks
POR 705 Pengembangan Profesi Penjas dan Olahraga 3 sks

 

  1. Kompetensi Pendukung
KODE MATA KULIAH SKS
POR 706 Metodologi & Psikometri Penjas dan Olahraga Lanjutan 3 sks
POR 707 Pengembangan Strategi Pembelajaran Penjas dan Olahraga 3 sks
POR 708 Perspektif Penjas dan Olahraga 3 sks
Kegiatan KKL Bali Program Studi Magister Manajemen Lingkungan

Kegiatan KKL Bali Program Studi Magister Manajemen Lingkungan

Berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menuntut tanggung jawab moral dan sosial untuk menerapkan ilmu, mahasiswa program magister (S2) Program Studi Manajemen Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta bermaksud menyelenggarakan kegiatan : KULIAH KERJA LAPANGAN dengan mengusung tema:  Manajemen Ekowisata Bahari dan Kearifan Lokal Menuju SDS’s.’ Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa S2 Program Studi Manajemen Lingkungan 2017 dilaksanakan pada hari Jumat – Senin : 11 – 14 April 2018 yang dilaksanakan di Bali.

 

Kegiatan Workshop Borang Akreditasi Program Studi Magister Manajemen Lingkungan

Kegiatan Workshop Borang Akreditasi Program Studi Magister Manajemen Lingkungan

Dalam rangka pemenuhan kelengkapan Borang Akriditasi di setiap program studi di lingkungan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, maka Program Studi Magister Manajemen Lingkungan juga memiliki tanggung jawab  untuk senantiasa melakukan penjaminan mutu untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan akademik, sehingga akhirnya dapat meningkatkan kualitas lulusan dengan kualitas perolehan peringkat akreditasi yang unggul di lingkungan  Pascasarjana UNJ. Dalam rangka penjaminan mutu program studi, Program Studi S2 Manajemen Lingkungan  Pascasarjana UNJ akan menyelenggarakan Workshop yang diselenggarakan pada tanggal 9-11 Maret 2018 di Hotel The 101 Bogor tentang  Penyusunan Kelengkapan Dokumen Borang Aksriditasi Program Studi .  Adapun Produk yang akan dihasilkan adalah Lampiran Dokumen Borang yang diperlukan baik yang dikirim dalam Sapto maupun yang diperlukan dalam Visitasi Lapangan, antara lain Kompilasi Materi Perkuliahan (8 Mata Kuliah).

  1. Pogram Studi Magister (S2) Regular (R)

Manajemen Lingkungan

  1. Pogram Studi Magister (S2) Non Regular (NR)

Manajemen Lingkungan

  1. Pencapaian prestasi/reputasi mahasiswa dalam dibidang akademik.
No. Nama Mahasiswa Jenis Prestasi Kegiatan, Waktu, dan Tempat Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional)
(1) (2) (3) (4) (5)
1. 1. Bashrawi

2. Diana Vivianti

3. Yudriani Sapta Dewi

Penulisan Artikel ilmiah di Jurnal ” Green Gwoth  dan Manajemen Lingkungan di Indonesia Publikasi  Artikal Ilmiah pada Jurnal Nasional yang terindeks , Juni 2017, Nasional
2. Ali Sibro Malisi Penulisan Artikel ilmiah di Jurnal ” Green Gwoth  dan Manajemen Lingkungan di Indonesia  Publikasi Artikal Ilmiah pada Jurnal Nasional yang terindeks , Juni 2017, Nasional
3. Vita Dini Aviyana Penulisan Artikel ilmiah di Jurnal ” Green Gwoth  dan Manajemen Lingkungan di Indonesia  Publikasi Artikal Ilmiah pada Jurnal Nasional yang terindeks , Juni 2017, Nasional
4. Wildan Rayadi Penulisan Artikel ilmiah di Jurnal ” Green Gwoth  dan Manajemen Lingkungan di Indonesia PublikasArtikal Ilmiah pada Jurnal Nasional yang terindeks , Juni 2017, Nasional
5. M. Sunu Probo Baskoro Penulisan Artikel ilmiah di Jurnal ” Green Gwoth  dan Manajemen Lingkungan di Indonesia Publikasi Artikal Ilmiah pada Jurnal Nasional yang terindeks , Juni 2017, Nasional
6. Sri Rahayu Maykewati Penulisan Artikel ilmiah di Jurnal ” Green Gwoth  dan Manajemen Lingkungan di Indonesia Publikasi Artikal Ilmiah pada Jurnal Nasional yang terindeks , Juni 2017,  

Nasional

7 Vita Dini Aviyana

 

Penulisan artikel ”Sustainable Development Goals dan Perubahan Iklim” 8 November 2017, KKL, Bandung Lokal
8 Afifuddin

 

Penulisan artikel ”Sustainable Development Goals dan Perubahan Iklim” 8 November 2017, KKL, Bandung Lokal
9 Muhammad Ibnu Fajar

 

Penulisan artikel ”Sustainable Development Goals dan Perubahan Iklim” 8 November 2017, KKL, Bandung Lokal
10 Iko Cempako Sari Penulisan artikel ”Sustainable Development Goals dan Perubahan Iklim” 8 November 2017, KKL, Bandung Lokal
11 Vita Dini Aviyana

 

Manajemen Ekowisata April  2017, KKL, Bali dan Lombok Lokal
12 Afifuddin

 

Manajemen Ekowisata April  2017, KKL, Bali dan Lombok Lokal
13 Muhammad Ibnu Fajar

 

Manajemen Ekowisata April  2017, KKL, Bali dan Lombok Lokal
14 Iko Cempako Sari Manajemen Ekowisata April  2017, KKL, Bali dan Lombok Lokal

 

  1. Pencapaian prestasi/reputasi dosen dalam dibidang akademik.

 

No. Nama Dosen Prestasi yang Dicapai* Waktu Pencapaian Tingkat

(Lokal, Nasional, Internasional)

(1) (2) (3) (4) (5)
1 I Made Putrawan Peneliti tebaik bidang Pendidikan tahun 2015 dari Lemlit UNJ 2015 Lokal
Research Report dealing with NEP Validation related to People Water Conservation bahavir, Manggarai, East Nusa Tenggara (NTT) 2015 Nasional
Leadership Reaserch as Variable of Management Disertation at Pascasarjana UNJ :  A Meta Analysis 2016 Lokal
Measuring Students New Environmental Paradigm (NEP) based on knowledge about ecosystem and locus of control, “Journal of Math, Sciences and Tech Education, Eurasia Journal, Vol 11, No.(2), 2015” 2015 Internasional
Leadership and Self Efficacy: Its Effect on Employees Motivation 2016 Internasional
Validating Teachers Personality Competence and Its Influence on Their Moral Behavior Based on Teachers Gender Equality 2017 Internasional
Predicting Student’s Responsible Environmental Behavior (REB) based on Personality Students’ New Environmental Paradigm (NEP) and Naturalistic Intelligence 2017 Internasional
Leadership Styles And Work Cultures: Its Effection On Staffs’ New Environmental Paradigm (NEP) 2017 Internasional
2 Nadiroh Sebagai Narasumber Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Bagi Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2015 Lokal
Sebagai Narasumber dalam Pelatihan Applied Approach (AA) bagi Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2015 Lokal
Environmental Education Model for The Resistance Reef and Social-Ecological System in Thousand Islands, Jakarta 2015 International
Pembuatan Produk makanan dan pattiserie 2016 Nasional
The Civic Educational (PKn) Learning through Thematic Principle in an Effort Developing Moral Intelligence (Study of Quantitative in SD Laboratorium PGSD FIP UNJ 2010) 2015 International
Pemanfaatan Kulit Singkong Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Aksesoris 2015 International
Environment Education Model For The Resistence Reef and Social-Ecological system in Thousand Island, Jakarta 2015 International
Develpoment of Teaching Materials ESD (Education For Sustainable Development) In Coaching Skills of Self Children With Intellectual Challenges In SMA LB C In Jakarta 2015 International
The Influence of Learning Stratigies and Styles of Thought on The Ability of Students To Solve Enviromental Problem 2015 International
The Civic Educational (PKn) Learning through Thematic Principle in an Efford Developing Moral Intelligence (Study of Qualitative in SD Laboratrium PGSD FIP UNJ) 2015 International
Leadership Styles And Work Cultures: Its Effection On Staffs’ New Environmental Paradigm (NEP) 2017 International
Empoyees Environmental Performance Based on Coscientiousness, Agreeableness, Neiroticism, Openness, and Extraversion 2016 International
Hubungan Pengetahuan Tentang Fekundabilitas dan Sikap Hidup Sehat dengan Perilaku Reproduksi Sehat 2016 Nasional
Optimizing the Role of Women, Creative Industry Base on Locality 2016 International
Pengaruh Paradigma Lingkungan dan Personal Value Terhadap Carbon Footprint Mahasiswa 2017 Nasional
Peran Keluarga dalam Menerapkan Nilai Budaya Suku Sasak dalam Memelihara Lingkungan 2016 Nasional
The Students’ New Envieonmental Paradigm (NEP) Of Mathematics Sudy Program at Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in the Teaching Learning of Environmental Subject 2016 International
Pengaruh Experiental Learning dan Pengetahuan Pembangunan Berelanjutan Terhadap Berpikir Analitik Masalah Lingkungan 2017 Lokal
Environmental Sensivity dan Hubunganya dengan Perilaku Pelestarian Kearifan Lokal pada Anak Usia Dini Masyarakat Suku Sasak 2017 International
Conservation of Sasak Traditional Settlement Model Viewed from the Perspective of Critical Thinking Skills 2017 International
The Influence of Couple Interaction, Roles Diffirences, and Social –Economic Status on Mother’s Stress Coping 2017 International
3 Oot Hotimah Environmental Awarness, Interest and Motivees Of Bogor Botanicc Gardens: Visitors: Implication For Interpretatitive Practice 2015 International
Conservation of Heritage Botanical Garden in an environmentally Friendly city 2015 International
Role of Botanical Garden ToIncrease Environmental Public 2016 International
4 Uswatun Hasanah The Influence of Couple Interaction, Roles Diffirences, and Social –Economic Status on Mother’s Stress Coping 2017 International