PROFIL PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA 2018

Program Studi Magister Linguistik Terapan Pascasarjana didirikan pada tanggal 3 Januari 1963 di IKIP Jakarta dengan Keputusan Presiden RI No. I tahun 1963 dan Kemudian Berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 4 Januari 1999 Keputusan Presiden RI No. 93/1999.

Prodi S3 Linguistik Terapan UNJ merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi B dari BAN-PT No. 015/BAN-PT/Ak-IV/S2/I/2006. Saat ini Program Studi Linguistik Terapan memiliki   15  orang dosen, yang terdiri 6 orang Guru Besar dan 9 bergelar Doktor dari bidang studi yang relevan. Beberapa dosen Linguistik Terapan telah banyak melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik yang didanai dari PNBP Universitas Negeri Jakarta  maupun dari Dikti. Karya akademik dosen meliputi; hasil penelitian, modul dan/atau buku ajar, serta artikel ilmiah yang dipublikasikan. Karya akademik dosen ini dihasilkan sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab dosen terhadap pemberian layanan pendidikan kepada mahasiswa sekaligus untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Saat ini mahasiswa Program Studi Linguistik Terapan  Sebagian besar berasal dari guru, Dosen, birokrat, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan akademik yang dilakukan mahasiswa dapat dilihat melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Pada tahun 2020 menjadi Program Studi yang unggul dalam menghasilkan pengembang pendidikan sejarah serta mengabdikan kemampuannya bagi kepentingan masyarakat Indonesia dalam kerangka pembentukan karakter bangsa

  1. Menyelenggarakan pendidikan sejarah yang menghasilkan karya-karya inovatif dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan masyarakat
  2. Melaksanakan penelitian sejarah dan mengembangkannya sebagai sumber belajar sejarah
  3. Mengembangkan hasil riset sejarah untuk dapat memecahkan permasalahan- permasalahan pendidikan sejarah serta mempublikasikannya dalam forum nasional dan internasional
  4. Mengembangkan riset pendidikan sejarah hingga menghasilkan karya kreatif, inovatif serta bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan masyarakat
  5. Mengamalkan hasil riset pendidikan sejarah untuk memaksimalkan pembentukan karakter bangsa Indonesia.
  1. Menghasilkan dan mengembangkan lulusan berkualitas  melalui karya-karya inovatif tentang arti pentingnya sejarah  dalam kehidupan masyarakat.
  2. Mengembangkan hasil penelitian kreatif dalam bidang pendidikan sejarah yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran pendidikan sejarah.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan kompetitif dalam menghadapi perubahan tatanan nilai dan tantangan globalisasi.
  4. Berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan tenaga ahli pendidikan sejarah yang sesuai.
  1. Guru yang dapat mengembangkan sejarah yang inovatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir.
  2. Pendidik bidang pendidikan sejarah tingkat sarjana di Perguruan Tinggi negeri maupun swasta.
  3. Peneliti yang kompeten dan menghasilkan penelitian dalam bidang pendidikan sejarah yang inovatif dan teruji serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  4. Penulis yang handal dalam bidang sejarah dan / atau pembelajarannya dengan menggunakan metodologi yang tepat.
PROFIL LULUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN

 

1 Guru Perkembangan pendidikan sejarah yang inovatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir
2 Dosen Pendidik bidang pendidikan sejarah tingkat sarjana di perguruan tinggi negeri maupun swasta
3 Peneliti Peneliti yang handal daam bidang pendidikan sejarah
4 Penulis Penulis yang handal dalam bidang sejarah dan/atau pendidikan sejarah

Program Magister Pendidikan  Sejarah memiliki akreditasi  A, yang artinya sangat memuaskan.

SEMESTER 1
No Kode MK Mata Kuliah SKS
1 PPs 501 Filsafat Ilmu 3
2 PPs 502 Metodologi Penelitian 3
3 PPs 503 Statistika 3
4 PPs 505 Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan 3
5 PPs 401 Psikologi Pendidikan 3
6 PPs 402 Landasan Ilmu Pendidikan 3
JUMLAH 18

 

SEMESTER 2
No Kode MK Mata Kuliah SKS
1 PPs 504 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3
2 PS 501 Evaluasi, Proses dan Hasil Belajar Sejarah 3
3 PS 502 Desain Pembelajaran Sejarah 3
4 PS 506 Filsafat dan Metodologi Sejarah 3
JUMLAH 12

 

SEMESTER 3
No Kode MK Mata Kuliah SKS
1 PS 503 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sejarah 3
2 PS 505 Sejarah Dunia Kontemporer 3
3 PS 507 Sejarah Indonesia 3
4 PS 504 Sejarah Lokal 3
JUMLAH 12