PROFIL PROGRAM DOKTOR ILMU PENDIDIKAN BAHASA

Program Doktor Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta berdasarkan SK Dirjen Dikti No 590/DIKTI/Kep/1993 tentang izin penyelenggaraan Program Doktor Pendidikan Bahasa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ditetapkan di Jakarta pada tanggal 21 Oktober 1993. Pada tahun 2014, berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No 453/SK/BAN-PT/Akred/D/XI/2014, Program Doktor Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarjana UNJ ini memperoleh predikat B (skor 313)

Saat ini mahasiswa Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa  Sebagian besar berasal dari guru, Dosen, birokrat, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan akademik yang dilakukan mahasiswa dapat dilihat melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

“Menjadi Program Doktor Ilmu Pendidikan Bahasa yang unggul, terkemuka, dan memiliki daya saing tinggi di tingkat nasional, regional, dan internasional pada tahun 2020”

  1. Menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Doktor yang berorientasi pada keunggulan, kejujuran, integritas, dan kewibawaan akademik yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi untuk menghasilkan lulusan yang mandiri, profesional, kompetitif dan berakhlak mulia;
  2. Mengembangkan gagasan kreatif dan inovatif melalui riset sehingga mampu beradaptasi untuk mengantisipasi perubahan dan perkembangan ilmu, teknologi dan seni mutakhir secara berkelanjutan;
  3. Mengembangkan kapasitas kelembagaan program studi sehingga dapat meningkatkan kualitas kinerja dan keunggulan kompetitif dalam persaingan global; dan
  4. Menyediakan berbagai jenis layanan pendidikan dalam pengembangan keilmuan melalui kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat baik di tingkat nasional, regional dan internasional.

Menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu dengan kualifikasi sebagai berikut:

  1. memiliki kemampuan dalam mengembangkan konsep baru dalam bidang ilmu pendidikan bahasa atau profesinya melalui penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra;
  2. Memiliki kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan melakukan penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; dan
  3. memiliki kemampuan melakukan pendekatan interdisipliner, antardisipliner, dan multidisipliner guna menerapkan keahliannya secara professional, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra.

Program Doktor Ilmu  Pendidikan Bahasa memiliki akreditasi  B berdasarkan SK BAN-PT No. 453/SK/BAN-PT/Akred/D/XI/2014, yang artinya memuaskan.

 Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99069113 Filsafat Bahasa 3 sks
99069123 Metodologi Penelitian Kuantitatif 3 sks
99069133 Metodologi Penelitian Kualitatif 3 sks

 

Mata Kuliah Utama

KODE MATA KULIAH SKS
99069143 Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra 3 sks
99069153 Pendekatan Linguistik Mutakhir 3 sks
99069163 Studi Budaya dan Sastra 3 sks
99069173 Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa 3 sks
99069183 Literasi dan Pengajaran Bahasa 3 sks
99069193 Studi Penerjemahan 3 SKS

 

Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99069413 Analisis Wacana Kritis 3 sks
99069423 Linguistik Forensik 3 sks
99069433 Tes Bahasa dan Evaluasi Program 3 sks
Pilih salah satu mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

 Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99069013 Orientasi Baru dalam Psikologi 3 sks
99069023 Linguistik terapan 3 sks

 

Disertasi

KODE MATA KULIAH SKS
99009913 Kolokium 3 sks
99009922 Seminar Proposal Disertasi 2 sks
99009934 Seminar Kelayakan Disertasi 4 sks
99009942 Diseminasi Hasil Penelitian 2 sks
99009954 Publikasi Hasil Penelitian 4 sks
99009963 Ujian Tertutup Disertasi 3 sks
99009972 Ujian Terbuka Disertasi 2 sks