Lapor Pasca

Program Studi

Pendidikan Anak Usia Dini

(PAUD)

Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini  adalah program studi yang melakukan kajian  di bidang pendidikan anak usia dini dan menghasilkan lulusan magister yang memiliki keahlian sebagai dosen S1 PAUD/PGPAUD, peneliti, konsultan lembaga PAUD dan Manager PAUD.

Profil

Pembangunan Nasional Indonesia periode 2014-2019 mengusung satu tema besar tentang perlunya basis pembangunan pada revolusi mental. Revolusi mental sesungguhnya ditujukan pada pembangunan sumber daya manusia pada berbagai sektor kehidupan bangsa Indonesia. Salah satu sektor pembangunan yang menjadi andalan dalam pembangunan sumber daya manusia adalah sektor pendidikan.        

Dalam periode pembangunan nasional selama 10 tahun (2004-2014) telah memberikan pijakan dan prioritas pembangunan pada sektor pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas 2045 (the Golden Generation 2045). Upaya strategik ini merupakan salah satu bentuk perwujudan pemanfaatan bonus demografi bangsa Indonesia yang diindikasikan munculnya periode dominasi angkatan muda dalam struktur masyarakat Indonesia. Pencanangan upaya strategik tersebut perlu menyusun dan mengembangan strategi pembangunan nasional sektor pendidikan yang dimulai pada periode keemasan (the golden ages) anak usia dini (0-8 Tahun).  Sub sektor pendidikan anak usia dini telah menjadi skala prioritas dan unggulan selama periode pembangunan bidang pendidikan pada periode 2004-2014.

Upaya strategik tersebut telah diwujudkan dalam periode pembangunan sektor pendidikan dengan lahirnya direktorat jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal (Dirjen PAUD-NI). Selain itu, dalam periode yang sama telah bermunculan program studi strata 1 (sarjana) PAUD pada 114 lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) sebagai bagian dari sub sektor pendidikan tinggi yang membantu menghasilkan tenaga pendidik profesional pada berbagai jenis kelembagaan PAUD.

Dengan semakin berkembangnya lembaga, program dan kebijakan PAUD dibutuhkan para pemikir, ahli dan konsultan untuk membantu mengembangkan layanan PAUD yang bermutu dan terjangkau. Para ahli PAUD ini dibutuhkan untuk menemukembangkan berbagai pengetahuan ilmiah serta praksis PAUD yang baik (the best practice) melalui berbagai riset ilmiah. Para ahli dan konsultan PAUD tersebut perlu dibangun melalui program doktoral PAUD di tingkat perguruan tinggi. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, program studi PAUD Pasca Sarjana UNJ berupaya membangun struktur kurikulum program Doktor PAUD. Struktur kurikulum ini disusun dengan menggunakan analisis kompetensi sebagaimana dipersyaratkan dalam Permendikbud nomor 73 tahun 2014 tentang standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini  adalah program studi yang melakukan kajian  di bidang pendidikan anak usia dini dan  menghasilkan lulusan magister yang memiliki keahlian sebagai dosen S1 PAUD/PGPAUD, peneliti, konsultan lembaga PAUD dan Manager PAUD.

Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

TUJUAN

Tujuan program studi adalah untuk menghasilkan lulusan magister yang ahli
di bidang pendidikan anak usia dini dengan kemampuan sebagai berikut:

[ 01 ]
Sebagai dosen S1 PAUD/PGPAUD, peneliti, konsultan lembaga PAUD dan Manager PAUD.

[ 02 ]
Menganalisis teori dan praksis tentang perkembangan dan pembelajaran anak usia yang bertanggung jawab sesuai etika profesional

[ 03 ]
Belajar sepanjang hayat melalui pendidikan, penelitian dan pelatihan dalam upaya pengembangan diri yang relevan dengan pendidikan anak usia dini.

D O S E N

Tenaga Pengajar pada Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, sebagai berikut:

Dosen Tetap

Lara Fridani, M.Psych, Ph.D.

Dosen Tetap

Dosen Tetap

Dr. Hapidin, M.Pd.

Dosen Tetap

Capaian Pembelajaran

Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini adalah program studi yang menghasilkan lulusan magister yang ahli di bidang pendidikan anak usia dini  dengan kemampuan:

[ 01 ]

Mampu menganalisis perkembangan anak usia dini dalam berbagai studi dan riset sebagai pijakan untuk mengembangkan ilmu dan praktik PAUD yang inovatif dan teruji.

[ 02 ]

Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam Pendidikan Anak Usia Dini dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat; berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner.

[ 03 ]

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka meningkatkan profesi bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

[ 04 ]

Mampu memecahkan masalah Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik.

[ 05 ]

Mampu menerapkan solusi permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan di tingkat nasional.

< 06 >

Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan melakukan penelitian sebagai tindakan reflektif dan evaluatif.

[ 07 ]

Mampu mendesimenasikan hasil kajian Pendidikan Anak Usia Dini bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas Pendidikan Anak Usia Dini di tingkat nasional dan International.

MATA KULIAH

Mata Kuliah Umum

KODEMATA KULIAHSKS
99008113Filsafat Ilmu3 sks
99008123Metodologi Penelitian3 sks
99008133Statistika3 sks
99008143Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks3 sks

Mata Kuliah Keahlian

KODEMATA KULIAHSKS
99098113Perkembangan Anak  Usia Dini3 sks
99098123Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini3 sks
99098133Pendidikan Bahasa dan Studi Sosial Anak Usia Dini3 sks
99098143Pendidikan  Seni Anak Usia Dini3 sks
99098153Pendidikan Matematika and Sains Anak Usia Dini3 sks
99098183Orientasi Baru Dalam Pembelajaran3 sks
99098193Kolokium PAUD3 SKS

Mata Kuliah Pilihan

KODEMATA KULIAHSKS
99098413Assesmen Anak Usia Dini3 sks
99098423Analisis Kebijakan, Hukum dan Perlindungan Anak3 sks
99098432Perspektif Pendidikan  inklusi2 sks
99098443Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini3 sks
99098453Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan3 sks
Pilih tiga mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

Mata Kuliah Matrikulasi

KODEMATA KULIAHSKS
99029013Landasan Ilmu Pendidikan*3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

Tesis

KODEMATA KULIAHSKS
99008918Tesis8 sks

AKREDITASI

Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi A di BAN-PT 903/SK/BAN-PT/Akred/M/111/2018. S2 PAUD SK BAN PT 2018

KURIKULUM

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah(CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.

Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.

Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.

Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.

Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam

Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

Komponen kurikulum
program magister

Beban Studi

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

Program Sarjana Pendidikan

NoMata KuliahBobot SKS
1Mata Kuliah Umum9 – 12
2Mata Kuliah Keahlian18
3Mata Kuliah Pilihan3 – 15
4Tesis8
 Jumlah41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

Program Sarjana Nonpendidikan

NoMata KuliahBobot SKS
1Mata Kuliah Matrikulasi3- 6
2Mata Kuliah Umum12
3Mata Kuliah Keahlian18
4Mata Kuliah Pilihan3 – 15
6Tesis8
 Jumlah43– 46

 

Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini

Kegiatan Program Studi

1. Program Pengabdian Masyarakat Tahun 2020

Pelatihan tentang Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Mengembangan Kompetensi Pendidik PAUD di Pulau Untung Jawa Kabupaten Kepulauan seribu Provinsi DKI Jakarta (Implementasi Pembelajaran bahasa Anak Usia Dini dalam Kondisi Pandemi Covid 19 di Provinsi DKI Jakarta dan Seluruh Indonesia)

2. Seminar Nasional Prodi Pendidikan Anak Usia Dini 2020​

“Peran Orangtua, Guru dan Masyarakat pada Penanganan Kasus Kekerasan Anak dalam Rumah”, Jakarta, 12 Desember 2020

Seminar Nasianal PAUD 2020

3. Kuliah Kerja Lapangan 2019

KEGIATAN KULIAH KERJA LAPANGAN, di Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 23-25 Oktober 2019

 

 

4. Program Pengabdian Masyarakat Tahun 2019

Pelatihan tentang Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Mengembangan Kompetensi Pendidik PAUD Di Pulau Untung Jawa Kabupaten Kepulauan seribu Provinsi DKI Jakarta (Implementasi Pembelajaran bahasa Anak Usia Dini dalam Kondisi Pandemi Covid 19 di Provinsi DKI Jakarta dan Seluruh Indonesia)

5. Kegiatan Mahasiswa Tahun 2021

Kegiatan Webinar “Asesmen Perkembangan dan Belajar Berbasis Dokumentasi Elektronik Anak Usia 2-6 Tahun dalam Kegiatan Belajar di Rumah” Tahun 2021

6. Pameran Alat Permainan Edukatif Math & Science 2019

Pameran Alat Permainan Edukatif Math & Science 2019, merupakan kegiatan mahasiswa S2 Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta.

7. Kumpulan Alat Peraga Mahasiswa S2 PAUD UNJ 2020

Kumpulan Alat Peraga Pengembangan Bahasa dan Sosial Anak Usia Dini Mahasiswa S2 PAUD UNJ 2020

8. Kuliah Umum dan FGD PAUD Pascasarjana UNJ, 6 Des 2019

Kuliah Umum dan Focussed Group Discussion (FGD) Implementasi Kebijakan, Hukum dan Perlindungan Anak di Indonesia”, Prodi PAUD Pascasarjana UNJ, 6 Des 2019

9. Seminar Nasional PAUD 2021

Seminar Nasional dengan tema:
“Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual pada Anak”, Jakarta, 4 Desember 2021

 

10. Pengabdian Kepada Masyarakat PAUD 2022

Seminar Nasional dengan tema:
“Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual pada Anak”, Jakarta, 4 Desember 2021.

Prestasi

No.Nama DosenPrestasi yang Dicapai*Waktu Pencapaian

Tingkat

(Lokal, Nasional, Internasional)

(1)(2)(3)(4)(5)
1Prof. Dr. dr. Myrnawati Crie Handini, MS, PKKPAUD, KINI, DULU dan YANG AKAN DATANG2014Lokal
Pengaruh status sosial ekonomi dan gizi pada Kesiapan Sekolah Anak Usia Dini di Kecamatan Bantar Gebang2015Lokal
2Dr Elindra Yetti, M.PdSebagai Juri Lomba Tari Kreasi Daerah pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat SMALB2013-2014Nasional
Sebagai Instruktur dalam kegiatan  Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 109 UNJ2013Nasional
Sebagai pembicara pada seminar: “Nilai-nilai Islam Dalam Perkembangan Seni di Indonesia”2013Nasional
Sebagai Duta Budaya Bangsa  pada rangkaian Pagelaran Tari dan Musik Tradisional Indonesia di Maroko2013Nasional
Sebagai Pemakalah pada  Seminar Antarbangsa Bahasa  dan Budaya Antarbangsa Pengerat Persaudaraan Serantau2014Nasional
Sebagai Pembicara pada kegiatan Workshop penyusunan kurikulum berbasis KKNI di Prodi Pendidikan Sendratasik Universitas Syiah Kuala Aceh2014Nasional
Sebagai Pembicara pada kegiatan Workshop penyusunan kurikulum berbasis KKNI bidang seni di FBS Unimed (Medan)2014Lokal
3Dr.Gusnawirta Taib Fasli, M.PdProgram BerSeRRI (Bersih Sehat Ramah Lingkungan Rapih  Indah) di Ambon2013Lokal
Bantuan buku bahan ajar dan bacaan siswa di Ambon2013Lokal
Bantuan untuk korban banjir di Bukit Duri, Jakarta2013Lokal
Bantuan untuk korban bencana alam gunung meletus Yogyakarta2013Lokal
Sosialisasi PAUD dalam lingkungan  Keluarga dan Masyarakat2013Nasional
Pengasuhan  Bina Keluarga Balita2013Nasional

Reality Show: “Home Sweet Home”

untuk menunjang program pemerintah mengenai Ketahanan Keluarga dalam Mendukung Proses Tumbuh Kembang Anak

2014Nasional
Konseling “Trauma Banjir” Kelurahan Cipinang, Jakarta2014Lokal
BKB (Bina Keluarga Balita) sebagai Pilar Ketahanan Keluarga2014Nasional
Konseling “Trauma Bencana Alam” di Sumatera Barat2014Lokal
Peningkatan Ketahanan Keluarga2014Nasional
Peningkatan Kapasitas Program Pendidikan Keluarga bekerjasama dengan Kementerian dan Pendidikan Malaysia dan University Putra Malaysia2016Internasional
Peningkatan Ketahanan Keluarga Nasional
4Dr. Tuti Tarwiyah, M.PdPeningkatan Kapasitas Program Pendidikan Keluarga bekerjasama dengan Kementerian dan Pendidikan Malaysia dan University Putra MalaysiaSampai sekarangInternasional
Pelatihan Permainan pada Guru PAUD di Jakarta Timur2014Lokal
Pelatihan Gambang Kromong dan industri Kreatif di Kelurahan Rorotan dan Marunda Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara2015Lokal
5Dr. Sofia Hartati, M.SiPenelitian (UNJ)2013Lokal
Penelitian (UNJ)2014Lokal
Penelitian (DIKTI)2014Nasional
Penelitian  (DIKTI)2015Nasional
Pendampingan Lembaga PAUD di Kel. Duren Sawit2015Lokal
7Dr. Hapidin, M.Pd.Dikti2015Nasional
Kementerian PMK2015Nasional
Hibah Dikti2015Nasional
Hibah Dikti2014Nasional
Menulis buku “Asesmen dan Evaluasi PAUD”2014Nasional
Menulis buku “Konsep Dasar Pendidikan Berbasis Sekolah”2013Nasional
Satya Lencana Presiden Reprublik Indonesia2015Nasional
 Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.PsiOutstanding science education lecturer of the year2015Nasional
Satyalencana Karya satya 10 tahun2016Nasional
Psikologi untuk bidan2013Nasional
Bimbingan konseling kesehatan mental di sekolah2013Nasional
6Prof. Dr. Yufiarti, M.PsiHibah PUPT  DIKTIPengembangan Model Brain Based Teaching Tahun ke II2013Nasional
Hibah PUPT  DIKTI Pengembangan Model Brain Based Teaching Tahun ke III2014Nasional
INSIDA, Ceramah  Pembelajaran PAUD2013Nasional
Penulis buku Orientasi Baru  dalam Pedagogik2013Nasional
Penulis buku Filsafat Manusia2014Nasional
7Dr. Asep Supena, M.PsiPengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi peserta didik autis.2014Nasional
8Dr. Fahrurrozi, M.Pd.Kajian Struktur Bahasa Indonesia (Penulis buku)2014Nasional
Sekilas Tentang Bahasa Indonesia (Penulis Buku)2016Nasional
Pengkajian Prosa Fiksi (Editor)2014Nasional
DIPA BLU FIP UNJ Impelementasi Penilaian Aoutentik dalam Kurikulum 2013 bagi Guru-guru di SDN Ciputat Tangerang Selatan2014Lokal
DIPA FIP UNJ Peningkataan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan SAS pada siswa kelas 1 SDN 1 Ciputat Tangerang Selatan2014Lokal
DIPA FIP UNJ Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Whole Language di SD Lab PGSD FIP UNJ2015Lokal
 Dr.M. Syarif Sumantri, M.PdHibah Pasca DIKTI2015Nasional
 Dr. Nurjannah, M.PdHibah Bersaing DIKTI2013Nasional
Hibah Bersaing DIKTI2014Nasional
Hibah Bersaing DIKTI2015Nasional
4Dr. Wardani Rahayu M.SiPMBP2011-2015Lokal
The Best Teaching a Ward2010Lokal
Satyalancana Karya Satya 202011Lokal
Pemakalah  terbaik2013Internasional

 

Ikuti kami di

© All rights reserved Postgraduate State University of Jakarta 2021