PROFIL PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pembangunan Nasional Indonesia periode 2014-2019 mengusung satu tema besar tentang perlunya basis pembangunan pada revolusi mental. Revolusi mental sesungguhnya ditujukan pada pembangunan sumber daya manusia pada berbagai sektor kehidupan bangsa Indonesia. Salah satu sektor pembangunan yang menjadi andalan dalam pembangunan sumber daya manusia adalah sektor pendidikan.         Dalam periode pembangunan nasional selama 10 tahun (2004-2014) telah memberikan pijakan dan prioritas pembangunan pada sektor pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas 2045 (the Golden Generation 2045). Upaya strategik ini merupakan salah satu bentuk perwujudan pemanfaatan bonus demografi bangsa Indonesia yang diindikasikan munculnya periode dominasi angkatan muda dalam struktur masyarakat Indonesia. Pencanangan upaya strategik tersebut perlu menyusun dan mengembangan strategi pembangunan nasional sektor pendidikan yang dimulai pada periode keemasan (the golden ages) anak usia dini (0-8 Tahun).  Sub sektor pendidikan anak usia dini telah menjadi skala prioritas dan unggulan selama periode pembangunan bidang pendidikan pada periode 2004-2014.

Upaya strategik tersebut telah diwujudkan dalam periode pembangunan sektor pendidikan dengan lahirnya direktorat jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal (Dirjen PAUD-NI). Selain itu, dalam periode yang sama telah bermunculan program studi strata 1 (sarjana) PAUD pada 114 lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) sebagai bagian dari sub sektor pendidikan tinggi yang membantu menghasilkan tenaga pendidik profesional pada berbagai jenis kelembagaan PAUD.

Dengan semakin berkembangnya lembaga, program dan kebijakan PAUD dibutuhkan para pemikir, ahli dan konsultan untuk membantu mengembangkan layanan PAUD yang bermutu dan terjangkau. Para ahli PAUD ini dibutuhkan untuk menemukembangkan berbagai pengetahuan ilmiah serta praksis PAUD yang baik (the best practice) melalui berbagai riset ilmiah. Para ahli dan konsultan PAUD tersebut perlu dibangun melalui program doktoral PAUD di tingkat perguruan tinggi. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, program studi PAUD Pasca Sarjana UNJ berupaya membangun struktur kurikulum program Doktor PAUD. Struktur kurikulum ini disusun dengan menggunakan analisis kompetensi sebagaimana dipersyaratkan dalam Permendikbud nomor 73 tahun 2014 tentang standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Tahun Akademik Daya Tampung Jumlah Calon Mahasiswa  Jumlah Mahasiswa Baru Jumlah Total Mahasiswa Jumlah Lulusan IPK(3) Lulusan Mahasiswa Bukan Transfer Jumlah Mahasiswa WNA
Ikut Seleksi Lulus Seleksi  Bukan Transfer Transfer(2) Bukan Transfer Transfer(2) Bukan Transfer Transfer(2) Min Rata2     Mak
-1 -2 -3 -4 -5 -6 -7 -8 -9 -10 -11 -12 -13 -14
TS-4 80 87 74 68 0 294 0 28 0 3,22 3.22 3,80 0
TS-3 80 107 93 79 0 345 0 65 0 3,33 3.56 3,70 0
TS-2 100 138 133 129 0 409 0 49 0 3,27 3.60 3,85 0
TS-1 100 131 124 102 0 462 0 71 0 3,48 3.71 3,86 0
TS(1) 100 110 98 93 0 484 0 105 0 3,39 3.64 3,78 1
Jumlah 460 486 448 403 0  

1994

0 318 0    
Rata-rata IPK untuk lulusan lima tahun terakhir = 3.57
Dihitung dengan rumus : (A1xB1+A2xB2+A3x3+A4xB4+A5xB5)/(A1+A2+A3+A4+A5)
Rata-rata lama studi untuk lulusan lima tahun terakhir 2,54 tahun

Pada tahun 2020 Program Studi Magister PAUD PPs UNJ unggul dalam bidang keilmuan dan penerapan PAUD di tingkat nasional, regional, dan internasional.

  • Misi Program Studi Magiater PAUD  Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta adalah :
    1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan bagi calon pendidik, peneliti, dan pengambilan kebijakan kependidikan di bidang PAUD
    2. Mengembangkan gagasan baru untuk memecahkan masalah PAUD berdasarkan hasil penelitian, kreativitas, dan inovasi berdasarkan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia
    3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam memecahkan masalah-masalah PAUD
    4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak di dalam maupun di luar negeri, dalam bidang PAUD
  • Tujuan Prodi PAUD  Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta adalah :
    1. Menghasilkan lulusan program studi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berintegritas tinggi, inovatif, menunjukkan keunggulan di tingkat regional, nasional, dan global pada bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
    2. Menghasilkan lulusan yang dapat melahirkan pengetahuan ilmiah serta praksis melalui kajian dan penelitian untuk berbagai kebutuhan dan kepentingan masyarakat, serta pemerintah dalam bidang Pendidikan anak usia dini (PAUD).
    3. Menghasilkan lulusan yang professional sebagai tenaga advokator dalam bidangPendidikan anak usia dini (PAUD) yang dapat melakukan analisis kebijakan, hukum dan perlindungan anak melalui program edukasi, komunikasi dan informasi.

    Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan semua sumberdaya dan kemampuan yang relevan dengan pendidikan anak usia dini (PAUD) sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan untuk menyelesaikan permasalahan bangsa.

  1. PROFIL LULUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN

     

    1 Pendidik (Dosen) PAUD Dosen adalah Pendidik profesional pada jenjang perguruan tinggi yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat pada bidang keilmuan dan praktik pendidikan anak usia dini.
    2 Peneliti Peneliti adalah pelaksana penelitian dalam bidang pendidikan anak usia dini (PAUD)
    2 Advokator PAUD Advokator adalah profesi yang memberikan pendampingan (advokasi) pada praktisi dan pembuat kebijakan dalam merancang, melaksanakan serta mengembangkan program pendidikan pada anak usia dini.
    3 Manajer PAUD Manajer PAUD adalah profesi yang bertugas mengelola, mengevaluasi serta mengawasi penyelenggaraan lembaga PAUD.

Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi B di BAN-PT 903/SK/BAN-PT/Akred/M/III/2018

SEMESTER 1
No Kode MK Mata Kuliah SKS
    Filsafat Ilmu 3
    Metodologi Penelitian 3
    Analisis Data Penelitian 3
    Landasan Ilmu Pendidikan 2
    Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan 2
    TIK 2
JUMLAH 15

 

SEMESTER 2
No Kode MK Mata Kuliah SKS
1   Perkembangan Anak dalam Multi perspektif 3
2   Asesmen Anak Usia Dini 3
3   Pendekatan dan Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

 

3
3   Nouropsikologi Pendidikan)* 2
4   Analisis Kebijakan, Hukum, dan Perlindungan Anak )* 2
       
JUMLAH 11

 

SEMESTER 3
No Kode MK Mata Kuliah SKS
    Disain Pembelajaran Literasi dan Studi Sosial 3
    Disain Pembelajaran  Seni Anak Usia Dini 3
    Disain Pembelajaran  Math dan Sains 3
    Perspektif Pendidikan  inklusi )* 2
    Pendidikan Multikultural )* 2
       
JUMLAH 13

 

SEMESTER 4
No Kode MK Mata Kuliah SKS
    Seminar Proposal 2
    Tesis 6
JUMLAH 8
No. Nama Dosen Prestasi yang Dicapai* Waktu Pencapaian Tingkat

(Lokal, Nasional, Internasional)

(1) (2) (3) (4) (5)
1 Prof. Dr. dr. Myrnawati Crie Handini, MS, PKK PAUD, KINI, DULU dan YANG AKAN DATANG 2014 Lokal
Pengaruh status sosial ekonomi dan gizi pada Kesiapan Sekolah Anak Usia Dini di Kecamatan Bantar Gebang 2015 Lokal
2 Dr Elindra Yetti, M.Pd Sebagai Juri Lomba Tari Kreasi Daerah pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat SMALB 2013-2014 Nasional
Sebagai Instruktur dalam kegiatan  Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 109 UNJ 2013 Nasional
Sebagai pembicara pada seminar: “Nilai-nilai Islam Dalam Perkembangan Seni di Indonesia” 2013 Nasional
Sebagai Duta Budaya Bangsa  pada rangkaian Pagelaran Tari dan Musik Tradisional Indonesia di Maroko 2013 Nasional
Sebagai Pemakalah pada  Seminar Antarbangsa Bahasa  dan Budaya Antarbangsa Pengerat Persaudaraan Serantau 2014 Nasional
Sebagai Pembicara pada kegiatan Workshop penyusunan kurikulum berbasis KKNI di Prodi Pendidikan Sendratasik Universitas Syiah Kuala Aceh 2014 Nasional
Sebagai Pembicara pada kegiatan Workshop penyusunan kurikulum berbasis KKNI bidang seni di FBS Unimed (Medan) 2014 Lokal
3 Dr.Gusnawirta Taib Fasli, M.Pd Program BerSeRRI (Bersih Sehat Ramah Lingkungan Rapih  Indah) di Ambon 2013 Lokal
Bantuan buku bahan ajar dan bacaan siswa di Ambon 2013 Lokal
Bantuan untuk korban banjir di Bukit Duri, Jakarta 2013 Lokal
Bantuan untuk korban bencana alam gunung meletus Yogyakarta 2013 Lokal
Sosialisasi PAUD dalam lingkungan  Keluarga dan Masyarakat 2013 Nasional
Pengasuhan  Bina Keluarga Balita 2013 Nasional
Reality Show: “Home Sweet Home”

untuk menunjang program pemerintah mengenai Ketahanan Keluarga dalam Mendukung Proses Tumbuh Kembang Anak

2014 Nasional
Konseling “Trauma Banjir” Kelurahan Cipinang, Jakarta 2014 Lokal
BKB (Bina Keluarga Balita) sebagai Pilar Ketahanan Keluarga 2014 Nasional
Konseling “Trauma Bencana Alam” di Sumatera Barat 2014 Lokal
Peningkatan Ketahanan Keluarga 2014 Nasional
Peningkatan Kapasitas Program Pendidikan Keluarga bekerjasama dengan Kementerian dan Pendidikan Malaysia dan University Putra Malaysia 2016 Internasional
Peningkatan Ketahanan Keluarga Nasional
4 Dr. Tuti Tarwiyah, M.Pd Peningkatan Kapasitas Program Pendidikan Keluarga bekerjasama dengan Kementerian dan Pendidikan Malaysia dan University Putra Malaysia Sampai sekarang

 

Internasional

 

 

Pelatihan Permainan pada Guru PAUD di Jakarta Timur 2014 Lokal
Pelatihan Gambang Kromong dan industri Kreatif di Kelurahan Rorotan dan Marunda Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara 2015 Lokal
5 Dr. Sofia Hartati, M.Si Penelitian (UNJ) 2013 Lokal
Penelitian (UNJ) 2014 Lokal
Penelitian (DIKTI) 2014 Nasional
Penelitian  (DIKTI) 2015 Nasional
Pendampingan Lembaga PAUD di Kel. Duren Sawit 2015 Lokal
7 Dr. Hapidin, M.Pd. Dikti 2015 Nasional
Kementerian PMK 2015 Nasional
Hibah Dikti 2015 Nasional
Hibah Dikti 2014 Nasional
Menulis buku “Asesmen dan Evaluasi PAUD” 2014 Nasional
Menulis buku “Konsep Dasar Pendidikan Berbasis Sekolah” 2013 Nasional
Satya Lencana Presiden Reprublik Indonesia 2015 Nasional
Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi

 

Outstanding science education lecturer of the year 2015 Nasional
Satyalencana Karya satya 10 tahun 2016 Nasional
Psikologi untuk bidan 2013 Nasional
Bimbingan konseling kesehatan mental di sekolah 2013 Nasional
6 Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi Hibah PUPT  DIKTIPengembangan Model Brain Based Teaching Tahun ke II 2013 Nasional
Hibah PUPT  DIKTI Pengembangan Model Brain Based Teaching Tahun ke III 2014 Nasional
INSIDA, Ceramah  Pembelajaran PAUD 2013 Nasional
Penulis buku Orientasi Baru  dalam Pedagogik 2013 Nasional
Penulis buku Filsafat Manusia 2014 Nasional
7 Dr. Asep Supena, M.Psi Pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi peserta didik autis.

 

2014 Nasional
8 Dr. Fahrurrozi, M.Pd. Kajian Struktur Bahasa Indonesia (Penulis buku) 2014 Nasional
Sekilas Tentang Bahasa Indonesia (Penulis Buku) 2016 Nasional
Pengkajian Prosa Fiksi (Editor) 2014 Nasional
DIPA BLU FIP UNJ Impelementasi Penilaian Aoutentik dalam Kurikulum 2013 bagi Guru-guru di SDN Ciputat Tangerang Selatan 2014 Lokal
DIPA FIP UNJ Peningkataan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan SAS pada siswa kelas 1 SDN 1 Ciputat Tangerang Selatan 2014 Lokal
DIPA FIP UNJ Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Whole Language di SD Lab PGSD FIP UNJ 2015 Lokal
Dr.M. Syarif Sumantri, M.Pd Hibah Pasca DIKTI 2015 Nasional
 

 

Dr. Nurjannah, M.Pd Hibah Bersaing DIKTI 2013 Nasional
Hibah Bersaing DIKTI 2014 Nasional
Hibah Bersaing DIKTI 2015 Nasional
4 Dr. Wardani Rahayu M.Si PMBP

 

2011-2015

 

Lokal

 

The Best Teaching a Ward

 

2010

 

Lokal

 

Satyalancana Karya Satya 20

 

2011

 

Lokal

 

Pemakalah  terbaik 2013 Internasional