Lapor Pasca

Program Studi

Teknologi Pendidikan

Program Studi Teknologi Pendidikan pada jenjang Pascasarjana (S2 dan S3) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan Program Studi pascasarjana pertama di Indonesia yang diselenggarakan secara terstruktur.

Program ini dimulai pada bulan Februari 1978, diikuti oleh 22 mahasiswa dengan perkuliahan yang diberikan oleh dosen tamu dari Amerika Serikat, dengan bantuan teknis dari USAID melalui Pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Pustekkom Diknas). Pembukaan program studi ini merupakan salah satu implementasi dari Keputusan Rapat Koordinasi Teras Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 22 Agustus 1975.

Pada awal diselenggarakannya, program studi Teknologi Pendidikan di IKIP Jakarta pada jenjang S1, S2 dan S3 adalah merupakan program studi yang berkesinambungan. Hal ini merupakan kesempatan dalam rangka Project Loan Agreement No.497-040 USAID melalui Educational Communication Development (ECD Project) yang dikelola oleh Pustekkom Diknas. Khusus komponen pendidikan dan pelatihan dalam proyek tersebut diselenggarakan oleh IKIP Jakarta dengan bantuan teknis yang dikoordinasikan oleh Syracuse University. Kurikulum dan para dosennya mengacu pada kesepakatan University Consortium for Instructional Development and Technology (UCIDT), ECD project tersebut dinilai berhasil, dan kemudian diperpanjang dengan technical service sub-contract No. 497-80.100.27 USAID yang pelaksanaannya dikoordinasikan oleh University of Southern California.

Pada tahun 1980 dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasio IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang disahkan adalah Fakultas Pascasarjana. Pada tahun 1991 Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta diubah menjadi Program Pascasarjana yang menyelenggarakan Program Magister dan Doktor. Termasuk di dalamnya Program Doktor Teknologi Pendidikan sebagai Program Studi tertua dan pertama.

Doktor Teknologi Pendidikan

Dosen

Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd.

Dosen Tetap

Prof. Dr. Eveline Siregar, M.Pd.

Dosen Tetap

Prof. Dr. Zulfiati Syahrial, M.Pd.

Dosen DPK

Dr. Khaerudin, M.Pd.

Dosen Tetap

Dr. Wisnu Djatmiko, M.T.

Dosen DPK

Prof. Dr. M. Japar, M.Si.

Dosen Tetap

Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd.

Dosen Tetap

Doktor  Teknologi Pendidikan

Tujuan dan
Capaian Pembelajaran

Tujuan

Capaian Pembelajaran

Doktor Teknologi Pendidikan

Mata Kuliah

Mata Kuliah Umum

KODEMATA KULIAHSKS
99009113Filsafat Ilmu Lanjutan3 sks
99009123Metodologi Penelitian Lanjutan3 sks
99009133Statistika Lanjutan3 sks
99009143Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks3 sks

Mata Kuliah Keahlian

KODEMATA KULIAHSKS
99029113Model-model Pembelajaran Berbasis TI3 sks
99029123Teori Model dan Difusi Inovasi dalam Pendidikan3 sks
99029133Evaluasi Model dan Program Pendidikan3 sks
99029143Pengembangan Sistem Pembelajaran3 sks
99029153Literasi Teknologi Pendidikan3 sks
99029183Orientasi Baru dalam Pedagogi3 sks
99029193Kolokium Teknologi Pendidikan3 sks

Mata Kuliah Pilihan

KODEMATA KULIAHSKS
99029413Kepemimpinan dalam Organisasi Belajar3 sks
99029423Tes, Pengukuran dan Model Evaluasi3 sks
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

Mata Kuliah Matrikulasi

KODEMATA KULIAHSKS
99029013Landasan Ilmu Pendidikan*3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

Disertasi

KODEMATA KULIAHSKS
99009917Disertasi15 sks

AKREDITASI

Program Studi Doktor Teknologi Pendidikan merupakan salah satu program studi yang dikelola oleh Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta yang terakreditasi Unggul di Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) dengan SK No. 893/SK/LAMDIK/Ak-I/D/IX/2023 dan berlaku sampai dengan tanggal 30 September 2027.

Doktor
Teknologi Pendidikan

Kurikulum

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai peng¬hargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Pengembangan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain, serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Penghargaan terhadap hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam kehidupan.
  6. Terbuka terhadap pluralitas tradisi keagamaan dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan terampil dalam memimpin program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program doktor. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program doktor dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah Keahlian Program Studi adalah kelompok bahan kajian utama bidang keahlian lulusan yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan/atau mata kuliah di luar program studi yang dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian disertasi.
  4. Mata Kuliah Matrikulasi adalah mata kuliah tambahan bagi mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan atau program studi pendidikan yang tidak sebidang. Mata Kuliah Matrikulasi dimaksudkan untuk memberikan materi yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan dan/atau materi prasyarat program studi.
  5. Disertasi adalah karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan persyaratan metodologi disiplin ilmu pada program studi sebagai upaya pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah, atau pengembangan konsep baru.

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Sebidang

NoMata KuliahBobot SKS
1Mata Kuliah Umum12
2Mata Kuliah Keahlian12 – 24
3Mata Kuliah Pilihan3
4Disertasi15
 Jumlah42 – 54

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Doktor Tidak Sebidang

NoMata KuliahBobot SKS
1Mata Kuliah Matrikulasi3
2Mata Kuliah Umum12
3Mata Kuliah Keahlian12 – 24
4Mata Kuliah Pilihan3
5Disertasi15
 Jumlah45 – 57

Ikuti kami di

© All rights reserved Postgraduate State University of Jakarta 2021