PROFIL PROGRAM DOKTOR TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Program Studi Teknologi Pendidikan pada jenjang Pascasarjana (S2 dan S3) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan Program Studi pascasarjana pertama di Indonesia yang diselenggarakan secara terstruktur.

Program ini dimulai pada bulan Februari 1978, diikuti oleh 22 mahasiswa dengan perkuliahan yang diberikan oleh dosen tamu dari Amerika Serikat, dengan bantuan teknis dari USAID melalui Pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Pustekkom Diknas). Pembukaan program studi ini merupakan salah satu implementasi dari Keputusan Rapat Koordinasi Teras Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 22 Agustus 1975.

Pada awal diselenggarakannya, program studi Teknologi Pendidikan di IKIP Jakarta pada jenjang S1, S2 dan S3 adalah merupakan program studi yang berkesinambungan. Hal ini merupakan kesempatan dalam rangka Project Loan Agreement No.497-040 USAID melalui Educational Communication Development (ECD Project) yang dikelola oleh Pustekkom Diknas. Khusus komponen pendidikan dan pelatihan dalam proyek tersebut diselenggarakan oleh IKIP Jakarta dengan bantuan teknis yang dikoordinasikan oleh Syracuse University. Kurikulum dan para dosennya mengacu pada kesepakatan University Consortium for Instructional Development and Technology (UCIDT), ECD project tersebut dinilai berhasil, dan kemudian diperpanjang dengan technical service sub-contract No. 497-80.100.27 USAID yang pelaksanaannya dikoordinasikan oleh University of Southern California.

Pada tahun 1980 dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasio IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang disahkan adalah Fakultas Pascasarjana. Pada tahun 1991 Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta diubah menjadi Program Pascasarjana yang menyelenggarakan Program Magister dan Doktor. Termasuk di dalamnya Program Doktor Teknologi Pendidikan sebagai Program Studi tertua dan pertama.

Pada tahun 2020 menjadi Program Studi penghasil dan pengembang teknolog pendidikan yang beretika, unggul, kompeetitif dan profesionaldi tingkat Nasional dan Internasional

  1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu untuk menghasilkan Teknolog Pendidikan yang memiliki kompetensi dalam bidang Teknologi Pendidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan.
  2. Melaksanakan penelitian kreatif dan inovatif di bidang Teknologi Pendidikan yang mendukung pelaksanaan pendidikan bermutu dan berdaya saing di tingkat Nasional dan Internasional.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terutama dalam bidang Teknologi Pendidikan yang memfasilitasi pembelajaran dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran serta bidang lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Meningkatkan Standar Mutu Akademik Program Studi berstandar Nasional dan Internasional
  • Tujuan mengacu kepada profil Lulusan Program Doktor Teknologi Pendidikan yakni menghasilkan Teknolog Pendidikan yang mampu merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi model maupun sistem pendidikan dan pembelajaran melalui riset berkelanjutan untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran melalui riset dan kajian ilmiah dengan pendekatan teknologi tepat guna dan etika profesi.Secara terperinci Tujuan Progran Studi Teknologi Pendididkan adalah:
    1. Menghasilkan tenaga akademik yang mampu mengembangkan dan mengelola pendekatan baru dalam belajar dan pembelajaran
    2. Mengembangkan kemampuan profesi dalam kawasan teknologi pendidikan yang kuat sebagai landasan untuk mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan;
    3. Meningkatkan pelayanan profesi dalam bidang teknologi pendidikan melalui penelitian dan pengembangan;
    4. Merumuskan penyelesaian berbagai masalah belajar secara ilmiah melalui pendekatan teknologi pendidikan
    5. Memberikan sumbangan untuk kemajuan dan penerapaan ilmu pengetahuan dan teknologi guna terwujuidnya masyarakat belajar.
  • Profil Lulusan Program Studi Doktor (S3) Teknologi Pendidikan  Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta adalah menghasilklan Teknolog Pendidikam yang memiliki profesi sebagai berikut:
    1. Perancang (desainer) pengembang (developer) pembelajaran.
    2. Peneliti (researcher) Pendidikan dan pembelajaran yang mampu memecahkan permasalahan dalam kawasan Teknologi Pendidikan.
    3. Pengevaluasi (evaluator) program pendidikan untuk tujuan penjaminan mutu program pendidikan berkelanjutan
    4. Pemimpin dan pengelola pengembangan Teknologi Pendidikan secara profesional
Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan
1. Perancang (desainer) pengembang (developer) pembelajaran Mampu merancang (desainer) serta mengembangkan pembelajaran di berbagai tingkatan pendidikan
2. Peneliti (researcher) Pendidikan dan pembelajaran. yang mampu memecahkan permasalahan dalam kawasan TP Mampu menjadi peneliti (researchher) di bidang pendidikan dan pembelajaran yang dapat memecahkan permasalahan-permasalahan dalam kawasan Teknologi Pendidikan
3. Pengevaluasi (evaluator) program pendidikan. Mampu menjadi Pengevaluasi (evaluator) program pendidikan. Evaluasi untuk tujuan penjaminan mutu program pendidikan berkelanjutan.
4. Pemimpin dan pengelola pengembangan Teknologi Pendidikan secara professional Mampu menjadi pemimpin dan pengelola, menjadi pengembang Teknologi Pendidikan yang profesional.

Program Magister Pendidikan  Sejarah memiliki akreditasi  B, yang artinya baik.

Kompetensi Umum 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks
PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
PPS 703 Statistika II 3 sks

 Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
TP 701 Kecederungan dalam Teknologi Pendidikan 3 sks
TP 702 Kepemimpinan dalam Organisasi Belajar 3 sks
TP 703 Difusi dan Inovasi Pendidikan 3 sks
TP 704 Teori, Model dan Keputusan dalam Teknologi Pendidikan 3 sks
TP 705 Evaluasi Program 3 sks
TP 706 Pengembangan Sistem Pembelajaran 3 sks
TP 707 Sistem Informasi Manajemen 3 sks
PPS 799 Disertasi 14 sks

 

 

Kompetensi Pendukung 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks
PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

 Matrikulasi 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 601 Orientasi Baru dalam Psikologi  Pendidikan* 3 sks
PPS 602 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* 3 sks
TP 601 Disain Pembelajaran** 3 sks
TP 602 Manajemen dalam Teknologi Pendidikan** 3 sks
*    Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan
**  Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi