PROFIL PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN LINGKUNGAN

Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Doktor  Pascasarjana UNJ berdasarkan SK Presiden/ No.45/ 1982, SK Dirjen Dikti Depdiknas: No.590/ DIKTI/ KEP/ 1993 menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi, namun demikian dengan mengikuti perkembangan pengetahuan dalam era globalilasasi maka konsep kurikulum pendidikan tinggi mengalami perubahan. Saat ini konsep kurikulum mengacu pada Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) dan Standard Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) (Permenristek Dikti no. 44/2015) yang mengutamakan kesetaraan capaian pembelajaran lulusan (CPL) (mutu), dan terdiri atas sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan penguasaan pengetahuan. Implementasi kurikulum Program Studi disesuaikan dengan KPT, sementara kurikulum lokal dikembangkan secara bertahap sesuai dengan arah pengembangan Program Studi dengan melakukan analisis kebutuhan dan keberadaan sumberdaya yang dimiliki.

Berdasarkan analisis perkembangan pengetahuan dan keahlian serta kebutuhan pasar dan pemangku kepentingan maka profil lulusan Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Doktor dipersiapkan untuk mengembangkan IPTEKS melalui riset transdipliner, inovasi, dan teruji (KKNI level 9), sehingga menjadi seorang pengembang, peneliti, pengajar, problem solver, perencana, pengelola dan pengambil kebijakan di bidang Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Profil lulusan ini diharapkan selalu mengedepankan aspek pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup berbasis teknologi dan informasi. Ketercapaian profil demikian memerlukan rumusan tentang Capaian Pembelajaran Lulusan yang mencerminkan sikap, keterampilan umum dan khusus serta penguasaan pengetahuan.

Pengembangan kurikulum pada hakikatnya terjadi sepanjang masa. Namun demikian, dalam praktik dikenal adanya peninjauan dan revisi kurikulum secara berkala. Apabila dikaitkan dengan hakikat continuous improvement maka pengembangan kurikulum perlu dirancang melalui program monitoring & evaluation sejalan dengan dilaksanakannya kurikulum. Di samping itu pengembangan kurikulum dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang disebabkan adanya perubahan peraturan dan perkembangan ilmu dan teknologi.

Pengembangan kurikulum Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Doktor Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta dilakukan dengan tujuan menyesuaikan dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Peraturan Presiden  No. 8/2012 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) – Indonesian Qualification Framework (IQF), Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Di samping itu, pengembangan kurikulum ini juga mengakomodasi perkembangan ilmu, Renstra Pascasarjan UNJ dan visi Program studi.

  1. Data Mahasiswa dan Lulusannya dalam lima tahun terakhir
Tahun Akademik Daya Tampung Jumlah Calon Mahasiswa  Jumlah Mahasiswa Baru Jumlah Total Mahasiswa Jumlah Lulusan IPK(3) Lulusan Mahasiswa Bukan Transfer Jumlah Mahasiswa WNA
Ikut Seleksi Lulus Seleksi  Bukan Transfer Transfer(2)

 

 

Bukan Transfer Transfer(2) Bukan Transfer Transfer2 Min Rata2 Mak  
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13) (14)
2011/2012 20 28 24 21 175 31 3.24 3.49 3.77
2012/2013 20 30 26 25 200 15 3.45 3.62 3.72
2013/2014 40 43 36 33 233 17 3.58 3.73 3.86
2014/2015 20 25 17 11 244 6 3.55 3.69 3.78
2015/2016 20 25 19 15 259 21 3.51 3.69 3.83
Jumlah 151 122 105 90 3.24 3.64 3.86
Rata-rata IPK untuk lulusan lima tahun terakhir = 3,62.
Dihitung dengan rumus : (A1xB1+A2xB2+A3x3+A4xB4+A5xB5)/(A1+A2+A3+A4+A5)
Rata-rata lama studi untuk lulusan lima tahun terakhir = 4.83 tahun

 

 

 

 

 

 

  1. Nama dosen tetap institusi yang terdaftar sebagai dosen tetap PS berdasarkan SK 034/DIKTI/Kep/2002, dalam tabel di bawah ini.
No. Nama Dosen Tetap  

NIDN**

Tgl. Lahir Jabatan Akademik Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal PT Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 I Made Putrawan 00190652002

 

19 Juni 1952 Koordinator Program Doktor Program Studi PKLH Pascasarjana UNJ Prof. Dr. S1: IKIP Jakarta

S2: Transfer

S3: IKIP Jakarta

Pendidikan Biologi

Transfer

PKLH

2 Nadiroh 4056109 4 Mei 1961 Guru besar Prof. Dr. M.Pd S1: IKIP Jakarta

S2: UNJ

S3: UNJ

PKN

PKLH

PKLH

3 Hafid Abbas 27085705

 

27 Agustus 1957 Guru besar Prof. Dr. S1: UNHAS

S2: UNHAS

S3:UNJ

Bahasa Inggris

PLS

PKLH

4 Amos Neolaka 18044804 18 April 1948 Guru Besar Prof. Dr. S1:

FKIT IKIP Bandung/PT Swasta

S2:

PKLH IKIP Jakarta

S3:

PKLH UNJ

Pendidikan Teknik Sipil/Teknik Sipil

 

PKLH

 

PKLH

5 Achmad Husen 0021095907 21 Desember 1959 Lektor Kepala Dr. M.Pd S1: PMP-Hukum IKIP Jakarta

S2: PKLH UNJ

S3: PKLH UNJ

PMP-Hukum

PKLH

PKLH

6 Rudi Iskandar 0010086404 10 Agustus 1964 Lektor Kepala Dr.

Msi.

S1: IKIP Jakarta

S2: UGM Yogjakarta

S3: IPB Bogor

Ilmu Pendidikan

Geografi

Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan

7 Suwirman Nuryadin 5045202

 

5 April 1952 Dosen Dr.

M.Pd

S1: Pendidikan Kimia UNJ

S2:Kimia IKIP Jakarta dan ITB

S3: PKLH PPs  UNJ

Pendidikan Kimia

Pendidikan Kimia

PKLH

8 Yufiarti 0017026403 17 Februari 1964 Guru Besar Prof

Dr

MPd

S1: IKIP Jakarta

S2:UI

S3:IKIP Jakarta

Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan

PKLH

9 Diana Vivanty 0029016702 29 Januari 1967 Lektor Dr. M. Si S1: IKIP Jakarta

S2: UGM

S3: UNJ

Pendidikan Biologi

Ekologi

Manajemen      Lingkungan

Dalam jangka waktu 10 tahun (2017 – 2027), Program Studi PKLH Program Doktor mampu dan sanggup menjadi program studi unggul dan bermutu, serta menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era global secara kreatif dan inovatif dan tetap taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  • Misi Program Studi PKLH Program Doktor dirumuskan sesuai  dengan rumusan visi yaitu sebagai berikut:
    1. Melaksanakan pembinaan sumber daya manusia (SDM) melalui penyediaan pendidikan yang terprogram, sarana dan prasarana yang cukup, dan wahana komunikasi serta proses pembelajaran yang efektif dan terintegrasi dalam berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pendidikan dan penelitian guna menghasilkan tenaga ahli yang memiliki ciri keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, bermoral luhur, menunjang kode etik profesi serta memiliki kebanggaan dan kecintaan kepada almamaternya.
    2. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan SDM yang dapat menghasilkan lulusan dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup, yang mempunyai kemampuan mengembangkan konsep baru dalam bidang ilmu dan profesi pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup, melalui proses belajar mengajar, penelitian dengan pendekatan transdis
    3. Menciptakan dan mengembangkan perspektif pengetahuan baru mengenai metode dan penelitian dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup baik untuk kepentingan dalam negeri maupun untuk dikenalkan ke tingkat global.
    4. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan SDM dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup dalam suasana akademik yang kondusif serta mengaplikasikan tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan etika lingkungan yang luhur sehingga tercipta masyarakat ilmiah yang terdidik. Menyediakan sarana atau prasarana untuk mengembangkan gagasan-gagasan baru yang kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup sesuai dengan dinamika perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    5. Menyelenggarakan proses pendidikan yang efektif dan efisien dalam rangka menghasilkan lulusan yang bermutu sesuai kebutuhan lingkungannya dalam waktu yang relatif singkat.
    6. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan berdasarkan prosedur yang rasional, transparan dan baku dengan berasaskan prinsip akuntabilitas yang konsisten dan berkesinambungan melalui pendekatan manajemen mutu terpadu (TQM).
    7. Membangun kerjasama dan hubungan yang aktif antara lembaga, universitas dan organisasi terkait lainnya, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka peningkatan dan pengembangan kemampuan program studi dalam melaksanakan visi
    8. Menyediakan wahana untuk mengkomunikasikan gagasan-gagasan baru yang kreatif dan inovatif dalam bidang Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup sesuai dengan dinamika perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    9. Mendorong upaya pembaharuan ke arah sistem pendidikan yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan dinamika perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan Program Studi PKLH Program Doktor khususnya dan pascasarjana UNJ pada umumnya.
  • Tujuan Program Studi PL Magister, adalah menghasilkan lulusan Magister Pendidikan bidang PL yang:
    1. Memiliki kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya sebagai pendidik maupun peneliti yang ditunjukkan dengan ketajaman analisisnya terhadap permasalahan Pendidikan Lingkungan;
    2. Memiliki pemahaman yang komprenhesif tentang konsep-konsep, teori-teori dan paradigma baru dalam bidang Pendidikan Lingkungan;
    3. Memiliki kemampuan untk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang aplikatif yang terkait dengan pendidikan, kependudukan dan lingkungan hidup, melalui pemahaman, analisis dan sistesis terhadap pendekatan, metode dan kaidah keilmuan;
    4. Memilki kemampuan menggunakan pengetahuan dan keterampilan terkait yang dengan pendidikan lingkungan dalam rangka memecahkan masalah-masalahpendidikan lingkungan yang kompleks yang bersifat lintas disiplin ilmu;
    5. Memiliki kemampuan memecahkan masalah di bidang pendidikan lingkungan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat berdasarkan kaidah ilmiah;
    6. Memiliki sifat keterbukaan serta responsif terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan Pendidikan Lingkungan;
    7. Dan memilki kemampuan mengkomunikasikan pemikiran dan hasil karyanya dalam bidang Pendidikan Lingkungan, baik secara lokal maupun global.
  • Profil Lulusan Program Doktor Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
    No Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan
    1 Tenaga pendidik sekolah formal informal dan nonformal di bidang Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (P1) Menjadi Guru, Dosen, Instruktur, Penyuluh, widyaiswara, yang kompeten dalam penguasaan konsep, teori, aplikasi dan analisis di bidang pendidikan kependudukan, pendidikan lingkungan  hidup dan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup/ Educational for Sustainable Development  (ESD)  serta mampu menerapkan IPTEKS dalam bidangnya
    2. Peneliti (P2) a. Mampu melaksanakan penelitian bidang Kepedudukan dan Lingkungan Hidup dengan disiplin ilmu yang relevan
    b. Mampu melaksanakan penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan kaidah ilmiah.
    3. Tenaga ahli  (konsultan) (P3) Mampu menjadi tenaga ahli pendidikan khususnya pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup

Program studi Doktor Pendidikan  Lingkungan  merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi B di BAN-PT dengan nomor.  4705/SK/BAN-PT/Akred/D/XII/2017

Kompetensi Umum 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks
PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
PPS 703 Statistika II 3 sks

Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
PKLH 701 Teori-teori Belajar dan Penyusunan RPP dalam PKLH 3 sks
PKLH 702 Psikologi Lingkungan 3 sks
PKLH 703 Manajemen Pendidikan Dalam PKLH 3 sks
PKLH 704 Kapita Selekta Dalam PKLH 3 sks
PKLH 705 Kependudukan dan Lingkungan Dalam Sustainable Development 3 sks
PKLH 706 Ekologi Manusia Dalam Transisi Demografi 3 sks
PKLH 707 Sistem Evaluasi Pembelajaran PKLH 3 sks
PKLH 708 Psikologi Kependudukan 3 sks
PPS 799 Disertasi 14 sks

Kompetensi Pendukung

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks
PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 504 Orientasi Baru dalam Psikologi  Pendidikan* 3 sks
PPS 505 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* 3 sks
PKLH 500 Applied Ecologi ** 3 sks
PKLH 501 Isu-isu Perubahan Iklim Global** 3 sks
*    Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan
**  Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi 
  1. Pencapaian Prestasi Dosen
No. Nama Dosen Prestasi yang Dicapai* Waktu Pencapaian Tingkat

(Lokal, Nasional, Internasional)

(1) (2) (3) (4) (5)
1  I Made Putrawan

 

Peneliti Terbaik bidang pendidikan Tahun 2015 dari Lemlit UNJ 2015 Lokal
Leadership Research as Variable of Management Dissertation at PPs. UNJ: A Meta Analysis 2016 Nasional
Model Validation of Students Environmental Behavior affected by personality, NEP, Environmental Morale, and Naturalistic. 2016 Nasional
Research Report dealing with NEP Validation related to People Water Conservation Behavior, Manggarai, East Nusa Tenggara (NTT), 2015 Nasional
Students New Environmental Paradigm (NEP) Assessment based on their knowledge about ecosystem and locus of control of SMA students in Palembang, Jakarta and Makassar (AUPT, BOPTN-DIKTI, 2013-2014) 2014 Nasional
Pengembangan Akreditasi LPTK dan Studi Dampak Akreditasi terhadap Lulusan 2012 Nasional
2. Amos Neolaka Penghargaan Sebagai Relawan dalam Partisipasi Penumbuhan 55.000 Pohon Mangrove Di Kawasan Hutan Mangrove Tol Sedyatmo, DKI Jakarta  Rekor MURI 2014 Nasional
  1. Pencapaian Prestasi Mahasiswa
No. Nama Mahasiswa Jenis Prestasi Kegiatan, Waktu, dan Tempat Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional)
(1) (2) (3) (4) (5)
1 Imelda Hutasoit Penelitian CESHK Internasional
2 Abbas Thaha Penelitian CESHK Internasional
3 Syarifah El Jannah Penelitian CESHK Internasional
4 Talha Dangkua Penelitian CESHK Internasional
5 Zairin Penelitian CESHK Internasional