Lapor Pasca

Tentang Kami

Tujuan

DOSEN TETAP​

Prof. Dr. Eveline Siregar, M.Pd.
Dr. Indina Tarjiah, M.Pd.
Dr. Khaerudin, M.Pd.
Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd.
Dr. Murni Winarsih, S.Pd, M.Pd.
Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd.
Dr. RA. Murti Kusuma Wirasti
Dr. Cecep Kustandi, M.Pd.
Prof. Dr. Yuliani Nurani, M.Pd.
Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd.
Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd.
Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd.
Prof. Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd.
Dr. Maria Paristiowati, M.Si.

Capaian Pembelajaran

MATA KULIAH

Mata Kuliah Umum

KODEMATA KULIAHSKS
99008113Filsafat Ilmu3 sks
99008123Metodologi Penelitian3 sks
99008133Statistika3 sks
99008143Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks3 sks

 

Mata Kuliah Keahlian

KODEMATA KULIAHSKS
99018113Landasan Teknologi Pendidikan3 sks
99018123Design Pembelajaran3 sks
99018133Teknologi Kinerja3 sks
99018143Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar3 sks
99018153Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan3 sks
99018163Desain Pembelajaran Daring3 sks
99158193Kolokium Teknologi Pendidikan3 sks

 

Mata Kuliah Pilihan

KODEMATA KULIAHSKS
99018413Evaluasi Proses dan Hasil Belajar3 sks
99018423Teori Komunikasi dan Visualisasi Ide Pembelajaran3 sks
99018433Manajemen Kepelatihan3 sks
Pilih satu Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

Mata Kuliah Matrikulasi

KODEMATA KULIAHSKS
99018023Orientasi Baru dalam Pembelajaran3 sks
99008013Landasan Ilmu Pendidikan3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

Tesis

KODEMATA KULIAHSKS
99008918Tesis8 sks

KURIKULUM

CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama
  6. Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

Komponen kurikulum program magister:

  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuan melaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah Utama Program Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidikan Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  4. Mata kuliah Matrikulasi adalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  5. Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut:

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan
No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41 – 43
  Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Non Pendidikan
No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43 – 46

Master Progam

Doctoral Program

Faculty in UNJ

Follow Us

© All rights reserved Postgraduate State University of Jakarta 2021