PROFIL PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN SEJARAH

Program Magister Pendidikan Sejarah didirikan pada tanggal 21 Oktober 1993. Prodi pendidikan sejarah adalah satu diantara yang tertua di lingkungan Pascasarjana Unj. Program Magister pendidikan Sejarah didirikan oleh Prof. Dr. Diana Nomida, M.Pd. pada tahun 1993, yang mana Prodi Pendidikan Sejarah adalah prodi perpecahan dari prodi Teknologi Pendidikan Progam magister.  Semenjak didirikan pada tahun 1993 hingga tahun 2010 prof. Dr. Diana Nomida, M.Pd bertanggung jawab menjadi Koorprodi .

Tahun 2010 Koordinator Prodi diganti oleh Prof. Dr. Tuti Nuriah Erwin, M.Pd. hingga 2017. Tahun 2017 hingga saat ini koordinator prodi dilanjutkan oleh Dr. Kurniawati, M.Si.

Prodi S2 Pendidikan Sejarah UNJ merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana dan telah terakreditasi A dari BAN-PT. Saat ini Program Studi Pendidikan Sejarah memiliki  6 (enam) orang dosen yang terdiri dari 1 orang Guru Besar dan 5 orang dosen bergelar doktor dari bidang studi yang relevan. Sumber daya manusia yang memadai ini diharapkan akan berpengaruh positif pada layanan pembelajaran kepada mahasiswa. Demikian pula mutu lulusan yang dihasilkan oleh program studi memiliki kompetensi yang mumpuni sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidik dan tenaga pendukung dikelola berdasarkan Surat Keputusan Rektor, yang pengelolaannya menjadi tanggung jawab Direktur Program Pascasarjana. Termasuk di dalamnya proses pembinaan dan pengembangan dosen, pembinaan dan pengembangan tenaga pendukung, mutasi dan usaha retensi karyawan juga dilakukan sesuai pedoman tertulis di Universitas Negeri Jakarta.

Beberapa dosen Pendidikan Sejarah telah banyak melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik yang didanai dari PNBP Universitas Negeri Jakarta  maupun dari Dikti. Meskipun demikian produktivitas dosen dalam menghasilkan karya akademik belum optimal. Karya akademik dosen meliputi; hasil penelitian, modul dan/atau buku ajar, serta artikel ilmiah yang dipublikasikan. Karya akademik dosen ini dihasilkan sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab dosen terhadap pemberian layanan pendidikan kepada mahasiswa sekaligus untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Artikel hasil penelitian dosen dikomunkasikan dan/ atau dipublikasikan melalui berbagai media, misal seminar nasional, internasional maupun lokal, melalui jurnal nasional terakreditasi “Paramita” dari Program Studi Pendidikan Sejarah UNNES, “Lontar” milik Program Sarjana Pendidikan Sejarah UNJ, “Jurnal Pendidikan Sejarah” milik Prodi S2 Pendidikan Sejarah UNJ dan Historia, jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah UPI.

Kinerja seorang dosen dalam melaksanakan tugasnya senantiasa dievaluasi, di antaranya melalui presensi kehadiran dosen dan juga melalui Berita Acara Perkuliahan yang dapat digunakan untuk melihat kesesuaian antara materi yang diajarkan di kelas dengan Satuan Acara Perkuliahan yang sebelumnya telah disusun. Sistem evaluasi bagi seorang dosen pun dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada para mahasiswa pada akhir semester. Mahasiswa dapat menilai kinerja dosen dengan melihat pada komponen kehadiran dosen dan juga beberapa hal berkenaan dengan pembelajaran, seperti penyampaian tujuan, penguasaan materi (content), semangat dan antusiasme dosen dalam hal materi pengujian serta evaluasi yang dilakukan untuk mengukur keberhasilannya.

Beberapa komponen yang dijadikan sebagai aspek penilaian yang kemudian akan dihitung dengan bobot tertentu dan berlaku secara baku di lingkungan Universitas Negeri Jakarta. Adapun komponen tersebut terdiri dari: prestasi kerja yang meliputi kualitas hasil kerja nyata yang dihasilkan dan kuantitas hasil pekerjaan yang dihasilkan; dedikasi yang meliputi disiplin kerja, rasa tanggung jawab dan loyalitas pada kepentingan UNJ; kelengkapan kehadiran yang meliputi ketaatan pada jam kerja dan kesediaan untuk mendapat penugasan di luar jam kantor; hubungan kerjasama yang meliputi perilaku terhadap karyawan, rekan sejawat, atasan, mahasiswa, alumni dan stakeholders serta kepribadian yang meliputi budi pekerti, kemampuan untuk mandiri, kewibawaan dan kecakapan untuk memimpin serta integritas dan kejujuran. Cara-cara itulah yang diharapkan dapat menjadi instrumen untuk melakukan monitoring serta evaluasi bagi seorang dosen.

Demikian pula halnya bagi seorang tenaga kependidikan yang bekerja di lingkungan UNJ, terhadap mereka pun senantiasa dilakukan upaya monitoring dan evaluasi. Upaya tersebut dilakukan melalui adanya sistem presensi kehadiran para tenaga kependidikan dengan finger print serta adanya penilaian konduite oleh pimpinan secara berkala sama halnya seperti memberikan penilaian yang dilakukan terhadap dosen, hanya saja ada perbedaan dalam besarnya bobot penilaian terhadap aspek/komponen penilaian yang ada

Program studi Pendidikan Sejarah telah memiliki mekanisme yang jelas untuk melaksanakan seleksi mahasiswa baru. Seleksi mahasiswa baru dilakukan secara terpadu dengan penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta secara keseluruhan.

Prasyarat umum calon mahasiswa dapat mendaftarkan diri pada program studi  Pendidikan Sejarah UNJ adalah:

  • memiliki kualifikasi akademik minimal setara sarjana bidang Sejarah, Pendidikan Sejarah dan/atau bidang ilmu-ilmu sosial lainnya. Bagi  calon mahasiswa yang berasal dari non kependidikan wajib terlebih dahulu mengikuti program matrikulasi untuk penyetaraan pengetahuan dasar.
  • Seleksi penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan dengan ujian tulis meliputi:
  • Tes Potensi Akademik (TPA) yang diselenggarakan oleh PPs.
  • Tes Bahasa Inggris setara Test of English as Foreign Language (TOEFL).

Mahasiswa hanya dapat diterima jika nilai terbobot dari kedua tes tersebut memenuhi syarat yang cukup tinggi yang telah ditetapkan Program Studi Pendidikan Sejarah. Jika skor Bahasa Inggris setara TOEFL belum mencapai minimal 450, meskipun hasil tes TPA memadai berdasarkan kriteria program studi, calon mahasiswa dapat diterima dengan status bersyarat. Mahasiswa harus mencapai skor setara TOEFL  450 sebelum melaksanakan seminar hasil penelitian.

Saat ini mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah berjumlah 31 orang. Sebagian besar dari mereka berasal dari guru sekolah menengah dan beberapa dosen dari perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang berasal dari berbagai daerah seperti; DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta,  Manado, dan Jawa Barat. Bagi mahasiswa yang berstatus dosen diberi kesempatan untuk memperoleh BPDN, sedangkan yang lainnya membiayai pendidikan sendiri.

Mahasiswa yang mendapatkan indeks prestasi kumulatif (IPK) di semester 1 umumnya dapat mempertahankan prestasi pada semester berikutnya.  Angkatan Jumlah mahasiswa angkatan 2011/2012 ada 12 orang, rata-rata IPK 3,58.  Angkatan 2012/2013 ada 12 orang dan IPK rata-ratanya  3,67.  Angkatan 2013/2014 ada 7 orang dan memperoleh IPK rata-rata 3,73.  Angkatan 2014/2015  jumlah mahasiswa 10 orang dengan IPK rata-rata 3,65. Angkatan 2015/2016 berjumlah 18 orang dengan IPK rata-rata 3.76. Kegiatan akademik yang dilakukan mahasiswa dapat dilihat melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan wajib sehingga tidak dapat ditinggalkan.  Selain mengikuti perkuliahan rutin di ruang kelas, mahasiswa juga diberi tugas mandiri dan kelompok dalam mendalami suatu mata kuliah tertentu.  Sementara itu, mahasiswa juga terlibat aktif dalam kegiatan seminar dan diskusi ilmiah lainnya yang diselenggarakan di dalam dan luar kampus serta melakukan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah seperti kota tua dan situs lainnya yang berada di sekitar Jakarta.

Pada tahun 2020 menjadi Program Studi yang unggul dalam menghasilkan pengembang pendidikan sejarah serta mengabdikan kemampuannya bagi kepentingan masyarakat Indonesia dalam kerangka pembentukan karakter bangsa

  1. Menyelenggarakan pendidikan sejarah yang menghasilkan karya-karya inovatif dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan masyarakat
  2. Melaksanakan penelitian sejarah dan mengembangkannya sebagai sumber belajar sejarah
  3. Mengembangkan hasil riset sejarah untuk dapat memecahkan permasalahan- permasalahan pendidikan sejarah serta mempublikasikannya dalam forum nasional dan internasional
  4. Mengembangkan riset pendidikan sejarah hingga menghasilkan karya kreatif, inovatif serta bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan masyarakat
  5. Mengamalkan hasil riset pendidikan sejarah untuk memaksimalkan pembentukan karakter bangsa Indonesia.
  1. Menghasilkan dan mengembangkan lulusan berkualitas  melalui karya-karya inovatif tentang arti pentingnya sejarah  dalam kehidupan masyarakat.
  2. Mengembangkan hasil penelitian kreatif dalam bidang pendidikan sejarah yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran pendidikan sejarah.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan kompetitif dalam menghadapi perubahan tatanan nilai dan tantangan globalisasi.
  4. Berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan tenaga ahli pendidikan sejarah yang sesuai.
  1. Guru yang dapat mengembangkan sejarah yang inovatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir.
  2. Pendidik bidang pendidikan sejarah tingkat sarjana di Perguruan Tinggi negeri maupun swasta.
  3. Peneliti yang kompeten dan menghasilkan penelitian dalam bidang pendidikan sejarah yang inovatif dan teruji serta mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  4. Penulis yang handal dalam bidang sejarah dan / atau pembelajarannya dengan menggunakan metodologi yang tepat.
PROFIL LULUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN

 

1 Guru Perkembangan pendidikan sejarah yang inovatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir
2 Dosen Pendidik bidang pendidikan sejarah tingkat sarjana di perguruan tinggi negeri maupun swasta
3 Peneliti Peneliti yang handal daam bidang pendidikan sejarah
4 Penulis Penulis yang handal dalam bidang sejarah dan/atau pendidikan sejarah

Program Magister Pendidikan  Sejarah memiliki akreditasi  A, yang artinya sangat memuaskan.

SEMESTER 1
No Kode MK Mata Kuliah SKS
1 PPs 501 Filsafat Ilmu 3
2 PPs 502 Metodologi Penelitian 3
3 PPs 503 Statistika 3
4 PPs 505 Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan 3
5 PPs 401 Psikologi Pendidikan 3
6 PPs 402 Landasan Ilmu Pendidikan 3
JUMLAH 18

 

SEMESTER 2
No Kode MK Mata Kuliah SKS
1 PPs 504 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3
2 PS 501 Evaluasi, Proses dan Hasil Belajar Sejarah 3
3 PS 502 Desain Pembelajaran Sejarah 3
4 PS 506 Filsafat dan Metodologi Sejarah 3
JUMLAH 12

 

SEMESTER 3
No Kode MK Mata Kuliah SKS
1 PS 503 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sejarah 3
2 PS 505 Sejarah Dunia Kontemporer 3
3 PS 507 Sejarah Indonesia 3
4 PS 504 Sejarah Lokal 3
JUMLAH 12