Pimpinan Pascasarjana UNJ Undang Calon Doktor Untuk Kontrol Kualitas

Pimpinan Pascasarjana UNJ Undang Calon Doktor Untuk Kontrol Kualitas

Jumat (4/1/19) Pimpinan Pascasarjana UNJ mengundang seluruh mahasiswa yang akan Ujian Akhir Doktoralnya. Sebanyak 74 mahasiswa program Doktor memenuhi undangan tersebut. Pertemuan ini dihadiri Plt. Direktur Pascasarjana UNJ Prof.Dr.Ilza Mayuni MA, Wakil Direktur 1 Prof.Dr.Ivan Hanafi, Wakil Direktur 2 Dr.Nurhattati, Ketua GP3 Usep Suhud,Ph.D, dan Ketua GIPK Ubedilah Badrun.

Dalam arahanya Prof.Ilza Mayuni,MA menyampaikan bahwa upaya ini sengaja dilakukan sebagai bagian penting agenda revitalisasi Pascasarjana, di antaranya upaya untuk meningkatkan kualitas Doktor Pascasarjana UNJ.

“Upaya mengumpulkan mahasiswa calon Doktor ini sudah yang ke-9, ini merupakan upaya serius revitalisasi Pascasarjana untuk meningkatkan kualitas Doktor Pascasarjana UNJ melalui peningkatan kualitas publikasi ilmiah bereputasi internasional. Tentu ini dilakukan secara bertahap tapi konsisten untuk mencapai tujuan revitalisasi” ujar Prof.Ilza Mayuni.

Wakil Direktur 1 Pascasarjana UNJ Prof.Ivan Hanafi dalam kesempatan yang sama menyampaikan hal senada.

“Ini bagian penting dari revitalisasi, upaya ini dilakukan bertahap dan saat ini adalah tahapan penting. Semester berikutnya semuanya akan berubah, proses untuk sampai pada Ujian Terbuka akan melalui tahapan-tahapan yang rigid dari pengajuan proposal mini, kolokium, proposal, seminar Proposal, diseminasi hasil, submit artikel bereputasi, ujian kelayakan, accepted artikel jurnal bereputasi, ujian tertutup, published artikel jurnal bereputasi, hingga ujian terbuka, jadi sebelum ujian terbuka artikelnya sudah terbit ” ujar Prof.Ivan.

Untuk kontrol kualitas artikel bereputasi karya disertasi mahasiswa Doktor, Ketua GP3 Pascasarjana UNJ Usep Suhud,Phd mengemukakan bahwa GP3 secara bertahap sudah melakukan upaya tersebut melalui kegiatan research camp, klinik penulisan karya ilmiah, dll.

“Kami berupaya meningkatkan literasi riset di kalangan mahasiswa melalui research camp dengan mengajak mahasiswa untuk akrab dengan riset dengan standar jurnal internasional. Ini bertahap, dari prosiding bereputasi internasional sampai jurnal bereputasi internasional, kami GP3 berupaya melakukan validasi artikel agar berstandar dan bereputasi internasional, bukan untuk negosiasi artikel” Ujar Ketua GP3 Pascasarjana UNJ Usep Suhud Ph.D

Lebih lanjut tim GP3 mengemukakan disela-sela acara. Saat jurnalis laman pascasarjana menemui salah satu tim GP3 Dr.Setiabudi mengemukakan
“Dari hasil validasi artikel angkatan ini telah lolos 22 artikel dari 58 artikel atau sekitar 37,9 % artikelnya tervalidasi atau memenuhi standar bereputasi internasional. Ini akan terus diupayakan hingga mencapai 100%” ujar Dr.Setiabudi dari GP3 Pascasarjana UNJ.

Acara selama sekitar 2,5 jam ini berlangsung menarik, diskusinya penuh semangat, dan nampak atmosfir akademiknya untuk bersama sama meningkatkan kualitas Doktor Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ).(ub)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *