Lapor Pasca

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text][vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_single_image image=”5899″ img_size=”4200×2550″ alignment=”center” onclick=”link_image” css_animation=”appear”][vc_tta_accordion style=”outline” shape=”square” color=”mulled-wine” spacing=”3″ c_position=”right” active_section=”1″ no_fill=”true” title=”PROFIL PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN JASMANI“][vc_tta_section title=”DESKRIPSI PRODI” tab_id=”1530764492268-b68bb106-a311″][vc_column_text]Program Studi Magister Pendidikan Jasmani Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor:  No. 590/DIKTI/Kep/1993, tanggal  21 Oktober 1993, dianggap layak diselenggarakan karena didukung oleh sarana prasarana belajar dan sumber daya manusia yang memadai. Seiring berjalannya waktu Prodi pendidikan olahraga berubah nama menjadi Prodi Pendidikan Jasmani sesuai dengan keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 257/M/KPT/2017. Hingga saat ini Prodi pendidikan jasmani terus berupaya  menjadi pusat pengembangan dan pengkajian pendidikan, ilmu dan teknologi keolahragaan sehingga menjadi “teaching institution” dan “research institution”.

Program Magister Pendidikan Olahraga merupakan Program Studi yang menghasilkan lulusan sebagai Pendidik/Dosen pada Program Magister Pendidikan Olahraga, peneliti, pengembang Pendidikan Olahraga, dan konsultan Pendidikan Olahraga.[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”DOSEN PROGRAM STUDI” tab_id=”1530765068160-6718c317-6b26″][vc_column_text]

Dosen Program Studi Pendidikan Jasmani

NO NAMA STATUS
1 Dr. Yusma Wati, M.Pd Dosen Tetap
2 Dr. Fahmy Fachrezzy M.Pd Dosen Tetap
3 Dr. Hidayat Humaid, M.Pd. Dosen Tetap
4  Dr. Iman Sulaiman, M.Pd. Dosen Tetap
5 Dr. Sri Nuraini, M.Pd. Dosen Tetap
6 Dr. dr. Junaidi, Sp.KO Dosen Tetap
7 Dr. Taufik Rihatno Dosen Tetap

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”TUJUAN PRODI” tab_id=”1530765064040-caece16b-0d22″][vc_column_text]

Tujuan Prodi

  1. Mampu mengembangkan iptek dan seni di bidang Pendidikan olahraga melalui riset/-penelitian sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan seni di bidang Pendidikan olahragamelalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner.
  3. Mampu mengelola riset/penelitian dan pengembangan pendidikan olahraga yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mempublikasikannya dan mendapat pengakuan baik nasional maupun internasional.

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”CAPAIAN PEMBELAJARAN” tab_id=”1530765062659-7d6fba46-3e8e”][vc_column_text]

Capaian Pembelajaran

  1. Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam pendidikan jasmani dan ilmu keolahragaan dengan prakteknya sebagai pengembang pendidikan jasmani dan ilmu keolahragaan untuk menghasilkan solusi dalam peningkatan mutu pendidikan kesehatan jasmani dan ilmu keolahragaan untuk kemaslahatan manusia melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang pendidikan jasmani dengan prakteknya sebagai pengembang pendidikan dan pelatihan pendidikan olahraga dan penddikan kesehatan, kebugaran dengan prakteknya sebagai ahli, pendidik, dan pelatih ilmu keolahragaan dan pendidikan serta pelatihan di bidang penjas yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  3. Mampu memecahkan masalah pendidikan jasmani berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi dengan prakteknya sebagai pelatih ilmu keolahragaan dan penjas melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Mampu menerapkan solusi permasalahan Teknologi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan Ilmu keolahragaan dan penjas melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan dan mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan Internasional;
  5. Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam ilmu keolahragaan dan penjas dengan memanfaatkan IPTEKS;
  6. Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang ilmu keolahragaan dan penjas dengan melakukan penelitian sebagai upaya pengembagan literasi digital;
  7. Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan pengembangan di bidang ilmu keolahragaan dan penjas bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multidisipliner yang diakui di tingkat nasional dan Internasional.

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”MATA KULIAH” tab_id=”1609141691533-4a1857ef-e2a2″][vc_column_text]

  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99008113 Filsafat Ilmu 3 sks
99008123 Metodologi Penelitian 3 sks
99008133 Statistika 3 sks
99008143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99038113 Sejarah, Azas dan Falsafah, Sistem Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan 3 SKS
99038123 Desain dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani 3 SKS
99038133 Strategi dan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani 3 SKS
99038143 Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga 3 SKS
99038153 Fisiologi Gerak 3 SKS
99038183 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan 3 SKS
99038193 Kolokium Pendidikan Jasmani 3 SKS

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99038413 Belajar Keterampilan Gerak 3 SKS
99038423 Analisis Mekanika Gerak 3 SKS
Pilih dua mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99008013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

  • Tesis

KODE MATA KULIAH SKS
99008918 Tesis 8 sks

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”AKREDITASI” tab_id=”1530765059776-21bdf663-b42a”][vc_column_text]Prodi S2 Pendidikan Jasmani UNJ merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi A dari BAN-PT  No. 2642/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2016.[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”KURIKULUM” tab_id=”1530765057372-eb06c628-2f2e”][vc_column_text]

Kurikulum Program Studi Magister Pascsarjana Universitas Negeri Jakarta

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

  • Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah(CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  • Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  • Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  • Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  • Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
  • Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

 

Kurikulum Program Magister

Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.

  • Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  • Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  • Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  • Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  • Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

 

Beban Studi Program Magister

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

   Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

   Program Sarjana Pendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

Program Sarjana Nonpendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43– 46

 

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”FOTO-FOTO KEGIATAN” tab_id=”1530765553714-3ae207fc-0b47″][vc_column_text]Kuliah Program Studi Magister Pendidikan Jasmani

2     1[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_wp_text title=”Program Studi Magister (S2)”]

[/vc_wp_text][vc_wp_text title=”Program Studi Doktor (S3)”]

[/vc_wp_text][/vc_column][/vc_row]