Pertajam Higher Order Thinking Skills (HOTS),  Program Studi Pendidikan Dasar Gelar Kuliah Umum

Pertajam Higher Order Thinking Skills (HOTS), Program Studi Pendidikan Dasar Gelar Kuliah Umum

Pada Jumat, 28 Juni 2019 Program Studi Pendidikan Dasar adakan kuliah umum dengan tema Sharping Learning Lens in Hihger Order Thinking Skills (HOTS) Through Lesson Analysis. “Kuliah umum ini dilaksanakan agar mahasiswa memperoleh inspirasi tentang pengembangan HOTS dengan model Lesson Analysis” demikian penegasan dari Kordinator S3 Program Studi Pendidikan Dasar, Prof. M. Syarif Sumantri, M.Pd dalam sambutanya. “Lesson Analysis yang dimaksud adalah lesson study yang digagas dari Jepang” demikian penjelasan Wadir 1, Prof. Dr. Ivan, M.Pd dalam sambutannya mewakili Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ilza Mayuni, M.A yang tidak dapat hadir dan sekaligus membuka kuliah umum tersebut.

Setelah kegiatan pembukaan, perkuliahaan dimulai pukul 09.00 yang dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa S3 dan S2 pendidikan dasar, serta sejumlah praktisi pendidikan bahkan tidak ketinggalan sejumlah dosen Program Studi Pendidikan Dasar ikut menghadirinya.

“Proses perkuliahan ini akan berlangsung secara interaktif, artinya peserta dapat langsung interupsi untuk mengajukan pertanyaan atau menambahkan jika ada hal-hal yang perlu didiskusikan”, demikian penjelasan Arif Hidayat, Ph.D memulai perkuliahannya sebagai Narasumber Kuliah umum ini. “Lesson Analysis adalah bagian dari kegiatan lesson study yang diorientasikan untuk teaching improvement dan bahkan kegiatan penelitian, demikian narasumber mengkonfirmasi yang disampaikan oleh Wadir 1.

Dalam perkuliahan yang hampir tiga jam dilaksanakan, peserta antusias mengikutinya karena peroses pekuliahan yang variatif seperti ekspositori berbantuan media powerpoint, diskusi, tanya jawab, menonton video pembelajaran, dan workhop lesson anysis untuk kegiatan penelitian pun disajikan dengan sempurna oleh narasumber yang difasilitasi oleh mahasiswa pendidikan dasar angkatan 2017 sebagai team panitia kegiatan kuliah umum. (Asep Ediana Latip @S3 Pendidikan Dasar)

Administrator Pascasarjana UNJ

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *