Pembelajaran Daring atau Cyber Learning Mulai Berjalan di Pascasarjana UNJ

Pembelajaran Daring atau Cyber Learning Mulai Berjalan di Pascasarjana UNJ

Usai peresmian perpustakaan baru, produk sistem penjaminan mutu, dan pembelajaran daring kemaren (18/12/12), bergegas Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengimplementasikan tiga hal tersebut. Perpustakaan yang nyaman dan akses digital mulai dioperasikan, produk sistem penjaminan mutu sebagai panduan penjaminan mutu dan pembelajaran daring dimulai.

Hari ini Rabu (19/12) pembelajaran daring (dalam jaringan) atau sering juga disebut cyber learning di Pascasarjana UNJ dimulai. Pembelajaran daring hari ini melalui teleconference yang dilakukan Program Studi PAUD Magister dan Doktor Pascasarjana UNJ bekerjasama dengan ACER (Australian Council of Educationsl Research).

Pembelajaran daring ini dilakukan dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 12.00 di Ruang Laboratorium Audio Visual lantai 6 Gedung Bung Hatta, Pascasarjana UNJ.

Mahasiswa pascasarjana PAUD melaksanakan pembelajaran daring melalui teleconference dengan Dan Cloney, Ph.D dari Australian Council for Educational Research (ACER). Proses pembelajaran ini dipimpin Dr. Muklas Suseno yang sebelumnya dibuka oleh Prof. Dr. Ivan Hanafi, M.Pd. selaku Wakil Direktur 1 Pascasarjana .

Dalam teleconference ini juga turut berpartisipasi Dr. Abdullah (Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Uweis Khairuman (Kasubdit pembelajaran khusus, Direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan, Kemenristekdikti), Koordinator Program Studi Magister PAUD UNJ Dr. Eliendra Yetti Dosen dan Mahasiswa Program Studi PAUD Magister dan Doktor Pascasarjana UNJ serta perguruan tinggi mitra diantaranya Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta) dan Universitas Muhammadiyah Buya Hamka Jakarta (UHAMKA).

Dalam pembelajaran daring yang berlangsung melalui teleconference ini dimulai dengan presentasi atau pemapaparan mengenai Lingkungan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini di Indonesia oleh Dr. Zarina Akbar dari UNJ. Kemudian Dan Cloney, Ph.D menyampaikan paparannya tentang topik berkaitan dengan riset tentang PAUD, Isue-Isue Kritis Tentang PAUD yang Menjadi Topik Penelitian, dan Menghasilkan Kebijakan Bagi Pemerintah Australia. Setelah pemaparan, kemudian diadakan tanya jawab. Perkuliahan dengan menggunakan bahasa inggris ini berlangsung hidup karena ada banyak pertanyaan dari dosen dan mahasiswa PAUD.

Pembelajaran daring dengan narasumber ilmuwan dari negara lain melalui teleconference ini merupakan langkah baru Pascasarjana UNJ dalam rangka membangun iklim akademik dan bersinergi dengan para ilmuwan di bidangnya secara Internasional. Ini langkah maju yang akan terus berlanjut di semua Program Studi Pascasarjana UNJ. Selamat untuk Pascasarjana UNJ. (bp&ub).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *