PASCASARJANA UNJ MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY

PASCASARJANA UNJ MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY

Menuju World Class University  adalah target ke depan yang akan dicapai oleh  Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Pertemuan antara  Direktur Pascasarjana UNJ, Prof. Dr. Nadiroh, yang didampingi oleh Wakil Direktur III, Prof. Dr. Endry Boeriswati dan Dr. Faisal Madani dari Yayasan Pendidikan Indonesia Wira Tatabuana, menghasilkan sebuah gagasan untuk menginisiasi  terselenggaranya Accreditation Service for International Collages (ASIC). Pertemuan yang berlangsung  di Gedung Bung Hatta Pascasarjana UNJ pada Kamis , 16 Januari 2020 ini digagas sebagai upaya nyata untuk mewujudkan  cita-cita Pascasarjana UNJ  menuju World Class University.

Pada kesempatan itu, Dr. Faisal Madani yang juga merupakan Alumni Pascasarjana UNJ mengungkapkan bahwa untuk menjadi World Class University, akreditasi adalah syarat mutlak. Lebih lanjut ia memaparkan bahwa akreditasi internasional merupakan sebuah pengakuan terhadap kualitas dan kebermutuan sebuah lembaga. Untuk dapat terakreditasi secara internasional, diperlukan self asessment untuk  semua program studi yang ada di lingkungan Pascasarjana. Self asessment tersebut meliputi peninjauan kurikulum, peningkatan mutu  sumber daya akademik, dan peningkatan mutu layanan lembaga.  Selain itu, diperlukan upaya mendorong seluruh sivitas akademika untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi yang berstandar internasionasional. Menurutnya, akreditasi ini mampu mencetak lulusan-lulusan berkualitas yang sangat siap menghadapi berbagai tantangan persaingan global.

Sementara itu, Prof. Dr. Nadiroh selaku Direktur Pascasarjana UNJ yakin  bahwa dengan sinergisitas dan kolaborasi antara semua Program Studi yang ada di lingkungan Pascasarjana UNJ, cita-cita menuju World Class University dapat tercapai. Pascasarjana UNJ bertekad untuk terus berkomitemen meningkatkan mutu  Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui peningkatan kualitas pendidikan, melakukan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan, riset, pengabdian, dan kerjasama.  Hal ini dipertegas oleh Wakil Direktur III Bidang Alumni, Kemahasiswaan, dan Kerjasama, Prof. Dr. Endry Boeriswati,  bahwa untuk mewujudkan itu, diperlukan peran serta berbagai pihak, termasuk kontribusi nyata para alumni.  Ia berharap semoga  pertemuan ini dapat segera ditindaklanjuti agar sistem akademik di Program Studi Pascasarjana dapat diberlakukan  sesuai kriteria  ASIC.

Administrator Pascasarjana UNJ

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *