Mengenal Research Camp Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Lebih Dekat

Mengenal Research Camp Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Lebih Dekat

Telah dilaksanakan Research Camp pada hari Senin hingga Rabu, 15 – 17 Januari 2018 di gedung Bung Hatta, Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Research Camp #002 kali ini merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan sebanyak dua kali, dimana kegiatan Research Camp pertama telah dilaksanakan pada pertengahan bulan Desember 2017. Kegiatan dengan format lokakarya penelitian (research workshop) yang diperuntukkan untuk mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta ini adalah kegiatan yang digagas oleh tim praktisi di bidang penelitian yang didukung dan dimotori oleh (Plh.) Direktur Pascasarjana UNJ, Prof. Dr. Ilza Mayuni, MA. dengan tujuan untuk revitalisasi budaya penelitian di lingkungan institusi pencetak lulusan Magister dan Doktoral ini.
Kegiatan Research Camp ini telah mendapat respon positif sejak pertama kali diadakan. Pada Research Camp #001, terdapat ratusan mahasiswa Pascasarjana UNJ yang terdaftar dan mengikuti rangkaian acara Research Camp #001 yang diselengarakan selama dua hari. Kegiatan Research Camp #002 juga memeroleh tingkat antusiasme yang sama. Dilengkapi dengan Kuliah Umum (Studium Generale) dengan mengundang pembicara dari Curtin University, Australia, Research Camp #002 merupakan kelanjutan dari seri pertama dimana materi-materi yang disampaikan pada lokakarya ini merupakan lanjutan dari materi pada Research Camp perdana, namun tetap memertahankan materi-materi dasar penelitian. Strategi ini dinilai tepat dan penting demi memfasilitasi peserta-peserta baru atau mereka yang ingin
memerdalam materi-materi penelitian dasar.
Kegiatan Research Camp ini dirancang sedemikian rupa sehingga fungsinya bersifat komplementer terhadap mata kuliah bertajuk penelitian di Pascasarjana UNJ. Tim praktisi penelitian Pascasarjana UNJ, yang juga merupakan tim pelaksana kegiatan, mengharapkan agar mahasiswa-mahasiswa bersama dengan seluruh elemen Pascasarjana UNJ lainnya dapat senantiasa mendukung keberlangsungan kegiatan ini sehingga manfaat dari Research Camp dapat terus dirasakan oleh seluruh sivitas akademika Pascasarjana UNJ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *