Red Carpet

PROFIL PROGRAM MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Program Studi S2 Teknologi Pendidikan UNJ menghasilkan Pengembang Media, Desainer Pembelajaran dan Teknolog Kinerja yang mampu mendesain, mengembangkan, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi dalam bidang Teknologi Pendidikan yang berkaitan dengan prakteknya sebagai  pengembang media, desainer pembelajaran dan teknolog kinerja, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan belajar dan pembelajaran di bidang Teknologi Pendidikan melalui pendekatan inter atau multidisiplin.
  3. Mampu mengelola  riset dan pengembangan di bidang Teknologi Pendidikanyang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional maupun internasional.
  1. Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam teknologi pendidikan dengan Kurikulum Program Studi Magister Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta 26 prakteknya sebagai pengembang media, disainer pembelajaran dan teknologi kinerja untuk menghasilkan solusi dalam peningkatan mutu pendidikan untuk kemaslahatan manusia melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang teknologi pendidikan dengan prakteknya sebagai pengembang media, disainer pembelajaran dan teknologi kinerja dengan prakteknya sebagai pengembang media, disainer pembelajaran dan teknologi kinerja berdasarkan profesi bidang teknologi pendidikan yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  3. Mampu memecahkan masalah teknologi pendidikan berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi dengan prakteknya sebagai pengembang media, disainer pembelajaran dan teknologi kinerja melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Mampu menerapkan solusi permasalahan Teknologi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan Teknologi pendidikan melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan dan mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan Internasional;
  5. Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam Teknologi pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan;
  6. Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang Teknologi Pendidikan dengan melakukan penelitian sebagai upaya pengembagan literasi digital ;
  7. Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan pengembangan di bidang teknologi pendidikan bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas teknologi pendidikan di tingkat nasional dan Internasional.

Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99008113 Filsafat Ilmu 3 sks
99008123 Metodologi Penelitian 3 sks
99008133 Statistika 3 sks
99008143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99018023 Orientasi Baru dalam Pembelajaran 3 sks
99018113 Landasan Teknologi Pendidikan 3 sks
99018123 Design Pembelajaran 3 sks
99018133 Teknologi Kinerja 3 sks
99018143 Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar 3 sks
99018153 Kawasan Penelitian Teknologi Pendidikan 3 sks
99018163 Desain Pembelajaran Daring 3 sks
99008183 Orinetasi Baru dalam Psikologi Pendidikan 3 sks
99158193 Kolokium Pendidikan Sejarah 3 sks

Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99018413 Evaluasi Proses dan Hasil Belajar 3 sks
99018423 Teori Komunikasi dan Visualisasi Ide Pembelajaran 3 sks
99018433 Manajemen Kepelatihan 3 sks
Pilih satu Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99008013 Landasan Ilmu Pendidikan 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

Tesis

KODE MATA KULIAH SKS
99008918 Tesis 8 sks

Program Magister Teknologi Pendidikan memiliki akreditasi  B, yang artinya baik.

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

  1. Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  2. Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  3. Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  4. Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  5. Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
  6. Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

 

Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.

  1. Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  2. Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  3. Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  4. Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  5. Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

 

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Pendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang Program Sarjana Nonpendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43– 46