Lokakarya “Persiapan Akreditasi Internasional AQAS”

Lokakarya “Persiapan Akreditasi Internasional AQAS”

Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Tanggal 16 Juli 2020

 

Tujuan  lokakarya persiapan Akreditasi Internasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ)  adalah dalam upaya mewujudkan Worl Class University dengan visi “Menjadi pusat pembelajaran berbasis penelitian tingkat pascasarjana yang beruputasi di kawasan Asia” melalui akreditasai program Magister dan Doktor yang dilakukan lembaga akreditasi asal Jerman, The Agency for Quality Aasurance through the Accreditataion of Study Programmes (AQAS). Dr. Pepen Arifin Kertua Satuan Penjaminan Mutu ITB, sebagai Narasumber dalam warkshop mengatakan bahwa prossedur pelaksanaan akreditasi internasional ini sangat panjang yang dimulai dari penyiapan dokumen yang melalui review untuk melihat keterkaitan anatara Tujuan Prodi, Profile lulusan, PLO dan CLO sehingga semuanya dapat di eavaluasi (bahwa CLO dapat terukur dalam pengetahuan, sikap dan keterampilan sedangkan keterampilan yang sifatnya lebih universal yang sulit diukur dalam CLO maka pengukuran dapat dilakukan dalam atribut yang lebih tinggi ditingkat Universitas), semua ini harus tergambarkan  dalam maping tujuan Prodi vs PLO dalam proses. AQAS sendiri merupakan salah satu agensi akreditasi independen dan profesional asal jerman yang memiliki reputasi di dunia, Dr. Pepen merasa sangat optimis bahwa Pascasarjana UNJ berdasarkan beberapa hasil worhsop penyiapan submit proses internasional akreditasi akan tepat waktu ini ditunjukan motivasi dari  18 Program studi yang ada (Teknologi Pendidikan S2 dan S3, Pendidikan Sejarah S2, Pendidikan Dasar S2 dan S3, Pendidikan Olahraga S2 dan S3, Pendidikan Bahasa S2, Linguistik Terapan S2, Ilmu Pendidikan Bahasa S3, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup S2 dan S3, Manajemen Lingkungan S2, Penelitian dan Eavaluasi Pendidikan S2 dan S3, Pendidikan Anak Usia Dini S2 dan S3, Manajemen Pendidikan S2 dan S3 serta Ilmu Manajemen S3),  Direktur Pasacasarjana Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd. menuturkan langkah akreditasai oleh AQAS diharapkan dapat menjadikan lulusan Pascasarjana Universitas Negeri Jalkarta akan diakui secara Nasional, Regional dan Internasional. Sehingga semua prodi Magister dan Doktor memenuhi standar kualitas internasional dan standar akreditasi.

Pelaksanaan akreditasi internasional ini merupakan  upaya Pascasarjana dalam merespon kebijakan Kemendikbud terkait Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Dimana salah satu Indikatornya adalah tentang akreditasi Internasional sehingga Pascasarjana berkeinginan menjadi yang terdepan dan unggul dalam hal tersebut.  Dengan akreditasi ini diharapkan proses pelayanan yang diberikan oleh Prodi Magister dan Doktor memenuhi standar internasional sehingga berdampak pada layanan mahasiswa dan stake holder yang lain. Direktur Pascasarjana juga menegaskan bahwa manfaat dari akreditasi Internasional merupakan pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang sebagai hasil penilaian bahwa lembaga tersebut telah memenuhi syarat maupun kreteria mutu yang ditetapkan. Sesuai dengan Kebijakan Kemendikbud  mendorong agar perguruan tinggi bisa meraih akreditasi internasional melalui peningkatan kualitas dosen serta mutu pendidikan. Akreditasi internasional dianggap penting sebagai jaminan kuliatas perguruan tinggi dimata publik Internasional. Salah satu manfaat akreditasi internasional itu untuk recognation (pengenalan) sehingga Pascasarjana UNJ juga diketahui oleh perguruan tinggi luar negeri. Selain melakukan  workshop akreditasi Internasional Pasacasarjana UNJ juga melakukan lokakarya pada tanggal 14 sd 16 Juli 2020. Program unggulan yang menuju pada peningkatan Mutu dalam Pembelajaran  dengan menghadirkan beberapa nara sumber Prof. Dr. Atwi Suparman, M. Sc.. Prof. Dr. Ir. Ricahdus Eko Indrajit, M. Sc. MBA. Dan Dr. Uwes Chaeruman, M. Pd, dengan melakukan review hasil penulisan hibah buku ajar oleh para dosen pascasarjana, dalam kesempatan ini  Direktur Pasacsarjana menekan bahwa Proses mencapai mutu  pembelajaran salah satunya dengan “ One lecture, One Book, and One Blended (OLOBB) Pascasarjana” sehingga mutu lulusan Program Magister dan Doktor Pasaacasarjana dapat berperan sebagai paraktisi dan ilmuan dalam bidangnya sesuai dengan Visi Pasacasarjana Universitas Negeri Jakarata.

Pascasarjana menggagas dan berinisiasi dalam mendorong Universitas Negeri Jakarta sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang juga bertanggung jawab dalam melakukan sinergi dengan berbagai pihak dalam pencapaian akselerasi pencapaian mewujudkan  tujuan  pendidikan berkualitas menuju Indonesia Maju 2045. Pascasarjana UNJ yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang memadai dalam membantu dalam memecahkan berbagai permasalan Pendidikan berkualitas di Indonesia.

Direktur

Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd.

Administrator Pascasarjana UNJ

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *