Kunjungan Ural Federal University ke Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Kunjungan Ural Federal University ke Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Memulai era baru dalam pengembangan akademik, administrasi, sumber daya manusia, dan segala hal berkaitan kemajuan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, pada Senin (21/5/18), Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta menerima kunjungan dari Ural Federal University dan Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia, Vitali Glinkin, yang didampingi oleh stafnya, Dian, di Universitas Negeri Jakarta. Adapun kunjungan tersebut berlangsung pada pukul 10.00-12.00 WIB di Ruang Rapat Besar lantai 5 Gedung Bung Hatta Universitas Negeri Jakarta.
Kunjungan Ural Federal University ke Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta hari itu turut mengundang Plt. Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Ilza Mayuni, M.A., Wakil Direktur I Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Ivan Hanafi, M.Pd., Wakil Direktur II Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Dr. Nurhattati Fuad, M.Pd., dan segenap Koorprodi S3 dan S2 Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, antara lain 1) Koorprodi S3 Teknologi Pendidikan, Prof. Dr. Zulfiati Syahrial, M.Pd., 2) Koorprodi S3 Pendidikan Lingkungan, Prod. Dr. I Made Putrawan, 3) Koorprodi S3 Pendidikan Jasmani, Prof. Dr. dr. James Tangkudung, Sport.Med., 4) Koorprodi S3 Linguistik Terapan, Prof. Dr. Emzir, M.Pd., 5) Koorprodi S3 Manajemen Pendidikan, Prof. Dr. Mukhneri Mukhtar, M.Pd., 6) Koorprodi S3 Ilmu Manajemen, Prof. Dr. Hamidah, M.Si., 7) Koorprodi S3 Pendidikan Dasar, Prof. Dr. Zulela, M.S., 8) Koorprodi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Prof. Dr. Makruf Akbar, M.Pd., 9) Koorprodi S3 Pendidikan Anak Usia Dini, Prof. Yufiarti, M.Psi., 10) Koorprodi S2 Pendidikan Lingkungan dan Manajemen Lingkungan, Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd., 11) Koorprodi S2 Teknologi Pendidikan, Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd., 12) Koorprodi S2 Pendidikan Dasar, Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd., 13) Koorprodi S2 Linguistik Terapan, Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd., 14) Koorprodi S2 Pendidikan Anak Usia Dini, Dr. Elindra Yetti, M.Pd., 15) Koorprodi S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Dr. Wardani Rahayu, M.Si., 16) Koorprodi S2 Pendidikan Bahasa, Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd., 17) Koorprodi S2 Pendidikan Jasmani, Dr. Widiastuti, M.Pd., 18) Koorprodi S2 Manajemen Pendidikan, Dr. Martin, M.Pd., 19) Koorprodi S2 Pendidikan Sejarah, Dr. Kurniawati, M.Si., 20) Ketua Gugus Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat, dan Publikasi, Usep Suhud, Ph.D., 21) Ketua Gugus Penjaminan Mutu, Dr. Pinta Deniyanti S., M.Si., 22) Ketua Gugus Informasi, Publikasi, dan Kerjasama, Ubaidillah Badrun, M.Si, dan 23) Kasubag TU, Muktasim, M.Si.
Agenda dalam kunjungan tersebut meliputi presentasi mengenai program pendidikan di Ural Federal University pada jenjang S2 dan S3 yang dipaparkan oleh Vitali Glinkin, Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia dan dilanjutkan dengan diskusi kerjasama pendidikan program Magister dan Doktor. Adapun berdasarkan paparan yang disampaikan oleh Vitali Glinkin dalam presentasinya mengenai program pendidikan di Ural Federal University pada jenjang S2 dan S3, diperoleh informasi mengenai pendaftaran beasiswa program pendidikan pada jenjang S2 dan S3 di Ural Federal University dilakukan setiap bulan Januari dan registrasi beasiswa pada bulan Maret. Selain itu, Glinkin juga menjelaskan bahwa Ural Federal University memberikan kuota sebanyak 161 mahasiswa per tahun bagi mahasiswa dari Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di Ural Federal University berlaku untuk semua program studi pada jenjang S2 dan S3.
Dalam kunjungan tersebut, Glinkin juga menjelaskan bahwa informasi mengenai beasiswa program pendidikan di Ural Federal University pada jenjang S2 dan S3 bagi mahasiswa dari Indonesia dapat dilihat secara terperinci dalam alamat laman Ural Federal University, yaitu http://russia.study/en. Glinkin juga mengemukakan bahwa Ural Federal University membebaskan biaya kuliah sepenuhnya bagi mahasiswa dari Indonesia yang berhasil mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi ke Ural Federal University, di luar biaya hidup selama tinggal di Rusia. Selain itu, Glinkin menjelaskan bahwa jika para profesor di Universitas Negeri Jakarta ingin melakukan penelitian kolaboratif dengan Ural Federal University, tentunya pihak Ural Federal University akan turut mendukung proses penelitian kolaboratif tersebut.
Kunjungan Ural Federal University ke Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta hari itu diakhiri dengan kegiatan saling tukar kenang-kenangan dari Ural Federal University dan Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia, Vitali Glinkin dengan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, dan pemberian plakat dari pihak Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, yang diberikan oleh Wakil Direktur II Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Dr. Nurhattati Fuad, M.Pd. kepada Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia, Vitali Glinkin, serta berfoto bersama dengan para pimpinan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta dan para Koorprodi S3 dan S2 Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.(Dhinar Ajeng Fitriany)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *