KKL Program Studi Magister dan Doktor Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ Ke Thailand

KKL Program Studi Magister dan Doktor Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ Ke Thailand

Jakarta-Bangkok (29/8/-1/9/18). Magister Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini mendorong dan memfasilitasi mahasiswanya untuk memiliki wawasan keilmuan tentang Pendidikan Anak Usia Dini dengan perspektif global. Dalam hal ini, konsep pendidikan usia dini yang diharapkan dapat dikuasai oleh mahasiswa bukan hanya yang ada di dalam negeri, namun juga mempunyai wawasan yang mumpuni terkait isu-isu kritis pendidikan anak usia dini khususnya di wilayah Asia Tenggara. Di samping itu, mahasiswa juga diberi bekal wawasan mengenai berbagai macam metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta penataan lingkungan belajar yang nyaman bagi anak usia dini. Oleh karena itu, pada tanggal 29 Agustus – 1 September 2018, Magister Program Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tahun 2018 di Bangkok, Thailand.

Mengajak Mahasiswa Prodi Pendidikan Usia Dini Untuk Berwawasan Global

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tahun 2018 ini diikuti oleh 30 mahasiswa angkatan 2017 sebagai peserta dan 6 orang mahasiswa angkatan 2016 sebagai panitia. Kegiatan KKL ini didampingi oleh Koordinator Magister Program, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Dr. Elindra Yetti, M.Pd. dan Koordinator Doktor Program, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Prof. Dr. Yufiarti, M. Psi. Dalam rangkaian kegiatan KKL tahun 2018 ini, terdapat 3 tempat utama yang dikunjungi para peserta KKL yaitu Kensington International Kindergarten, Srinakharinwirot University, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok Thailand.

Tempat pertama yang dikunjungi peserta KKL tahun 2018 yaitu Kensington International Kindergarten. Kensington International Kindergarten yang berada di Bangkok, Thailand dipilih menjadi salah satu tujuan KKL karena Kensington International Kindergarten mendapat predikat sebagai salah satu dari 12 Taman Kanak-kanak dengan arsitektur terbaik di dunia. Model pembelajaran di Kensington International Kindergarten menggunakan pendekatan pembelajaran Montessori, Reggio Emilia dan Te Whakiri.  Kurikulum Kensington International Kindergarten berdasarkan Early Years Foundation Stage (EYFS) dan the British National Curriculum. Salah satu ciri khas yang ditemui di Kensington International Kindergarten yaitu menciptakan lingkungan yang positif untuk belajar, di mana anak-anak, orang tua dan guru bersama-sama terlibat dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran dilaksanakan menggunakan metode Play based learning dan Active learning. Lima nilai yang diterapkan  di Kensington International Kindergarten yaitu Open Communication, Profesionalism, Trust, Creativity, dan Raising the Bar. Peserta KKL disambut dan diterima langsung oleh Kepala Sekolah Kensington International Kindergarten yaitu Ms. Beverley Petch. Ms. Beverley menjelaskan program, kegiatan pembelajaran dan keunggulan-keunggulan Kensington International Kindergarten.  Selain itu Ms. Beverley mengajak seluruh peserta KKL berkeliling di seluruh area Kensington International Kindergarten yang menampilkan salah satu arsitektur taman kanak-kanak terbaik di dunia.

Tempat kedua yang menjadi tujuan peserta KKL yaitu Srinakharinwirot University. Di sana, peserta KKL diterima oleh Dr. Somsuda Mathayomchan perwakilan dari Srinakharinwirot University, beliau merupakan salah satu dosen di departemen Kurikulum dan Instruksi Srinakharinwirot University. Peserta KKL dijelaskan tentang program perkuliahan yang dilaksanakan di Srinakharinwirot University dan kebijakan pemerintah Thailand terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini.

Selanjutnya tempat terakhir yang dikunjungi oleh peserta KKL tahun 2018 yaitu Kedutaan Besar Indonesia di Bangkok, Thailand. Pada pertemuan ini, pihak KBRI di Bangkok, Thailand diwakili oleh Bapak Olih Sodikulhikmah selaku Kepala Sekolah SIB (Sekolah Indonesia Bangkok). Beliau menjelaskan tentang keberadaan SIB, dari sisi program dan tenaga pendidik.

Koordinator Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana Uiversitas Negeri Jakarta menegaskan bahwa program KKL ini akan menjadi program rutin Prodi Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ, karena sangat dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa peserta KKL terkait dengan konsep PAUD dan melatih berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional dalam forum akademis.

Administrator Pascasarjana UNJ

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *