PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING

RATIH KUSUMAWARDANI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui pendekatan Brain Based Learning; dan (2) mengetahui proses penerapan pendekatan Brain Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan dengan dua siklus. Data diperoleh melalui metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata kreativitas tujuh anak kelompok A saat asesmen awal sebesar 11,61% dan meningkat menjadi 48,21% di akhir siklus 2; dan (2) pendekatan Brain Based Learning yang diterapkan melalui tujuh tahap dan tiga unsur pembelajaran yang sesuai dengan kinerja alami otak telah berhasil meningkatkan kreativitas. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas anak kelompok A di PAUD Izzati Serang Banten mengalami peningkatan sebesar 36,61% setelah diberikan tindakan berupa pendekatan Brain Based Learning.

Keywords


kreativitas; pendekatan Brain Based Learning; anak kelompok A

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.