MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MIND MAP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR BEKASI UTARA

Nur Astriany Nur Astriany

Abstract


This research as Observational As Action brazes that intent for meningka t yielding cannikin   studying   student   class   IV.   in   learning   knowledge   science   nature   via   purpose   mind map   at   elementary school   Mulya   VI   Bekasi Subjek   in   research   this   are   student   class   IV.   Elementary school that total 32 students. Research happens on Schools Year i. semester 2012 2013. Acquired learned result of observational it is mark sense result step-up study student by use of Mind Folder. For action watcher percentage experience ascension as much 15% of i. cycles until cycles II.. There is percentage even i. cycle data which is 70% and cycle data percentages II. are 85%.  Besides essays IPApun's studying result experience ascension as much 18,75% yai t u ascension essays to usufruct studying on cycle   I. as big as   62,5% as 81,25% on cycle   II..  On instrument essays, exceeding expected target which is as big as 80% of total all student who can reach minimal thoroughness criterion default. Thus can be declared for that by use of Mind Folder therefore student studying result experiences step-up.   That thing is proved with marks sense score percentage step-up attainment on every its cycle .

Keyword: Learning outcome natural sciences, mind map, elementary school

Abstrak, Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam melalui penggunaan mind map di Sekolah Dasar Negeri  Mulya VI Bekasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 32 siswa. Penelitian berlangsung pada semester I Tahun Ajaran 2012-2013. Hasil belajar yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Mind Map. Untuk persentase pemantau tindakan mengalami kenaikan sebanyak 15% dari siklus I sampai siklus II. Adapun persentase data siklus I yaitu 70% dan persentase data siklus II adalah  85%.  Selain  itu  tes  hasil  belajar  IPA  pun mengalami  kenaikan  sebanyak  18,75%  yaitu kenaikan  tes  hasil  belajar  pada  siklus  I sebesar  62,5%  menjadi  81,25%  pada  siklus  II.  Pada instrumen tes, melebihi target yang diharapkan yaitu sebesar 80% dari jumlah seluruh siswa yang mampu mencapai standar KKM. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan Mind Map maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor pencapaian pada tiap siklusnya.

Kata Kunci: Hasil belajar ilmu pengetahuan alam , mind map, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________________

Indexed By  :

                                         

 

 

Publisher ; Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

 Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Dasar is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.