PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG EKOSISTEM MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KABUPATEN TANA TIDUNG

Yulis Suwandi Yulis Suwandi

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to obtain empirical data on the use of learning methods Problem Based Learning (PBL) in improving learning outcomes Natural Sciences on the ecosystem. This study was conducted in primary schools to research subjects fifth grade students totaling 30 people. This research is an action using a model Kemmis and McTaggart, conducted in two cycles. The results showed an increase in the value of this is evidenced by the Natural Sciences learning outcomes of students in the first cycle is 60% of students who tuntasdengan average grade 68, increased in the second cycle at 90% of students who completed with an average grade teachers 78. Activities and students according to the steps of this method reach 100% (mastery learning) at the end of the second cycle. The conclusion of this study indicate that the use of methods Problem Based Learning (PBL) can improve learning outcomes Natural Sciences.

 

Keyword: Learning Outcomes Natural Sciences, Methods Of Problem Based Learning  (PBL), Ecosystems

 

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang pemanfaatan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA tentang ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar yang dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada siklus I yaitu 60% siswa yang tuntasdengan rata-rata kelas 68, meningkat pada siklus II mencapai 90% siswa yang tuntas dengan rata-rata kelas 78. Aktivitas guru dan siswa sesuai langkah-langkah metode ini mencapai 100% (mastery learning) pada akhir siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam.

 

Kata kunci: Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam, Metode Problem Based  Learning  (PBL), Ekosistem


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Ahmad, Abu, Supatmo. 1998. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Amir, M Taufiq. 2009. Inovasi PendidikanMelalui Problem Based learning. Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

Asrori, Mohammad. 2012. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV Wacana Prima.

Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan. Yogyakarta: Kepel Press.

Jihad, Asep, Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Jufri, Wahab. Belajar 2013. Pembelajaran SAINS. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Mulyasari, Annisa Septiyani. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Problem Based Learning (PBL) Materi Gaya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Begalon 1 No 240 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.

Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.

Siregar, Eveline, Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Surif, Johari, dkk.2013. Implementation of Problem Based Learning in Higher Education institutions and Its Impact on Students’ Learning. The 4th International Research Symposium on Problem-Based Learning (IRSPBL): 66-73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________________

Indexed By  :

                                         

 

 

Publisher ; Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

 Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Dasar is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.