PENINGKATAN PENGUASAAN KANJI DENGAN METODE NEMONIK MELALUI MULTIMEDIA

Sherly Ferro Lensun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang proses dan hasil peningkatan penguasaan kanji dengan metode mnemonik melalui multimedia. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan Action Research yang dikembangkan oelh Kemmis dan Mc. Taggart yaitu model spiral dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado, dengan jumlah mahasiswa 29 orang.
Hasil penelitian ini adalah (1) penguasaan kanji yang terdiri dari empat aspek yaitu membaca, menulis, penggunakan dalam kalimat dan mengingat menunjukkan peningkatan dari waktu ke waktu. (2) Keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran meningkat seiring dengan teridentifikasinya beberapa perilaku secara menonjol seperti merespon latihan melaksanakan tugas dalam kelas, meningkatnya atensi yang dibuktikan dengan perilaku aktif bertanya atau meminta penjelasan kepada dosen, menghafal dalam menggunakan kartu kanji, membuat tugas rumah/kartu kanji, serius mengerjakan latihan di dalam kelas, serta mengerjakan tugas kelas secara tepat waktu. (3) Tugas dan kegiatan pembelajaran yang dikemas dalam metode mnemonik dalam bentuk gambar dan warna yang menarik pada multimedia membuat mahasiswa mampu mengevaluasi sendiri pembelajaran mereka seperti ketika membuat kanji, melakukan langkah-langkah penulisan, memeraktikan cara baca, bushu, kakusuu dan hitsujun. Namun terjadi perilaku kurang aktif dalam hal mengajukan pertanyaan/meminta penjelasan dan menyampaikan balikan. Hal ini teridentifikasi pada siklus kedua disebabkan keraguan mereka ketika diharuskan menghafal kanji. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara menciptakan variasi dalam pelaksanaan latihan sehingga kebosanan terhindarkan. Umumnya mahasiswa memberikan kesan positif dari penerapan metode mnemonik dengan memanfaatkan sarana multimedia.

Keywords


Kanji; Action Research; Mnemonik; Multimedia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.