PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTATIF

Soni Tantan Tandiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh teknik pembelajaran (mind mapping, jurnal) dan kemampuan berpikir (kritis, kreatif) terhadap keterampilan menulis argumentatif bahasa Inggris mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Siliwangi. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Hasil tes keterampilan menulis argumentatif dan hasil tes kemampuan berpikir dianalisis menggunakan desain ANOVA dua jalur pada taraf signifikansi 0,05. Dengan multistage random sampling dipilih sampel sebanyak 52 orang dari populasi sebanyak 188 orang. Temuan penelitian menunjukkan: (1) keterampilan menulis argumentatif dengan pembelajaran teknik mind mapping lebih baik daripada dengan teknik jurnal; (2) keterampilan menulis argumentatif dengan kemampuan berpikir kritis lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif; (3) terdapat interaksi antara teknik pembelajaran, kemampuan berpikir dan keterampilan menulis argumentatif; (4) keterampilan menulis argumentatif dengan kemampuan berpikir kritis, belajar dengan teknik mind mapping lebih baik daripada dengan teknik jurnal; (5) keterampilan menulis argumentatif dengan kemampuan berpikir kreatif, belajar dengan teknik mind mapping lebih rendah daripada dengan kemampuan berpikir kreatif dengan teknik jurnal; (6) keterampilan menulis argumentatif dengan kemampuan berpikir kritis, belajar dengan teknik mind mapping lebih baik daripada dengan teknik jurnal; (7) keterampilan menulis argumentatif dengan kemampuan berpikir kreatif, dengan pembelajaran teknik mind mapping lebih rendah daripada dengan teknik jurnal.

Keywords


keterampilan menulis argumentatif; teknik mind mapping; teknik jurnal; kemampuan berpikir kritis; kemampuan berpikir kreatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.