Inovasi Penelitian Bahasa Hadapi Era Industri 4.0

Inovasi Penelitian Bahasa Hadapi Era Industri 4.0

“Kuliah Umum Program Magister dan Doktor Pendidikan Bahasa dan Linguistik Terapan”
Di era digital saat ini, setiap bidang keilmuan mengalami perkembangan. Setiap perkembangan ilmu bahasa tidak lepas dari riset atau penelitian. Perkembangan keilmuan ditandai dengan munculnya berbagai inovasi di bidang ilmu tertentu. Perkembangan ilmu bahasa ditandai dengan inovasi pengajaran dan pembelajaran bahasa. Menyongsong era ini, Program Magister dan Doktor Pendidikan Bahasa bersama Magister Linguistik Terapan Universitas Negeri Jakarta mengggelar Seminar Nasional bertajuk “Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Berbasis Riset” di Lantai 5 Gedung Bung Hatta Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 27 September 2018.
Hadir sebagai pembicara, Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Fuad Abdul Hamied., MA., Ph.D. menyampaikan untuk menghadapi era industri saat ini. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah pengembangan keterampilan riset abad 21 dengan mampu berpikir kritis, memecahkan masalah rumit, terbuka dalam berkreativitas, berpikir entrepreneurial dalam berkomunikasi dan berkolaborasi, hingga memanfaatkan pengetahuan, informasi dan peluang secara inovatif.
Ia menyampaikan bahwa hal yang patut menjadi perhatian adalah bagaimana kita sebagai calon pendidik paham bahwa mengajar yang baik adalah yang cocok dengan bagaimana siswa belajar. “Pembelajaran dan pengajaran yang bersebelahan dengan cara pemerolehan bahasa tidak akan berhasil,” imbuh alumni Program Magister dan Doktor Southern Illinois Univeristy USA ini.
Narasumber selanjutnya datang dari Kota Venice Van Java, Semarang. Prof. Dr. Rustono, M.Hum menyuguhkan konsep baru terkait penelitian bahasa di era industri saat ini. Penelitian bahasa di era disrupsi perlu meningkatkan perhatian terhadap pengembangan kemampuan siswa. “Era disrupsi mendorong lahirnya profesi-profesi baru, mental sosial baru, hubungan sosial baru, dan peningkatan kemampuan bersaing di tingkat global” tambahnya.
Kordinator Program Studi Program Magister Pendidikan Bahasa, Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd mengatakan seminar ini dapat memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai inovasi pengajaran dan pembelajaran bahasa berbasis riset serta wawasan dan pengetahuan untuk memperoleh topik penelitian. Harapannya, mahasiswa mampu termotivasi untuk memajukan pendidikan khususnya pendidikan bahasa dan lebih semangat dalam mengembangkan diri sebagai calon pendidik.
Hadir pula, Direktur Pascasarjana Univeristas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Ilza Mayuni, M.A sekaligus membuka acara Seminar Nasional secara resmi Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan cenderamata oleh Kordinator Program Magister Pendidikan Bahasa, Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd. dan Kordinator Program Magister Linguistik Terapan, Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd kepada para narasumber dan diakhiri dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *