Lapor Pasca

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_single_image image=”5891″ img_size=”4200×2550″ alignment=”center” onclick=”link_image” css_animation=”appear”][vc_tta_accordion style=”outline” shape=”square” color=”mulled-wine” spacing=”3″ c_position=”right” active_section=”1″ no_fill=”true” title=”PROFIL PROGRAM DOKTOR PENDIDIKAN JASMANI”][vc_tta_section title=”DESCRIPTION STUDIES PROGRAM” tab_id=”1530764492268-b68bb106-a311″][vc_column_text]

Deskripsi Prodi

Program Magister Pendidikan Sejarah didirikan pada tanggal 21 Oktober 1993. Prodi pendidikan sejarah adalah satu diantara yang tertua di lingkungan Pascasarjana Unj. Program Magister pendidikan Sejarah didirikan oleh Prof. Dr. Diana Nomida, M.Pd. pada tahun 1993, yang mana Prodi Pendidikan Sejarah adalah prodi perpecahan dari prodi Teknologi Pendidikan Progam magister.  Semenjak didirikan pada tahun 1993 hingga tahun 2010 prof. Dr. Diana Nomida, M.Pd bertanggung jawab menjadi Koorprodi .

Tahun 2010 Koordinator Prodi diganti oleh Prof. Dr. Tuti Nuriah Erwin, M.Pd. hingga 2017. Tahun 2017 hingga saat ini koordinator prodi dilanjutkan oleh Dr. Kurniawati, M.Si.

Program Studi Pendidikan Sejarah menyiapkan lulusannya sebagai dosen, peneliti, penulis dan pengembang pendidikan sejarah.[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”STUDENT PROGRAM LECTURERS” tab_id=”1530764492269-a97477e6-b140″][vc_column_text]

Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah

NO NAMA STATUS
1 Dr. Kurniawati,M.Si. Dosen Tetap
2 Dr. Abdul Syukur, M.Si. Dosen Tetap
3 Dr. Umasih, M.Hum. Dosen Tetap
4 Dr. Corry Iriani Rochalina, M.Pd Dosen Tetap
5 Dr. Nurzengky Ibrahim, M.M. Dosen Tetap
6 Dr. Nur’aeni Marta, M.Hum. Dosen Tetap

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”AIM STUDY PROGRAM ” tab_id=”1530765064040-caece16b-0d22″][vc_column_text]

Tujuan Prodi

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang, mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran sejarah dalam lingkungan formal dan non formal.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian, pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan sejarah serta memublikasikannya di tingkat nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan lulusan yang kompetitif, kooperatif dan bertanggungjawab dalam bidang pendidikan sejarah.

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”OUT COME BASE EDUCATION” tab_id=”1530765062659-7d6fba46-3e8e”][vc_column_text]

Capaian Pembelajaran

  1. Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam pendidikan Sejarah dengan prakteknya sebagai pengembang model pendidikan sejarah yang berlandasakan nilai, norma, prinsip, teori, konsep dan fakta sejarah yang objektif untuk menghasilkan solusi dalam peningkatan mutu pendidikan untuk kemaslahatan manusia melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
  2. Mampu melahirkan pengetahuan yang bernilai sejarah sebagai hasil pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam dengan prakteknya sebagai pengembang model inovatif pembejaran sejarah, pengembang media, disainer pembelajaran sejarah berdasarkan profesi bidang teknologi pendidikan sejarah yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  3. Mampu memecahkan masalah dari beragam isu kontemporer terkait pembelajaran sejarah sebagai pengetahuan tentang masa lalu dan pembelajaran sejarah sebagai wahana pembentukan karakter;
  4. Mampu menerapkan solusi permasalahan pendidikan sejarah yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan kurikulum pendidikan sejarah yang dapat mewariskan nilai-nilai perjuangan bangsa yang dapat menumbuhkan nasionalisme dan patriotisme melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan dan mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan Internasional;
  5. Mampu menerapkan pembelajaran sejarah yang inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktikpedagogis dalam Pendidikan Sejarah dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam memperkuat rasa kebangsaan dalam NKRI;
  6. Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan sejarah dengan melakukan penelitian sebagai upaya pengembagan literasi sejarah dan literasi digital;
  7. Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan sejarah bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas teknologi pendidikan di tingkat nasional dan Internasional.

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”COURSE” tab_id=”1530765059776-21bdf663-b42a”][vc_column_text]

  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99008113 Filsafat Ilmu 3 sks
99008123 Metodologi Penelitian 3 sks
99008133 Statistika 3 sks
99008143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99158113 Evaluasi, Proses dan Hasil Belajar Sejarah 3 sks
99158123 Pengembangan Desain Pembelajaran Sejarah 3 sks
99158133 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sejarah 3 sks
99158143 Filsafat dan Metodologi Sejarah 3 sks
99158153 Isu-isu Kontemporer dalam Sejarah Indonesia 3 sks
99158183 Orientasi Baru Dalam Pembelajaran 3 sks
99158193 Kolokium Pendidikan Sejarah 3 sks

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99158413 Sejarah Lokal sebagai sumber Belajar 3 sks
99158423 Teori Sosial dalam Penelitian Sejarah 3 sks
99158433 Isu-isu Kritis dalan Pembelajaran Sejarah 3 sks
Pilih dua Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99008013 Landasan Ilmu Pendidikan 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

  • Tesis

KODE MATA KULIAH SKS
99008918 Tesis 8 sks

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”ACCREDITATION” tab_id=”1530765057372-eb06c628-2f2e”][vc_column_text]Program Magister Pendidikan  Sejarah memiliki akreditasi  A, yang artinya sangat memuaskan.

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”CURRICULUM” tab_id=”1615016785191-879dbec3-be64″][vc_column_text]

Kurikulum Program Studi Magister Pascsarjana Universitas Negeri Jakarta

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

  • Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah(CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  • Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  • Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  • Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  • Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
  • Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

 

Kurikulum Program Magister

Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.

  • Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  • Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  • Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  • Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  • Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

 

Beban Studi Program Magister

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

   Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

   Program Sarjana Pendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

Program Sarjana Nonpendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43– 46

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”PHOTOS ACTIVITIES ” tab_id=”1615016830962-743a82da-ecfc”][vc_column_text]

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”PROGRAM STUDY ACHIVEMINT” tab_id=”1615016847159-983f67f0-8145″][vc_column_text]-[/vc_column_text][/vc_tta_section][/vc_tta_accordion][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_wp_text title=”Program Studi Magister (S2)”]

[/vc_wp_text][vc_wp_text title=”Program Studi Doktor (S3)”]

[/vc_wp_text][/vc_column][/vc_row]