Lapor Pasca

[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text][vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_single_image image=”5894″ img_size=”4200×2550″ alignment=”center” onclick=”link_image” css_animation=”appear”][vc_tta_accordion style=”outline” shape=”square” color=”mulled-wine” spacing=”3″ c_position=”right” active_section=”1″ no_fill=”true” title=”PROFIL PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN LINGKUNGAN”][vc_tta_section title=”DESKRIPSI PRODI” tab_id=”1530764492268-b68bb106-a311″][vc_column_text]

Deskripsi Prodi

Magister Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) adalah sebuah program studi yang memiliki tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memahami dan peduli terhadap lingkungan hidup.

 

Lulusan Program Studi Magister PKLH diharapkan dapat menjadi pendidik, konsultan, atau ahli di bidang pendidikan sebagai upaya untuk mendukung program pembangunan berkelanjutan.

 

Program Magister PKLH memiliki peran dalam mendukung upaya pemerintah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat berkaitan dengan lingkungan hidup melalui penelitian dan pengabdian. Penelitian yang dihasilkan oleh lulusan Magister PKLH diharapkan dapat diimplementasikan di sekolah, universitas dan masyarakat sebagai sebuah solusi untuk mengatasi berbagai masalah lingkungan.[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”DOSEN PROGRAM STUDI” tab_id=”1530765068160-6718c317-6b26″][vc_column_text]

Dosen Program Studi Manajemen Lingkungan

NO NAMA STATUS
1 Dr. Arif Saifudin Dosen Tetap
2 Dr. Samadi, M.Si. Dosen Tetap
3 Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si. Dosen Tetap
4 Dr. Dian Alfia Purwandari, SE, M.Si. Dosen Tetap
5 Dr. Oot Hotimah, M.Si. Dosen Tetap

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”TUJUAN PRODI” tab_id=”1530765064040-caece16b-0d22″][vc_column_text]

TUJUAN PRODI

  1. Mahasiswa mampu menganalisis berbagai permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia
  2. Mahasiswa mampu berkontribusi dalam upaya program pembangunan berkelanjutan melalui hasil riset terkini
  3. Mahasiswa mampu untuk menciptakan solusi berbagai permasalahan lingkungan melalui riset dan pengembangan teknologi pembelajaran sesuai kebutuhan abad 21

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”CAPAIAN PEMBELAJARAN” tab_id=”1603125759878-24ce9841-8d85″][vc_column_text]

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Mampu mengembangkan teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi informasi dalam pendidikan lingkungan dimana aspek kependudukan menjadi kompenen utama dalam mencapai kualitas lingkungan dengan prakteknya sebagai ahli kependudukan, ahli lingkungan yang dapat memberikan solusi dalam pencapaian pembangunan perkelanjutan pada aspek pendidikan, kependudukan dan lingkungan untuk kemaslahatan manusia melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang pendidikan lingkungan dengan prakteknya sebagai pendidik dan pelatih serta peneliti di bidang pendidikan lingkungan dimana aspek kependudukan menjadi kompenen utama dalam mencapai kualitas lingkungan yang memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  3. Mampu memecahkan masalah sosial dan lingkungan berdasarkan teori pedagogi, literasi, teknologi informasi kependudukan dan lingkungan hidup di mana aspek kependudukan menjadi kompenen utama dalam mencapai kualitas lingkungan melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Mampu menerapkan solusi permasalahan pembelajaran lingkungan baik monolitik maupun integrative pada jenjang perguruan tinggi, sekolah, dan luar sekolah di semua jenjang yang sesuai tuntukan lokal. Regional, nasional dan global melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan dan mendapatkan pengakuan nasional dan Internasional;
  5. Mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam pengarusutamaan pendidikan lingkungan pada berbagai mata kuliah dan mata pelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi tercapainya target SD’S Indonesia;
  6. Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan lingkungan dengan melakukan penelitian sebagai upaya pengembagan literasi digital;
  7. Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan pengembangan di pendidikan lingkungan bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui pada tingkat nasional dan Internasional.

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”MATA KULIAH” tab_id=”1609141923417-493eac8b-89e5″][vc_column_text]

  • Mata Kuliah Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99008113 Filsafat Ilmu 3 sks
99008123 Metode Penelitian 3 sks
99008133 Statistika 3 sks
99008143 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99078013 Kajian Kependidikan, Kependuduka dan Lingkungan Hidup 3 sks
99078113 Ekologi dan Ilmu Lingkungan 3 sks
99078123 Strategi dalam Pembelajaran PKLH 3 sks
99078133 Psikologi Lingkungan 3 sks
99078143 Analisis Sistem Lingkungan 3 sks
99078153 Pendidikan Mitigasi Bencana 3 sks
99078183 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan 3 sks
99078193 Kolokium  Pendidikan Lingkungan 3 sks

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99078413 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam PKLH 3 sks
99078423 Studi Kependudukan dan Penataan Ruang 3 sks
Pilih dua mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99008013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

  • Tesis

KODE MATA KULIAH SKS
99008918 Tesis 8 sks

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”AKREDITASI” tab_id=”1530765059776-21bdf663-b42a”][vc_column_text]Program studi Magister Pendidikan  Lingkungan (PL) merupakan salah satu prodi yang dikelola pascasarjana yang terakreditasi A di 2930/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2016. Berikut dokumen akreditasinya.Akreditasi S2M PKLH[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”KURIKULUM” tab_id=”1530765057372-eb06c628-2f2e”][vc_column_text]

Kurikulum Program Studi Magister Pascsarjana Universitas Negeri Jakarta

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

  • Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah(CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  • Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  • Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  • Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  • Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
  • Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

 

Kurikulum Program Magister

Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.

  • Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  • Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  • Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  • Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  • Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

 

Beban Studi Program Magister

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

   Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

   Program Sarjana Pendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

Program Sarjana Nonpendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43– 46

[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”FOTO-FOTO KEGIATAN” tab_id=”1530765553714-3ae207fc-0b47″][vc_column_text]

Gambar 1. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Lingkungan Berkunjung ke IPAL Komunal, Denpasar

Gambar 1. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Lingkungan Berkunjung ke IPAL Komunal, Denpasar

 

Gambar 2. Penyerahan Plakat dari Pihak Pasca Sarjana untuk Pihak IPAL Komunal, Denpasar

Gambar 2. Penyerahan Plakat dari Pihak Pasca Sarjana untuk Pihak IPAL Komunal, Denpasar

 

Berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menuntut tanggung jawab moral dan sosial untuk menerapkan ilmu, mahasiswa program magister (S2) Program Studi Pendidikan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta bermaksud menyelenggarakan kegiatan : KULIAH KERJA LAPANGAN dengan mengusung tema:  Pendidikan  Kearifan Lokal Menuju SDS’s. Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa S2 Program Studi Pendidikan Lingkungan 2017 dilaksanakan pada hari Jumat – Senin : 11 – 14 April 2018 yang dilaksanakan di Bali.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_wp_text title=”Program Studi Magister (S2)”]

[/vc_wp_text][vc_wp_text title=”Program Studi Doktor (S3)”]

[/vc_wp_text][/vc_column][/vc_row]