Education Technology

Red Carpet

Deskripsi Prodi

Program Studi Teknologi Pendidikan pada jenjang Pascasarjana (S2 dan S3) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan Program Studi pascasarjana pertama di Indonesia yang diselenggarakan secara terstruktur.

Program ini dimulai pada bulan Februari 1978, diikuti oleh 22 mahasiswa dengan perkuliahan yang diberikan oleh dosen tamu dari Amerika Serikat, dengan bantuan teknis dari USAID melalui Pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Pustekkom Diknas). Pembukaan program studi ini merupakan salah satu implementasi dari Keputusan Rapat Koordinasi Teras Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 22 Agustus 1975.

Pada awal diselenggarakannya, program studi Teknologi Pendidikan di IKIP Jakarta pada jenjang S1, S2 dan S3 adalah merupakan program studi yang berkesinambungan. Hal ini merupakan kesempatan dalam rangka Project Loan Agreement No.497-040 USAID melalui Educational Communication Development (ECD Project) yang dikelola oleh Pustekkom Diknas. Khusus komponen pendidikan dan pelatihan dalam proyek tersebut diselenggarakan oleh IKIP Jakarta dengan bantuan teknis yang dikoordinasikan oleh Syracuse University. Kurikulum dan para dosennya mengacu pada kesepakatan University Consortium for Instructional Development and Technology (UCIDT), ECD project tersebut dinilai berhasil, dan kemudian diperpanjang dengan technical service sub-contract No. 497-80.100.27 USAID yang pelaksanaannya dikoordinasikan oleh University of Southern California.

Pada tahun 1980 dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasio IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang disahkan adalah Fakultas Pascasarjana. Pada tahun 1991 Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta diubah menjadi Program Pascasarjana yang menyelenggarakan Program Magister dan Doktor. Termasuk di dalamnya Program Doktor Teknologi Pendidikan sebagai Program Studi tertua dan pertama.

Mampu merancang (desainer) serta mengembangkan pembelajaran  di berbagai tingkatan pendidikan.

Mampu menjadi peneliti (researchher) di bidang pendidikan dan pembelajaran yang dapat memecahkan permasalahan-permasalahan dalam kawasan Teknologi Pendidikan

Mampu menjadi Pengevaluasi (evaluator) program pendidikan. Evaluasi  untuk tujuan penjaminan mutu program pendidikan berkelanjutan.

Mampu menjadi pemimpin dan pengelola, menjadi pengembang Teknologi Pendidikan yang profesional.

Ahli-ahli (subspecialist) dibidang Tehnologi Pendidikan yang profesional sesuai dengan standar dan kualifikasi nasional maupun internasional, yang dapat mencakupi:

  • Instructional design development,
  • Educational Innovation & diffusion  development Subspecialist,
  • Education Program evaluation
  • Educational Multimedia Development
  • learning organization development
  • Teaching and Learning development,
  • Pedagogy development

Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan

 

NO NAMA STATUS
1 Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd. (PENSIUN) Dosen Tetap
2 Prof. Dr. Basuki Wibawa Dosen Tetap
3 Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd. Dosen Tetap
4 Prof. Dr. Zulfiati Syahrial, M.Pd. DPK
5 Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd. Dosen Tetap
6 Dr. Ir. Rusmono, M.Pd. Dosen Tetap
7 Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd. Dosen Tidak  Tetap

Teknologi Pendidikan yang mampu merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi model maupun sistem pendidikan dan pembelajaran melalui riset berkelanjutan untuk mengatasi masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran melalui riset dan kajian ilmiah dengan pendekatan teknologi tepat guna dan etika profesi.

Capaian Pembelajaran

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan tentang teori pedagogi, literasi, manfaat teknologi dan atau seni baru tentang informasi dalam bidang ilmu Teknologi Pendidikan, untuk menghasilkan solusi bagi peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan transdisipliner;
  2. Mampu mengembangkan keilmuan Teknologi Pendidikan atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, inovatif, original, dan teruji;
  3. Mampu memecahkan masalah sains, teknologi dan atau seni terkait pada bidang Teknologi Pendidikan berdasarkan nilai. Prinsip teori dan konsep pedagogi, literasi, teknologi informasi melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner dan tansdisipliner yang menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Mampu mengembangkan teori baru terkait IPTEKs dalam menghasilkan temuan inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis dalam pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat;
  5. Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan bidang keilmuannya bermanfaat bagi pengembangan Teknologi Pendidikan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupuan internasional.

Kompetensi Umum 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks
PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
PPS 703 Statistika II 3 sks

 Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
TP 701 Kecederungan dalam Teknologi Pendidikan 3 sks
TP 702 Kepemimpinan dalam Organisasi Belajar 3 sks
TP 703 Difusi dan Inovasi Pendidikan 3 sks
TP 704 Teori, Model dan Keputusan dalam Teknologi Pendidikan 3 sks
TP 705 Evaluasi Program 3 sks
TP 706 Pengembangan Sistem Pembelajaran 3 sks
TP 707 Sistem Informasi Manajemen 3 sks
PPS 799 Disertasi 14 sks

 

 

Kompetensi Pendukung 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks
PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

 Matrikulasi 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 601 Orientasi Baru dalam Psikologi  Pendidikan* 3 sks
PPS 602 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* 3 sks
TP 601 Disain Pembelajaran** 3 sks
TP 602 Manajemen dalam Teknologi Pendidikan** 3 sks
*    Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan
**  Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi 

Program Doktor Teknologi Pendidikan memiliki akreditasi  B, yang artinya baik.

Kompetensi Umum 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 701 Filsafat Ilmu II 3 sks
PPS 702 Metodologi Penelitian Lanjutan 3 sks
PPS 703 Statistika II 3 sks

 Kompetensi Utama

KODE MATA KULIAH SKS
TP 701 Kecederungan dalam Teknologi Pendidikan 3 sks
TP 702 Kepemimpinan dalam Organisasi Belajar 3 sks
TP 703 Difusi dan Inovasi Pendidikan 3 sks
TP 704 Teori, Model dan Keputusan dalam Teknologi Pendidikan 3 sks
TP 705 Evaluasi Program 3 sks
TP 706 Pengembangan Sistem Pembelajaran 3 sks
TP 707 Sistem Informasi Manajemen 3 sks
PPS 799 Disertasi 14 sks

 

 

Kompetensi Pendukung 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 704 Isu-Isu Kritis dalam Pendidikan 3 sks
PPS 705 Orientasi Baru dalam Pedagogik 3 sks

 Matrikulasi 

KODE MATA KULIAH SKS
PPS 601 Orientasi Baru dalam Psikologi  Pendidikan* 3 sks
PPS 602 Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan* 3 sks
TP 601 Disain Pembelajaran** 3 sks
TP 602 Manajemen dalam Teknologi Pendidikan** 3 sks
*    Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan
**  Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi