[vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text][vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_single_image image=”5903″ img_size=”4200×2550″ alignment=”center” onclick=”link_image” css_animation=”appear”][vc_tta_accordion style=”outline” shape=”square” color=”mulled-wine” spacing=”3″ c_position=”right” active_section=”1″ no_fill=”true” title=”PROFIL PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN”][vc_tta_section title=”DESKRIPSI PRODI” tab_id=”1530764492268-b68bb106-a311″][vc_column_text]
Deskripsi Prodi
Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (Pascasarjana UNJ) didirikan pada tahun 1978 merupakan Program Pascasarjana terstruktur pertama di lingkungan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia. Pada tahun 1980 dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasi IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang disahkan adalah Fakultas Pascasarjana. Program Studi S2 Manajemen Pendidikan resmi diselenggarakan pada tanggal 7 September 1982 dengan Nomor SK Pendirian Program Studi SK Presiden No. 45/1982, SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0311/O/1991 dan Nomor SK Izin Operasional SK Dirjen Dikti No. 590/DIKTI/Kep/1993, SK Dirjen Dikti No. 136/Dikti/Kep/2007, SK. Rektor UNJ No. 9554/D/T/K-N/2011 pendidikan yang diselenggarakan meliputi Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Mulai tahun 1996 Program Studi Manajemen Pendidikan baik program S2 maupun S3 diselenggarakan di IKIP Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Pendirian PS Nomor 590/DIKTI//Kep/1993.
Program Studi S2 Manajemen Pendidikan UNJ menghasilkan pendidik, konsultan, manajer, peneliti dan tenaga kependidikan secara professional di bidang manajemen pendidikan.[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”DOSEN PROGRAM STUDI” tab_id=”1530765068160-6718c317-6b26″][vc_column_text]
Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan
NO | NAMA | STATUS |
1 | Prof. Dr. Eliana Sari, MM. | Dosen Tetap |
2 | Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. | Dosen Tetap |
3 | Dr. Heru Santosa, M.Pd. | Dosen Tetap |
4 | Dr. Masduki Ahmad, S.H., M.M. | Dosen Tetap |
5 | Dr. Siti Rochanah, M.M. | Dosen Tetap |
6 | Dr. H. Sugiarto, M.A. | Dosen Tetap |
7 | Prof. Dr. Sarkadi, M.Si. | Dosen Tetap |
8 | Dr. Matin, M.Pd. | Dosen Tetap |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”TUJUAN PRODI” tab_id=”1530765059776-21bdf663-b42a”][vc_column_text]
Tujuan Prodi
- Sebagai praktisi dengan kemampuan menggunakan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang manajemen pendidikan secara profesional yang meliputi: sebagai tenaga kependidikan, sebagai pendidik, peneliti, konsultan, dan manajer satuan pendidikan.
- Sebagai praktisi pendidikan dengan pemahaman yang dalam tentang pengembangan ilmu manajemen pendidikan, serta memiliki tanggungjawab dan etika profesi yang tinggi.
- Sebagai individu yang memiliki karakter selalu ingin belajar (belajar sepanjang hayat) melalui studi lanjut, penelitian dan pelaksanaan tugas profesinya, baik secara formal maupun non formal.
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”CAPAIAN PEMBELAJARAN” tab_id=”1530765064040-caece16b-0d22″][vc_column_text]
Capaian Pembelajaran
- Mampu mengembangkan nilai,prinsip, teori, konsep, dan praktek manajem pendidika , literasi, manfaat teknologi informasi manajemen sistem pendidikan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian (supervise akademik dan manajerial) pendidikan dan pelatihan dengan prakteknya sebagai pengembang manajemen pendidikan dan pelatihan menuju SDM unggul, menajemen kinerja pendidikan untuk menghasilkan solusi dalam peningkatan mutu pendidikan untuk kemaslahatan manusia melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
- Mampu mengembangkan pengetahuan di bidang manajemen pendidikan hasil dari pemikiran logis, kritis,sistematis, dan inovatif sebagai manajer, memimpin lembaga formal dan nonformal, dan lembaga lainnya yang terkait dengan menajeman pendidikan dan pelatihan dalam mencapai SDM unggul;
- Mampu memecahkan masalah tata kelola di bidang pendidikan, terkait kebijakan pendidikan pada level mikro, meso dan makro dalam mencapai kinerja organisasi yang bermutu melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan nilai, norma, dan etika akademik;
- Mampu memberi solusi permasalahan manajemen pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan tuntutan kepemimpinan dan manajerial pendidikan di era revolusi Industri 4.0 melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan dan mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan Internasional;
- Mampu menerapkan manajemen pendidikan inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktikpedagogis dalam bidang manajemen pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS;
- Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang manajemen pendidikan dengan melakukan penelitian sebagai upaya pengembagan literasi digital;
- Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan pengembangan di bidang manajemen pendidikan bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas teknologi pendidikan di tingkat nasional dan Internasional.
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”MATA KULIAH” tab_id=”1609142220299-677c3b2a-4bc8″][vc_column_text]
-
Mata KuliahKeahlian Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008113 | Filsafat Ilmu | 3 sks |
99008123 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
99008133 | Statistika | 3 sks |
99008142 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 3 sks |
-
Mata Kuliah Keahlian
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99108113 | Perencanaan Pendidikan | 3 sks |
99108123 | Kepemimpinan | 3 sks |
99108133 | Manajemen Mutu Pendidikan | 3 sks |
99108143 | Pembiayaan Pendidikan | 3 sks |
99108153 | Pengambilan Keputusan | 3 sks |
99108183 | Orientasi Baru Dalam Pembelajaran | 3 sks |
99108193 | Kolokium Manajemen Pendidikan |
3 sks |
-
Mata Kuliah Pilihan
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99108413 | Manajemen Pendidikan Nasional | 3 sks |
99108423 | Manajemen Proyek | 3 sks |
99118433 | Manajemen Sekolah | 3 sks |
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia |
-
Mata Kuliah Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99108013 | Landasan Ilmu Pendidikan* | 3 sks |
Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1
-
Tesis
KODE | MATA KULIAH | SKS |
99008918 | Tesis | 8 sks |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”AKREDITASI” tab_id=”1603126506800-1530ed99-c581″][vc_column_text]
Berdasarkan SK BAN-PT dengan No. 1055/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2019, Menyatakan bahwa Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, terakreditasi dengan peringkat “B”.
Sertifikat ini berlaku sejak tanggal 23 April 2019 sampai 23 April 2024. (S2) Manajemen Pendidikan (23 April 2019-23 April 2024) – Sertifikat |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”KURIKULUM” tab_id=”1530765057372-eb06c628-2f2e”][vc_column_text]
Kurikulum Program Studi Magister Pascsarjana Universitas Negeri Jakarta
Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.
- Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah(CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
- Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
- Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
- Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
- Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
- Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.
Kurikulum Program Magister
Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.
- Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
- Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
- Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
- Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
- Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.
Beban Studi Program Magister
Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.
Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang
Program Sarjana Pendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Umum | 9 – 12 |
2 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
3 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
4 | Tesis | 8 |
Jumlah | 41– 43 |
Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang
Program Sarjana Nonpendidikan
No | Mata Kuliah | Bobot SKS |
1 | Mata Kuliah Matrikulasi | 3- 6 |
2 | Mata Kuliah Umum | 12 |
3 | Mata Kuliah Keahlian | 18 |
4 | Mata Kuliah Pilihan | 3 – 15 |
6 | Tesis | 8 |
Jumlah | 43– 46 |
[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”FOTO-FOTO KEGIATAN” tab_id=”1554348048287-5107bb7f-38f4″][vc_column_text]-[/vc_column_text][/vc_tta_section][vc_tta_section title=”PRESTASI MAHASISWA” tab_id=”1609229623316-d065c64a-b7ff”][vc_column_text]
No. | Nama Mahasiswa | Jenis Prestasi | Kegiatan, Waktu, dan Tempat | Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional) |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) |
1 | Aryono Fajar Harianto, S.Pd | Pelatih Futsal | Piagam Penghargaan Klub Sepakbola dan Futsal Universitas Negeri Jakarta, Desember 2017, UNJ. | Universitas |
Pelatih | Sertifikat Penghargaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMnas) XV, Tahun 2017, Sulawesi Selatan. | Nasional | ||
2 | Ferdino Wedi Sanjaya, S.Pd | Pemakalah | Certificate of Presentation International Symposium on Social Science and Management, Februari 2018, Osaka, Japan. | Internasional |
3 | Maya Mariah Zakiyah, SH | Pemakalah | Certificate of Presentation International Symposium on Social Science and Management, Februari 2018, Osaka, Japan. | Internasional |
4 | Nurina Sari, S.Pd | Narasumber | Sertifikat Narasumber Literasi Dasar, Maret 2018, Maluku Tenggara. | Nasional |
5 | Rahmawati, S.Pd | Narasumber | Sertifikat Seminar Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia Dalam Pelaksanaan Konservasi Energi Pada Bangunan Gedung Di Provinsi Sumatera Selatan, Palembang, 2016. | Kabupaten |
Narasumber | Sertifikat Sosialisasi Konservasi Energi Bagi Guru-guru Sekolah Menengah Pertama dan Atas Se-Kota Serang, 2015. | Kota | ||
Narasumber | Sertifikat Sosialisasi Konservasi Energi Bagi Guru-guru Sekolah Menengah Pertama dan Atas Se-Provinsi Kalimantan Tengah, Palangkaraya, 2016. | Provinsi | ||
Narasumber | Sertifikat Seminar Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia dalam Pelaksanaan Konservasi Energi pada Bangunan Gedung di Provinsi Banten, Tangerang, 2015. | Provinsi | ||
Narasumber | Sertifikat Seminar Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia dalam Pelaksanaan Konservasi Energi pada Bangunan Gedung di Provinsi Jambi, 2015. | Provinsi | ||
Juara 1 | Lomba Inovasi Karakter Bagi Guru Pendidikan Menengah Kejuruan, Jakarta, 2017. | Kabupaten | ||
Peringkat 3 | Pemilihan Guru SMK Berprestasi, Jakarta, 2015. | Nasional | ||
Juara 1 | Pemilihan Guru SMK Berprestasi, Bandung, 2015. | Provinsi | ||
Juara 1 | Pemilihan Guru SMK Berprestasi, Bekasi, 2015. | Kota | ||
Pemakalah | Seminar Antar Bangsa Kesejarahan Guru Sejarah Malaysia-Indonesi, Kuala Lumpur, 2018. | Internasional | ||
Pemateri | Seminar Pendidikan Sejarah dalam Perespektif Masa Depan Bangsa, Bandung, 2016. | Nasional | ||
6. | Vera Latifah Laila, S.Pd | Pemakalah | Certificate The International Academic Forum The European On Language Learning, Juli 2017, London, Inggris. | Internasional |
[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_wp_text title=”Program Studi Magister (S2)”]
- MANAJEMEN PENDIDIKAN
- PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN SEJARAH
- PENDIDIKAN LINGKUNGAN
- MANAJEMEN LINGKUNGAN
- LINGUISTIK TERAPAN
- PENDIDIKAN BAHASA
- PENDIDIKAN DASAR
- PENDIDIKAN JASMANI
[/vc_wp_text][vc_wp_text title=”Program Studi Doktor (S3)”]
- LINGUISTIK TERAPAN
- MANAJEMEN PENDIDIKAN
- PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN LINGKUNGAN
- TEKNOLOGI PENDIDIKAN
- PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
- PENDIDIKAN DASAR
- PENDIDIKAN JASMANI
[/vc_wp_text][/vc_column][/vc_row]