Education Management

Red Carpet

PROFIL PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN

Deskripsi Prodi

Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (Pascasarjana UNJ) didirikan pada tahun 1978 merupakan Program Pascasarjana terstruktur pertama di lingkungan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia. Pada tahun 1980 dikukuhkan sebagai Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 45 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasi IKIP Jakarta, salah satu fakultas yang disahkan adalah Fakultas Pascasarjana. Program Studi S2 Manajemen Pendidikan resmi diselenggarakan pada tanggal 7 September 1982 dengan Nomor SK Pendirian Program Studi SK Presiden No. 45/1982, SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0311/O/1991 dan Nomor SK Izin Operasional SK Dirjen Dikti No. 590/DIKTI/Kep/1993, SK Dirjen Dikti No. 136/Dikti/Kep/2007, SK. Rektor UNJ No.    9554/D/T/K-N/2011 pendidikan yang diselenggarakan meliputi Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Mulai tahun 1996 Program Studi Manajemen Pendidikan baik program S2 maupun S3 diselenggarakan di IKIP Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Pendirian PS Nomor 590/DIKTI//Kep/1993.

Program Studi S2 Manajemen Pendidikan UNJ menghasilkan   pendidik, konsultan, manajer, peneliti dan tenaga kependidikan secara professional di bidang manajemen pendidikan.

[/vc_tta_section]

Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan

NO NAMA STATUS
1 Prof. Dr. Eliana Sari, MM. Dosen Tetap
2 Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. Dosen Tetap
3 Dr. Heru Santosa, M.Pd. Dosen Tetap
4 Dr. Masduki Ahmad, S.H.,  M.M. Dosen Tetap
5 Dr. Siti Rochanah, M.M. Dosen Tetap
6 Dr. H. Sugiarto, M.A. Dosen Tetap
7 Prof. Dr. Sarkadi, M.Si. Dosen Tetap
8 Dr. Matin, M.Pd. Dosen Tetap

Tujuan Prodi

  1. Sebagai praktisi dengan kemampuan menggunakan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang manajemen pendidikan secara profesional yang meliputi:  sebagai tenaga kependidikan, sebagai pendidik, peneliti, konsultan, dan manajer satuan pendidikan.
  2. Sebagai praktisi pendidikan dengan pemahaman yang dalam tentang pengembangan  ilmu manajemen pendidikan, serta  memiliki  tanggungjawab dan etika profesi yang tinggi.
  3. Sebagai individu yang memiliki karakter selalu ingin belajar (belajar sepanjang hayat) melalui studi lanjut, penelitian dan pelaksanaan tugas profesinya,  baik secara  formal maupun non formal.

Capaian Pembelajaran

  1. Mampu mengembangkan nilai,prinsip, teori, konsep, dan praktek manajem pendidika , literasi, manfaat teknologi informasi manajemen sistem pendidikan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian (supervise akademik dan manajerial) pendidikan dan pelatihan dengan prakteknya sebagai pengembang manajemen pendidikan dan pelatihan menuju SDM unggul, menajemen kinerja pendidikan untuk menghasilkan solusi dalam peningkatan mutu pendidikan untuk kemaslahatan manusia melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner;
  2. Mampu mengembangkan pengetahuan di bidang manajemen pendidikan hasil dari pemikiran logis, kritis,sistematis, dan inovatif sebagai manajer, memimpin lembaga formal dan nonformal, dan lembaga lainnya yang terkait dengan menajeman pendidikan dan pelatihan dalam mencapai SDM unggul;
  3. Mampu memecahkan masalah tata kelola di bidang pendidikan, terkait kebijakan pendidikan pada level mikro, meso dan makro dalam mencapai kinerja organisasi yang bermutu melalui metode ilmiah dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner yang berlandaskan nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Mampu memberi solusi permasalahan manajemen pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan tuntutan kepemimpinan dan manajerial pendidikan di era revolusi Industri 4.0 melalui penelitian yang teruji dan memiliki kebaruan dan mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan Internasional;
  5. Mampu menerapkan manajemen pendidikan inovatif dengan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktikpedagogis dalam bidang manajemen pendidikan dengan memanfaatkan IPTEKS;
  6. Mampu menerapkan keprofesionalan secara berkelanjutan dalam bidang manajemen pendidikan dengan melakukan penelitian sebagai upaya pengembagan literasi digital;
  7. Mampu mendesimenasikan hasil penelitian dan pengembangan di bidang manajemen pendidikan bersifat kekinian dengan pendekatan inter dan multi disipliner yang diakui oleh komunitas teknologi pendidikan di tingkat nasional dan Internasional.
  • Mata KuliahKeahlian Umum

KODE MATA KULIAH SKS
99008113 Filsafat Ilmu 3 sks
99008123 Metodologi Penelitian 3 sks
99008133 Statistika 3 sks
99008142 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 3 sks

 

  • Mata Kuliah Keahlian

KODE MATA KULIAH SKS
99108113 Perencanaan Pendidikan 3 sks
99108123 Kepemimpinan 3 sks
99108133 Manajemen Mutu Pendidikan 3 sks
99108143 Pembiayaan Pendidikan 3 sks
99108153 Pengambilan Keputusan 3 sks
99108183 Orientasi Baru Dalam Pembelajaran 3 sks
99108193 Kolokium Manajemen
Pendidikan
3 sks

 

  • Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH SKS
99108413 Manajemen Pendidikan Nasional 3 sks
99108423 Manajemen Proyek 3 sks
99118433 Manajemen Sekolah 3 sks
Pilih 1 (satu) mata kuliah dari Mata Kuliah Pilihan yang tersedia

 

  • Mata Kuliah Matrikulasi

KODE MATA KULIAH SKS
99108013 Landasan Ilmu Pendidikan* 3 sks

Catatan : * dilaksanakan sebelum perkuliahan semester 1

 

  • Tesis

KODE MATA KULIAH SKS
99008918 Tesis 8 sks
Berdasarkan SK BAN-PT dengan No. 1055/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2019, Menyatakan bahwa Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, terakreditasi dengan peringkat “B”.

Sertifikat ini berlaku sejak tanggal 23 April 2019 sampai 23 April 2024.

(S2) Manajemen Pendidikan (23 April 2019-23 April 2024) – Sertifikat

Kurikulum Program Studi Magister Pascsarjana Universitas Negeri Jakarta

Kurikulum Pascasarjana UNJ disusun oleh Program Studi untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL memuat prinsip-prinsip sebagai berikut.

  • Penguasaan capaian pembelajaran mata kuliah(CPMK) beserta penerapannya, yang dijamin dengan kemahiran berbahasa, kecakapan dasar-dasar logika matematik, dan kemahiran akademik sesuai bidang keahliannya.
  • Perhatian terhadap pertumbuhan personal, sosial, dan fisik sebagai penghargaan terhadap integritas, komitmen, keunggulan, dan penerimaan terhadap bakat/talenta serta keterbatasannya.
  • Mengembangkan kebiasaan merefleksi pengalaman, mampu mencari pengalaman baru, dan bersedia untuk mengambil risiko dari hasil eksplorasi pilihan-pilihan karier dan gaya hidup menurut kerangka nilai tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan baru dalam kerangka akademik dan karier.
  • Fleksibel dan terbuka terhadap pandangan orang lain, bersemangat untuk belajar dari orang lain serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain, bebas-otentik dalam mengungkapkan perasaan, serta mengelola emosionalnya.
  • Menghargai hidup keimanan dan kegiatan intelektual yang berkembang serasi terpadu dalam hidup manusia yang didasarkan pada ajaran agama dalam
  • Terbuka terhadap pluralitas berbagai tradisi agama dan menghargai pengalaman keberagamaan orang lain melalui mekanisme toleransi hidup beragama dalam mengembangkan kematangan sosial yang mandiri dan cerdas yang dilandasi komitmen untuk peduli hak azasi manusia.

 

Kurikulum Program Magister

Komponen kurikulum program magister memuat hal berikut.

  • Mata Kuliah Umum merupakan pengetahuan umum yang melandasi pembentukan kemampuan pengembangan ilmu sehingga terampil dalam berkarya sesuai dengan dasar ilmu yang dikuasai. Mata kuliah umum diarahkan pada pembentukan kemampuanmelaksanakan, mengorganisasikan, dan mengelola program penelitian sesuai dengan tujuan pendidikan program magister. Mata kuliah umum harus dikuasai oleh setiap peserta program magister dari seluruh program studi.
  • Mata Kuliah UtamaProgram Studi adalah kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berlandaskan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  • Mata Kuliah Pilihan adalah bagian dari kelompok Mata Kuliah Program Studi dan Mata kuliah Dasar Kependidi Mata kuliah ini dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan bidang kajian tesis.
  • Mata kuliah Matrikulasiadalah kelompok mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa yang berasal dari program nonpendidikan dan program pendidikan yang tidak sebidang. Mata kuliah ini memberikan landasan pengetahuan kependidikan yang harus dikuasai sebagai acuan bagi penguasaan teori-teori pendidikan.
  • Tesis adalah hasil karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria penelitian ilmiah dan disiplin ilmu program studi sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan pengungkapan suatu temuan ilmiah atau pengembangan konsep baru.

 

Beban Studi Program Magister

Komposisi mata kuliah untuk program magister sebagai berikut.

   Tabel 1. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

   Program Sarjana Pendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Umum 9 – 12
2 Mata Kuliah Keahlian 18
3 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
4 Tesis 8
Jumlah 41– 43

 

Tabel 2. Sebaran Beban Studi untuk Latar Belakang

Program Sarjana Nonpendidikan

No Mata Kuliah Bobot SKS
1 Mata Kuliah Matrikulasi 3- 6
2 Mata Kuliah Umum 12
3 Mata Kuliah Keahlian 18
4 Mata Kuliah Pilihan 3 – 15
6 Tesis 8
Jumlah 43– 46
No. Nama Mahasiswa Jenis Prestasi Kegiatan, Waktu, dan Tempat Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional)
(1) (2) (3) (4) (5)
1 Aryono Fajar Harianto, S.Pd Pelatih Futsal Piagam Penghargaan Klub Sepakbola dan Futsal Universitas Negeri Jakarta, Desember 2017, UNJ. Universitas
Pelatih Sertifikat Penghargaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMnas) XV, Tahun 2017, Sulawesi Selatan. Nasional
2 Ferdino Wedi Sanjaya, S.Pd Pemakalah Certificate of Presentation International Symposium on Social Science and Management, Februari 2018, Osaka, Japan. Internasional
3 Maya Mariah Zakiyah, SH Pemakalah Certificate of Presentation International Symposium on Social Science and Management, Februari 2018, Osaka, Japan. Internasional
4 Nurina Sari, S.Pd Narasumber Sertifikat Narasumber Literasi Dasar, Maret 2018, Maluku Tenggara. Nasional
5 Rahmawati, S.Pd Narasumber Sertifikat Seminar Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia Dalam Pelaksanaan Konservasi Energi Pada Bangunan Gedung Di Provinsi Sumatera Selatan, Palembang, 2016. Kabupaten
Narasumber Sertifikat Sosialisasi Konservasi Energi Bagi Guru-guru Sekolah Menengah Pertama dan Atas Se-Kota Serang, 2015. Kota
Narasumber Sertifikat Sosialisasi Konservasi Energi Bagi Guru-guru Sekolah Menengah Pertama dan Atas Se-Provinsi Kalimantan Tengah, Palangkaraya, 2016. Provinsi
Narasumber Sertifikat Seminar Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia dalam Pelaksanaan Konservasi Energi pada Bangunan Gedung  di Provinsi Banten, Tangerang, 2015. Provinsi
Narasumber Sertifikat Seminar Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia dalam Pelaksanaan Konservasi Energi pada Bangunan Gedung  di Provinsi Jambi, 2015. Provinsi
Juara 1 Lomba Inovasi Karakter Bagi Guru Pendidikan Menengah Kejuruan, Jakarta, 2017. Kabupaten
Peringkat 3 Pemilihan Guru SMK Berprestasi, Jakarta, 2015. Nasional
Juara 1 Pemilihan Guru SMK Berprestasi, Bandung, 2015. Provinsi
Juara 1 Pemilihan Guru SMK Berprestasi, Bekasi, 2015. Kota
Pemakalah Seminar Antar Bangsa Kesejarahan Guru Sejarah Malaysia-Indonesi, Kuala Lumpur, 2018. Internasional
Pemateri Seminar Pendidikan Sejarah dalam Perespektif Masa Depan Bangsa, Bandung, 2016. Nasional
6. Vera Latifah Laila, S.Pd Pemakalah Certificate The International Academic Forum The European On Language Learning, Juli 2017, London, Inggris. Internasional