PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN (S2)
1. Standar Kompentensi Lulusan (Program Learning Outcomes-PLO)
- Mengembangkan konsep perencanaan, perencanaan strategik, pengelolaan sumber daya pendidikan, dan supervisi, evaluasi pendidikan berdasarkan pendekatan multidisipliner.
- Mengembangkan konsep dan teori organizational strategic readiness dalam mengelola dan melakukan tindakan pembinaan melalui aktivitas supervisi/pengawasan pendidikan dengan pendekatan multidisi
- Menjabarkan kebijakan-kebijakan penyelenggaraan pendidikan pada semua jenjang melalui implementasi pemikiran strategis berbasis kajian-kajian hasil penelitian yang relevan.
- Memecahkan persoalan pembiayaan di dalam penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan pendekatan multidisipliner.
- Memecahkan masalah dalam perencanaan, pelaksanaan supervisi/ pengawasan dan evaluasi sumber daya pendidikan dengan menerapkan berbagai alternatif strategi dan pendekatan multidispliner.
- Mengembangkan otonomi/kemandirian dalam penyelenggaraan pendidikan sesuai hasil kajian penelitian yang relevan.
- Merencanakan, mengimplementasi dan mengendalikan komponen-komponen sistem penyelenggaraan pendidikan dalam menangani masalah Pendidikan berbasis paradigma kebenaran ilmiah (keilmuan).
- Merencanakan, mengimplementasi dan mengendalikan komponen-komponen sistem penyelenggaraan pendidikan dalam menangani masalah Pendidikan berbasis metodologi research (penelitian).
- Memecahkan masalah perencanaan, pengelolaan dan supervisi/ pengawasan sumber daya pendidikan dengan menggunakan pendekatan analisis kuantitatif melalui aktivitas penelitian yang dapat dipublikasikan minimal pada taraf nasional.
- Mengembangkan model-model perencanaan, pengelolaan dan supervisi/pengawasan di bidang pendidikan dengan mengimple-mentasikan aspek psikologis sesuai dengan karakter sumber daya manusia dan lingkungannya.
- Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam perencanaan, pengelolaan dan supervisi/pengawasan pendidikan.
- Mengembangkan konsep dan teori fungsi dan prinsip-prinsip manajemen pendidikan untuk diaplikasikan di dalam perencanaan, pengelolaan dan supervisi/pengawasan pendidikan dengan pendekatan multidisipliner.
2. Mata Kuliah
Kompetensi Umum
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 501 | Filsafat Ilmu I | 3 sks |
PPS 502 | Metodologi Penelitian | 3 sks |
PPS 503 | Statistika I | 3 sks |
Kompetensi Utama
KODE | MATA KULIAH | SKS |
MP 501 | Kebijakan dan Pengambilan Keputusan | 3 sks |
MP 502 | Dasar-dasar Perencanaan Strategik | 3 sks |
MP 503 | Perilaku Organisasi | 3 sks |
MP 504 | Pembiayaan Pendidikan | 3 sks |
MP 505 | Supervisi dan Evaluasi Pendidikan | 3 sks |
MP 506 | Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah | 3 sks |
PPS 599 | Tesis | 8 sks |
Kompetensi Pendukung
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 504 | Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan | 3 sks |
PPS 505 | Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan | 3 sks |
Matrikulasi
KODE | MATA KULIAH | SKS |
PPS 401 | Landasan Ilmu Pendidikan* | 3 sks |
PPS 402 | Psikologi Pendidikan* | 3 sks |
MP 401 | Dasar-dasar Manajemen Pendidikan** | 3 sks |
* Mata Kuliah Matrikulasi Kependidikan ** Mata Kuliah Matrikulasi Program Studi |