Capaian Prof Dr Ilza Mayuni MA Memimpin Dua Tahun Pascasarjana UNJ

Capaian Prof Dr Ilza Mayuni MA Memimpin Dua Tahun Pascasarjana UNJ

Jum’at (8/11) resmi dilakukan pergantian Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dari Prof.Dr.Ilza Mayuni MA ke Prof.Dr.Nadiroh,M.Pd. Tentu publik dan masyarakat UNJ berhak bertanya selama dua tahun masa transisi Pascasarjana UNJ dipimpin Plt Direktur Prof.Dr.Ilza Mayuni MA hasilnya seperti apa? Untuk menjawab pertanyaan ini terlalu banyak data untuk dicatat dan dinarasikan tetapi jurnalis laman Pascasarjana cukup fokus pada empat hal saja yaitu pada bidang akademik, sarana prasarana, tata kelola dan citra positif perubahan. Empat hal tersebut pun tidak cukup dinarasikan dalam bentuk berita ini.
Hanya berselang satu bulan ketika mendapat kepercayaan sebagai Plt Direktur Pascasarjana Prof.Dr.Ilza Mayuni,MA membentuk tim Revitalisasi Pascasarjana yang berisi para dosen yang dinilainya memiliki integritas tinggi bagi kemajuan Pascasarjana, diikuti kemudian membentuk struktur wakil direktur pascasarjana, pembenahan tata kelola program studi, pembenahan pola bimbingan tesis /disertasi dan pembenahan tata kelola layanan informasi Pascasarjana. Pembenahan Sarana dan Prasarana juga dilakukan secara cepat untuk menunjang kinerja akademik Pascasarjana. Beberapa pekan kemudian membentuk unit Gugus Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (GP3), Gugus Penjamin Mutu (GPJM), dan Gugus Informasi Publik dan Kerjasama (GIPK) yang juga berisis para dosen pekerja keras dan memiliki integritas. Beberapa bulan kemudian membentuk Komite Pascasarjana UNJ yang berisi para ilmuan UNJ yang memiliki reputasi akademik dan integritas akademik yang baik. Komite ini hadir untuk menjaga marwah akademik pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Lalu bagaimana capaian dari semua langkah tersebut? Berikut ini yang berhasil kami catat.

Kemajuan Akademik

Dalam dua tahun kepemimpinan Prof.Dr.Ilza Mayuni, MA telah menggoreskan prestasi akademik yang membanggakan, terjadi lompatan luar biasa buah dari cara Prof Ilza memimpin menata peningkatan kualitas akademik Pascasarjana yang disinergikan antara Program Studi yang ada di Pascasarjana dan pelibatan secara optimal Gugus Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (GP3) yang digawangi para dosen muda (Usep Suhud,Ph.D, Dr. Setia Budi, Ernita Maulida,Ph.D) yang memiliki pengalaman dan reputasi akademik yang baik di jurnal internasional terindeks Scopus. Berikut ini adalah data pencapaian artikel terindeks Scopus Pascasarjana UNJ :

Diagram diatas menunjukan capaian akademik yang mengalami peningkatan yang patut diapresiasi. Pada sebelum dipimpin Prof Dr Ilza Mayuni MA capaian artikel mahasiswa Pascasarjana UNJ dari selama empat tahun dari tahun 2012 sampai dengan 2016 hanya berjumlah total 15 artikel terindeks Scopus tetapi pada saat dipimpin Prof Dr Ilza Mayuni MA capaian artikel mahasiswa Pascasarjana UNJ dalam dua tahun yaitu tahun 2017 sampai dengan tahun 2019 mencapai 146 artikel terindeks Scopus. Dengan rincian yang terus mengalami peningkatan pencapaian, tahun 2016 berjumlah 23 artikel, tahun 2018 berjumlah 39 artikel dan tahun 2019 sampai dengan bulan berjumlah 84 artikel terindeks Scopus. Dengan demikian dari tahun 2017 sampai dengan 2019 total artikel yang terindeks Scopus pada periode kepemimpinan Prof,Dr.Ilza Mayuni mencapai 146 artikel. Melompat jauh dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kemajuan Sarana Prasarana

Bagaimana dengan sarana dan Prasarana? Juga demikian mengalami lompatan yang luar biasa. Dalam dua tahun kepemimpinannya Prof Ilza Mayuni berhasil membuat perpustakaan Pascasarjana UNJ yang maju. Selain ruangan perpustakaan yang nyaman, fasilitas buku-buku yang semakin bertambah, juga menyediakan akses yang mudah bagi mahasiswa pascasarjana untuk mencari sumber literasi berbasis digital.

Gambar : Perpustakaan Pascasarjana UNJ yang baru : Nyaman dan Menyediakan Akses Literasi Digital

Selain perpustakaan sebagai simbol penting marwah akademik sebuah perguruan tinggi, Pascasarjana UNJ dalam dua tahun terakhir ini juga membenahi sarana prasarana lain, selain ruang kaprodi yang semakin nyaman, ruang-ruang kelas perkualiahan, ruang dosen, ruang-ruang rapat yang nyaman, juga berhasil membuat laboratoroium multi media teknologi pendidikan atau disebut Cylearn Laboratory (Cyber Learning Laboboratory), Laboratorium Musik, juga Laboratorium Olahraga yang cukup memadai.

Kemajuan Tata Kelola

Tata kelola layanan informasi juga berubah, dari layanan yang konvensional menjadi layanan yang dipadukan, selain masih melayani manual untuk beberapa layanan administrasi juga telah menyediakan layanan online. Sistem informasi akademik Pascasarjana telah dibangun meski masih terus butuh proses terutama untuk layanan capaian bimbingan penyelesaian tesis maupun disertasi secara online. Layanan informasi satu pintu telah dilakukan dalam dua tahun terakhir ini dimulai dari perubahan dan pembangunan Loby Pascasarjana yang menarik dan mudah diakses.

Gambar Loby Pascasarjana yang baru : Layanan Satu Pintu Informasi Akademik

Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Internasional

Sejak mendapat amanah sebagai Plt Direktur Pascasarjana UNJ Prof Dr Ilza Mayuni juga concern dengan hak publik mendapat informasi secara mudah tentang Pascasarjana UNJ.Oleh karenanaya ia membentuk unit Gugus Informasi Publik dan Kerjasama (GIPK) yang digawangi dosen-dosen muda (Ubedilah Badrun, Krishnamurti, dan Bambang Padhi) yang memiliki integritas dan semangat besar untuk membesarkan nama Pascasarjana UNJ. Dengan cepat unit ini membangaun website atau laman Pascasarjana UNJ yang hampir 10 tahun tidak terurus dan tidak di update. Laman Pascasarjana UNJ ( http://pps.unj.ac.id/ ) kini telah eksis karena terus di update dan dirawat, sejak akhir 2017 sampai dengan November 2019 laman pascasarjana telah dikunjungi oleh 74.820 pengunjung. Pembuatan berita berbagai kegiatan pascasarjana juga terus di upload di laman ini, termasuk berbagai informasi aktual tentang pascasarjana UNJ.

Gambar Laman Pascasarjana UNJ

Selain laman, unit gugus ini juga membuat chanel di youtube dengan nama channel Pascasarjana UNJ Official. Sejak Februari 2019 Sampai dengan November 2019 channel ini sudah memproduksi 12 video dan dikunjungi oleh 2.348 pengunjung. Selain itu pada periode ini juga telah menerbitkan newsletter Kabar Pascasarjana UNJ untuk dibaca dilingkungan internal UNJ maupun untuk kepentingan eksternal. Video profile Pascasarjana UNJ versi bahasa Inggris juga telah dibuat. Berikut ini contoh cover newsletter pascasarjana UNJ dengan nama Kabar Pascasarjana yang telah diterbitkan.

Gambar Cover Newsletter Kabar Pascasarjana UNJ

Selain hal diatas dalam dua tahun unit ini juga telah memproduksi lebih dari tiga puluhan produk (kalender dll) dalam rangka upaya pembentukan citra baik Pascasarjana UNJ.

Dalam dua tahun kepemimpinan Prof Dr Ilza Mayuni MA juga telah melakukan Kerjasama dengan berbagai pihak baik kerjasama dengan pihak yang ada di Indonesia khususnya dengan Pemda DKI Jakarta maupun dengan sejumlah perguruan tinggi disejumlah negara, seperti di Amerika, Australia, Rusia, Philipin, Korea maupun Taiwan. Tentu masih banyak prestasi lain dalam dua tahun kepemimpinanya yang tidak sempat sepenuhnya dinarasikan dalam bentuk berita ini, terutama budaya kerja baru dalam tata kelola pascasarjana serta sistem control kualitas akademik yang semakin ketat, apalagi setelah dibentuknya Komite Pascasarjana, yang jelas dalam dua tahun terakhir ini Prof Dr Ilza Mayuni telah berhasil membangun marwah Pascasarjana UNJ menjadi Pascasarjana yang kredibel, sebuah episode penting menuju Pascasarjana bereputasi di Asia. Terimakasih Prof Ilza (ubbp).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *